Sukses

Doa Ketika Turun Hujan, Saat Deras, Setelah Hujan Reda hingga Mendengar Suara Petir

Selain mempersiapkan diri ketika hujan datang, Anda juga dianjurkan membaca doa saat hujan turun agar tidak ada banjir dan bencana.

Liputan6.com, Jakarta - Akhir-akhir ini hujan kerap turun di sejumlah wilayah di Tanah Air, khususnya di Jakarta, Bogor, Depok, Tanggerang, Bekasi (Jabodetabek). Lebatnya hujan terkadang menyebabkan beberapa kawasan rawan banjir.

Untuk itu, selain mempersiapkan diri ketika hujan datang, Anda juga dianjurkan membaca doa saat hujan turun agar tidak ada banjir dan bencana.

Mengutip dari Nu Online, Jumat (16/6/2023), doa hujan ini diriwayatkan oleh Imam Bukhari yang dinukil oleh Imam Ibnul Qayyim Al-Jauziyyah dalam Kitab Al-Wabilus Shayyib minal Kalimit Thayyib, (Kairo, Darud Diyan lit Turats: 1987 M/1408 H), halaman 176.

Doa ini dibaca oleh Rasulullah saat khutbah Jumat berlangsung ketika seorang sahabat datang melapor bahwa hujan lebat yang selama sekira enam hari berlangsung membuat masyarakat kehilangan harta benda dan merusak fasilitas jalan. 

Berikut ini doa yang bisa diamalkan saat turun hujan.

اللَّهُمَّ صَيِّبًا نَافِعًا

Allahumma shayyiban nafi’an.

Artinya,

Ya Allah, curahkanlah air hujan yang bermanfaat. (HR Bukhar dari Aisyah RA).

Selain itu, ada pula doa yang bisa dibaca saat hujan lebat.

اللَّهُمَّ حَوَالَيْنَا وَلاَ عَلَيْنَا ، اللَّهُمَّ عَلَى الآكَامِ وَالظِّرَابِ ، وَبُطُونِ الأَوْدِيَةِ ، وَمَنَابِتِ الشَّجَرِ

Allahuma hawalaina wa la alaina. Allahumma alal akami wal jibali, waz zhirabi, wa buthunil awdiyati, wa manabitis syajari.

Artinya,

“Ya Allah, turunkanlah hujan di sekitar kami (memberkahi), bukan di atas kami (memudharatkan). Ya Allah, turukanlah hujan ke dataran tinggi, gunung-gunung, bukit-bukit, perut lembah, dan tempat tumbuh pohon.”

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Doa saat hujan reda

Doa ini bisa Anda amalkan saat hujan reda

مُطِرْنَا بِفَضْلِ اللـهِ ورَحْمَتِهِ

Muthirnaa bifadhlillahi wa rahmatihi.

Artinya,

Diturunkan kepada kami hujan berkat anugerah Allah dan rahmat-Nya. 

Nabi Muhammad SAW bersabda:

"Pada pagi hari, di antara hambaKu ada yang beriman kepadaKu dan ada yang kafir. Siapa yang mengatakan 'Muthirna bi fadhlillahi wa rohmatih' (kita diberi hujan karena karunia dan rahmat Allah), maka dialah yang beriman kepadaku dan kufur terhadap bintang-bintang. Sedangkan yang mengatakan 'Muthirna binnau kadza wa kadza' (kami diberi hujan karena sebab bintang ini dan ini), maka dialah yang kufur kepadaku dan beriman pada bintang-bintang." (HR. Bukhari-Muslim)

3 dari 3 halaman

Doa Ketika Mendengar Suara Petir

Saat suara petir atau geledek, terdengar alangkah baiknya bila kita membaca doa sebagai berikut:

 

“Subhanalladzi yusabbihur ro’du bi hamdihi wal mala-ikatu min khiifatih"

(Mahasuci Allah yang petir dan para malaikat bertasbih dengan memuji-Nya karena rasa takut kepada-Nya).

Sementara itu, ada pula doa versi pendeknya dengan riwayat berikut ini. Bahwasanya Ibnu 'Abbas RA tatkala mendengar suara petir, beliau mengucapkan:

”Subhanalladzi sabbahat lahu”

(Maha suci Allah yang petir bertasbih kepada-Nya).

Lalu beliau mengatakan, ”Sesungguhnya petir adalah malaikat yang meneriaki (membentak) untuk mengatur hujan sebagaimana pengembala ternak membentak hewannya.” (Disebutkan oleh Imam Bukhari dalam Adabul Mufrod no. 722. Syaikh Al Albani mengatakan bahwa hadits ini hasan).

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.