Sukses

Kembali Menang di Pemilu Turki, Erdogan Semakin Memperpanjang Kekuasaannya hingga Periode Ketiga

Liputan6.com, Jakarta Presiden Recep Tayyip Erdogan telah memenangkan pemilihan presiden Turki, mengalahkan pemimpin oposisi Kemal Kilicdaroglu dalam pemilihan putaran kedua hari Minggu (28/5/2023) dan memperpanjang kekuasaannya menjadi tiga dekade.

Dengan 99,43% suara dihitung, hasil resmi awal yang diumumkan oleh Dewan Pemilihan Tertinggi Turki (YSK) pada hari Minggu menunjukkan Erdogan menang dengan 52,14% suara. Sementara itu Kilicdaroglu menerima 47,86%.

Berbicara kepada ribuan pendukungnya di luar kompleks kepresidenan di Ankara, Erdogan mengatakan bahwa sekaranglah waktunya untuk mengesampingkan semua perdebatan dan konflik terkait periode pemilu dan bersatu dalam tujuan dan impian nasional.

“Kami bukan satu-satunya pemenang, pemenangnya adalah Turki. Pemenangnya adalah semua bagian dari masyarakat kita, demokrasi kita adalah pemenangnya,” kata Erdogan dilansir dari CNN.

Erdogan mengatakan di antara prioritas utama pemerintah adalah memerangi inflasi dan menyembuhkan “luka” dari bencana gempa bumi pada 6 Februari yang merenggut lebih dari 50.000 nyawa di Turki dan negara tetangga, Suriah.

Sementara itu, berbicara di markas partainya di ibu kota Ankara, Kilicdaroglu mengatakan dia akan terus berjuang sampai ada “demokrasi sejati” di Turki.

“Ini adalah periode pemilihan yang paling tidak adil dalam sejarah kami… Kami tidak tunduk pada iklim ketakutan,” katanya. “Dalam pemilihan ini, keinginan rakyat untuk mengubah pemerintahan otoriter menjadi jelas terlepas dari semua tekanan.”

Kilicdaroglu mengatakan, “Apa yang benar-benar membuat saya sedih adalah hari-hari sulit di depan negara kita.”

Para pemimpin asing termasuk Rusia, Qatar, Libya, Aljazair, Hongaria, Iran dan Otoritas Palestina adalah yang pertama memberi selamat kepada Erdogan. Dalam sambutan yang dipublikasikan di situs web Kremlin, Presiden Rusia Vladimir Putin mengatakan pemilihan tersebut memberikan bukti yang jelas dari dukungan rakyat Turki untuk upaya Erdogan guna memperkuat kedaulatan negara dan mengejar kebijakan luar negeri yang independen.

Presiden AS, Joe Biden, juga mengucapkan selamat kepada Erdogan, dengan membuat cuitan dan mengatakan bahwa dia berharap untuk bisa bekerja sama sebagai sekutu NATO dalam masalah bilateral dan berbagi tantangan global.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

Para pendukung senang dengan kemenangan Erdogan

Pendukung Erdogan berkumpul di Lapangan Taksim Istanbul, meneriakkan namanya dan "Tuhan Maha Besar." Ratusan orang berkumpul di luar markas Partai Keadilan dan Pembangunan (AK) yang berkuasa di Istanbul setelah hasil awal menunjukkan Erdogan memimpin.

Beberapa datang dengan anak-anak sementara yang lain mengibarkan bendera, membunyikan klakson mobil dan menyalakan suar dan kembang api. Berbicara di luar markas partai di tengah perayaan, pendukung Erdogan Denel Anart mengatakan, "Saya harap dia hidup selamanya."

“Dia adalah ayah, kakek, paman saya. Dia adalah segalanya bagiku,” kata Anart.

Sementara yang lain memberikan nada yang lebih religius.

“Umat Islam harus bergembira. Seluruh dunia akan lebih mengenal Muslim,” kata Sehat Pak. “Dunia Islam harus bergembira.”

Tetapi Mehmet Karli, penasihat Kilicdaroglu, menyebut kemenangan pemilihan Erdogan sebagai "kemenangan yang mengerikan" dan menuduh presiden memicu ketegangan selama pemilihan.

“Tampaknya Presiden Erdogan telah memenangkan pemilihan ini. Tapi itu akan menjadi kesalahan untuk menyebut ini sebagai kemenangan. Mungkin kemenangan besar adalah istilah yang lebih tepat untuk menggambarkan situasi ini,” kata Karli.

Kemenangan Erdogan atas Kilicdaroglu, seorang birokrat berusia 74 tahun dan pemimpin CHP yang berhaluan kiri, membuat Turki menjadi negara yang terpecah belah.

