Sukses

5 Benda yang Sebaiknya Tidak Anda Taruh di Kamar Tidur Menurut Pakar Hubungan

Berikut ini benda-benda yang sebaiknya tidak Andar taruh di kamar tidur menurut pakar hubungan

Liputan6.com, Jakarta Apakah Anda sudah menjalin hubungan atau ingin menjalin hubungan, pasangan Anda cenderung melihat lebih dekat ke kamar tidur Anda daripada kebanyakan orang di beberapa titik.

Ruang ini sering berfungsi sebagai panggung utama untuk membangun keintiman dengan orang lain. Tapi itu juga bisa menjadi titik putus bagi pasangan tergantung pada faktor-faktor tertentu.

Berbicara dengan pakar hubungan, pakar hubungan menjelaskan betapa ruangan ini dapat memengaruhi ikatan antara Anda dan pasangan. Berkut ini lima hal yang tidak boleh Anda miliki di kamar Anda jika Anda tidak ingin menimbulkan masalah dalam hubungan Anda.

Dihimpun dari Bestilife, ini dia.

1. Benda-benda terkait pekerjaan

Mereka mengatakan jangan membawa pekerjaan Anda ke rumah, meskipun, di era pekerjaan jarak jauh, ini mungkin bukan saran yang paling tepat. Tetapi itu tidak berarti Anda boleh membawa pekerjaan Anda ke kamar tidur, menurut Aaron Kelsay, LPC, seorang terapis berlisensi yang bekerja dengan pasangan di Portland.

"Apa pun yang menciptakan ruang mental internal 'menjadi produktif', 'memperhatikan', 'mulai bekerja', atau mengalihkan perhatian Anda dari pasangan atau tidur harus disimpan di tempat lain," kata Kelsay.

Ann Russo, LCSW, seorang terapis profesional dengan Terapi AMR, memperingatkan bahwa hal ini juga dapat menimbulkan rasa stres dan kecemasan di ruang Anda.

"Barang-barang yang berhubungan dengan pekerjaan seperti laptop atau dokumen di kamar tidur membuat Anda sulit beristirahat dan bersantai," jelas Russo.

"Itu juga dapat menciptakan rasa ketidakseimbangan dalam hubungan, di mana pekerjaan lebih diprioritaskan daripada waktu berkualitas dengan pasangan."

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

2. Peralatan olah raga

Anda juga sebaiknya tidak membawa benda olahraga di kamar tidur Anda.

Seperti yang dijelaskan oleh Pierce Biglefthand, LCSW, seorang konselor berlisensi yang bekerja di pusat perawatan ChoicePoint, berolahraga dapat membantu Anda rileks dan menempatkan Anda pada pola pikir yang baik.

Namun di sisi lain, hal itu dapat menciptakan lingkungan yang mengganggu bagi pasangan Anda jika menghabiskan ruang tidur Anda.

"Jika orang penting Anda memiliki kebiasaan tidur larut malam atau bangun lebih awal, dan sesi olahraga Anda mengganggu tidurnya, itu tidak akan sehat untuk hubungan Anda," katanya.

3. Barang-barang Elektronik

Bukan hanya laptop kerja Anda yang perlu Anda khawatirkan. Russo mengatakan semua perangkat elektronik seperti komputer pribadi, televisi, dan telepon dapat menjadi gangguan utama di kamar tidur.

"Benda-benda itu dapat mengganggu tidur, menciptakan jarak antar pasangan, dan menghalangi keintiman," jelasnya.

Jika Anda tidak dapat berkomitmen untuk mengeluarkan barang elektronik dari kamar tidur sama sekali, Russo menyarankan untuk "setidaknya menetapkan batasan penggunaannya."

 

3 dari 4 halaman

4. Foto keluarga

Foto keluarga bagus untuk dimiliki di sekitar rumah — di mana saja kecuali di kamar tidur.

Nancy B. Irwin, PsyD, seorang psikolog klinis berlisensi yang berbasis di Los Angeles, mengatakan Anda hanya boleh menyimpan foto diri Anda dan pasangan Anda di ruang ini untuk membantu "meningkatkan keintiman" hubungan Anda.

"Foto keluarga, anak-anak, anjing, dll bisa di ruangan lain," katanya. "Mereka benar-benar penting, tetapi tidak boleh mengganggu retret pasangan."

 

4 dari 4 halaman

5. Kenang-kenangan dari mantan

Nyala api baru Anda kemungkinan besar tidak ingin diingatkan tentang hubungan masa lalu Anda.

Heather England, PhD, seorang terapis hubungan dan pendiri Loved Filled Life, mengatakan Anda tidak boleh mencoba menyembunyikan kenangan fisik tentang mantan Anda di kamar tidur Anda.

"Bayangkan pikiran dan perasaan Anda jika Anda menemukan pasangan Anda memiliki sekotak kenang-kenangan berharga dari hubungan masa lalu," jelasnya. "Anda mungkin akan bertanya-tanya apakah mereka telah move on atau apakah mereka merindukan pasangan masa lalu mereka. Mungkin terasa seperti mantan mereka adalah orang ketiga dalam hubungan Anda."

Sebaliknya, England mengatakan catatan lama, potongan tiket, dan foto yang terkait dengan mantan Anda harus benar-benar dibuang.

Tetapi jika ada alasan mengapa Anda tidak dapat melepaskannya, jangan simpan di kamar Anda untuk ditemukan oleh pasangan baru Anda. "Setidaknya, mereka harus dikemas dan disimpan di bagian belakang rak di ruang bawah tanah," sarannya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.