Sukses

Sering Ditanya Kenapa Masih Single? Berikut 7 Cara Elegan Menjawabnya

Pertanyaan soal status hubungan sering sekali ditanyakan saat berkumpul dengan orang lain. Kalau Anda masih jomlo, ikuti cara elegan untuk menjawabnya di sini.

Liputan6.com, Jakarta Reuni dengan para teman atau sanak saudara memang menjadi ajang untuk mendengarkan pertanyaan-pertanyaan aneh yang mungkin tidak ingin Anda dengar. Salah satunya orang-orang pasti akan menanyakan mengenai status hubungan Anda alias kehidupan percintaan melebihi dari apapun itu. 

"Kenapa masih sendiri?"

Pertanyaan retoris seperti itu sebenarnya hanya merupakan sebuah pertanyaan basa-basi. Coba maklumi saja karena kalian jarang bertemu, mereka pun tidak tahu kesibukan Anda dan bagaimana kabar Anda. Jadi, bisa jadi hanya pertanyaan tersebut yang terlintas dalam pikiran mereka. Padahal tanpa mereka tahu, Anda juga baru saja putus dari pacar dan menyandang status baru sebagai seorang jomlo, ya.

Selain itu, ada beberapa orang yang memang memilih untuk tetap sendiri tanpa pasangan dengan berbagai alasan. Seperti misalnya ingin mandiri, belajar mencintai dirinya dulu, atau tidak perlu merasa bertanggung jawab terhadap perasaan orang lain. 

Nah, kalau Anda masih terus dihujani dengan satu pertanyaan tentang kehidupan percintaan yang terus menghantui, tidak usah khawatir dan marah. Dari Elitedaily, Selasa (16/5/2023), ini dia beberapa pilihan jawaban yang bisa Anda lontarkan saat ditanya kenapa masih sendiri. 

1. Ingin fokus pada karier

Dalam sebuah wawancara eksklusif, terapis pernikahan dan keluarga, Nicole Richardson, mengatakan bahwa ia mendorong orang-orang untuk membicarakan hal-hal tentang kehidupan yang mereka sukai. Salah satunya soal karier. Saat ini Anda sedang memfokuskan diri dengan karier yang Anda bangun. Namun, jika saatnya Anda bertemu dengan seseorang yang istimewa, ia akan menjadi seorang yang spesial.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

2. Belum siap berkomitmen

Memilih pasangan tentu tidak bisa sembarangan. Maka, jawaban jika Anda belum siap berkomitmen bisa menjadi jawaban yang pas jika terus ditanya mengenai status percintaan. Hal ini juga karena Anda memiliki kebutuhan dan harapan dari calon pasangan yang belum ditemukan pada saat menjajaki pendekatan. 

Richardson menyarankan untuk mengatakan sesuatu seperti, "Saya hanya tidak ingin buru-buru berkomitmen. Orang yang saya nantikan untuk bertemu, pasti saat ini sedang bekerja keras untuk memiliki kehidupan yang lebih baik, sama seperti saya."

Berhati-hati dalam memilih pasangan merupakan hal yang penting. Tujuannya supaya Anda dapat memiliki teman hidup yang sekiranya bisa membawa lebih banyak kebahagiaan daripada kesedihan.

3. Biaya pernikahan yang mahal

Tidak bisa dipungkiri kalau pernikahan, selain mencari calon pasangan juga harus mengadakan sebuah pesta yang cukup mahal. Terlebih jika ingin menyelenggarakannya dengan banyak tamu dan acara yang panjang. Tentu Anda akan memikirkan ulang juga untuk memiliki pasangan.

3 dari 4 halaman

4. Menjadi jomlo itu menyenangkan

Perasaan bahagia dan senang hanya dirasakan oleh Anda sendiri, bukan orang lain. Maka, jika Anda masih ingin memutuskan hidup sendiri karena lebih merasa tenang, tidak perlu mengkhawatirkan persepsi orang lain. Percayalah, tidak semua orang berani menciptakan kehidupan yang mereka inginkan. Jelaskan juga bahwa Anda telah banyak berkembang dan punya banyak hal positif dalam diri meskipun tidak memiliki kekasih. 

5. Lebih baik sendiri daripada salah memilih pasangan

Banyak orang yang memutuskan bercerai karena merasa salah memilih pasangan. Jadi, mereka juga terkadang menasihati orang-orang yang belum menikah, untuk jangan ambil keputusan terburu-buru. Saat sendiri, Anda tentu bisa dekat dengan beberapa orang dengan latar belakang yang berbeda. Dari sini, Anda juga bisa memutuskan apakah orang tersebut cocok atau tidak dengan Anda. 

 

4 dari 4 halaman

6. Ada harapan yang ingin dicapai

Walaupun banyak yang mengatakan, kalau kehidupan seorang single itu menyedihkan, tapi Anda bisa melakukan yang terbaik untuk diri sendiri. Salah satunya mengejar mimpi dan harapan yang hanya bisa terpenuhi tanpa pasangan. Seperti ingin fokus jalan-jalan, mengurus keluarga, atau bahkan mengejar jenjang karier. Meskipun begitu, ada beberapa orang yang sempat mengalami kesulitan untuk menjalin hubungan ketika mengejar cita-cita mereka. Namun, bukan berarti Anda mengalami yang sama, karena selalu ada kemungkinan untuk memiliki semua yang Anda inginkan dalam hidup.

7. Tidak puas menjalin hubungan dengan satu orang saja

Bagi beberapa orang, memiliki satu pasangan tidaklah cukup. Selain itu, mereka yang tidak mau memiliki hubungan dengan seseorang, akan memilih berkencan dengan banyak orang. Makanya, orang yang seperti ini cenderung memiliki kedekatan dengan banyak orang sekaligus. Meskipun di satu sisi, sikap ini cenderung bisa merugikan orang lain. Namun bagi Anda, bisa jadi kondisi ideal dalam proses pembelajaran tentang sesuatu yang benar-benar penting, terkait dengan pasangan di masa depan.

Nah, sekarang sudah tahu kan, harus menjawab apa ketika selalu ditanya kenapa masih jomlo?

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.