“Ini bukan kekalahan telak bagi mereka yang menginginkan perubahan,” Asli Aydintasbas, seorang warga di Brookings Institution, mengatakan kepada CNN. 

“Kami sekali lagi melihat negara yang terbagi… kedua kubu menginginkan hal yang sama sekali berbeda untuk Turki.”

3 dari 5 halaman

Otoritas pemilu mengatakan pemungutan suara berlangsung tanpa masalah

Pada putaran pertama pemungutan suara pada 14 Mei 2023, Erdogan mengamankan keunggulan hampir lima poin atas Kilicdaroglu tetapi gagal mencapai ambang batas 50% yang dibutuhkan untuk menang.

Blok parlemen presiden memenangkan mayoritas kursi dalam pemilihan parlemen pada hari yang sama. Otoritas pemilu mengatakan sebelumnya bahwa pemungutan suara berlangsung tanpa masalah. 

Pekan lalu, kandidat tempat ketiga Sinan Ogan, yang memenangkan 5% suara putaran pertama, secara terbuka mendukung Erdogan, semakin meningkatkan peluang pemimpin kuat itu untuk memenangkan putaran presiden kedua dan terakhir.

Banyak jajak pendapat salah memperkirakan bahwa Kilicdaroglu akan memimpin dalam pemungutan suara 14 Mei 2023, yang memperlihatkan jumlah pemilih yang tinggi hampir 90% di seluruh negeri.

Enam kelompok oposisi telah membentuk blok bersatu yang belum pernah terjadi sebelumnya di belakang Kilicdaroglu untuk mencoba merebut kekuasaan dari Erdogan.

4 dari 5 halaman

Kritikan kepada Erdogan selama menjabat

Pihak oposisi menggambarkan pemilihan itu sebagai langkah terakhir bagi demokrasi Turki, menuduh Erdogan mengosongkan lembaga-lembaga demokrasi negara itu selama 20 tahun pemerintahannya, mengikis kekuatan peradilan dan menekan perbedaan pendapat.

Erdogan juga menghadapi angin sakal dari ekonomi yang menggelepar dan respons awal yang kacau terhadap gempa bulan Februari lalu. Pemerintah mengakui kesalahan dalam operasi penyelamatannya dan meminta maaf kepada publik.

Kritikus Erdogan juga menyoroti standar konstruksi longgar yang dipimpin oleh partai AK yang berkuasa, yang mendorong ledakan konstruksi sejak awal 2000-an, dan memperburuk jumlah korban tewas. 

Mereka juga berargumen bahwa respons gempa menggarisbawahi dugaan Erdogan yang mengosongkan entitas pemerintah dalam upayanya untuk mengkonsolidasikan kekuasaan.

Krisis keuangan negara, yang membuat mata uang anjlok dan harga melonjak, juga sebagian disebabkan oleh kebijakan Erdogan. Presiden menekan suku bunga sehingga inflasi tidak terkendali, kata para kritikus.

 

5 dari 5 halaman

Presiden Ukraina Volodymyr Zelensky mengucapkan selamat kepada Erdogan

Dalam sebuah wawancara dari CNN minggu lalu, Erdogan berjanji untuk menggandakan kebijakan ekonominya yang tidak ortodoks, dengan alasan bahwa suku bunga dan inflasi berkorelasi positif.

Dia juga memuji hubungannya dengan Presiden Rusia Putin dan mengatakan dia akan terus memblokir akses Swedia ke NATO, terlepas dari kritik Barat bahwa dia menghalangi front persatuan melawan invasi Moskow ke Ukraina.

Swedia telah menolak permintaan Turki berulang kali untuk mengekstradisi individu yang digambarkan Ankara sebagai teroris, dengan alasan bahwa masalah tersebut hanya dapat diputuskan oleh pengadilan Swedia.

Perdana Menteri Swedia, Ulf Kristersson, mengucapkan selamat kepada Erdogan atas kemenangannya. "Keamanan kita bersama adalah prioritas masa depan," cuitnya.

Sejak Rusia melancarkan invasi ke Ukraina pada Februari 2022, Erdogan telah muncul sebagai perantara kekuatan utama, mengadopsi tindakan penyeimbangan penting antara kedua belah pihak, yang secara luas dikenal sebagai "netralitas pro-Ukraina".

Dalam pernyataan di Twitter, Presiden Ukraina Volodymyr Zelensky mengucapkan selamat kepada Erdogan atas kemenangannya.

“Kami mengandalkan penguatan lebih lanjut dari kemitraan strategis untuk kepentingan negara kami, serta penguatan kerja sama untuk keamanan dan stabilitas Eropa,” kata Zelensky.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.