Sukses

Ini Cara Aman Melihat Gerhana Matahari Hibrida Jelang Sidang Isbat Idul Fitri 1444 H

Berikut ini cara aman melihat gerhana matahari hibrida jelang sidang isbat idul fitri 1444 H

Liputan6.com, Jakarta Gerhana matahari hibrida - yang pertama dari jenisnya dalam hampir 10 tahun - sedang berlangsung hari ini. Menariknya, gerhana matahari hibrida kali ini terjadi bertepatan dengan jelang Sidang Isbat Idul Fitri 1444 H.

Selama peristiwa langit yang langka ini, bulan akan melintas di antara Bumi dan matahari sedemikian rupa sehingga orang-orang di jalur gerhana pusatnya yang sempit, termasuk sebagian Australia, Timor Leste, dan Indonesia, akan mengalami gerhana cincin/sebagian atau gerhana matahari total, tergantung pada di mana mereka berada dalam kaitannya dengan bulan.

Merujuk laman BRIN, awal sebagian dari gerhana akan terjadi pada pukul 09.26.41 WIB dengan puncak gerhana di 10.48.46 WIB dan akhir sebagian 12.16.17, dan berdurasi 2 jam 50 menit dengan obskurasi 52,59 persen.

Melihat gerhana matahari dengan aman

Selama gerhana matahari total, ada momen singkat, totalitas, di mana bulan menutupi matahari sepenuhnya sehingga aman untuk dilihat tanpa pelindung mata yang tepat. Sementara untuk gerhana matahari sebagian, kacamata gerhana yang tepat diperlukan untuk melihat dengan aman.

Dr. Michael Kirk, peneliti utama Tim Aktivasi Pendidikan Heliofisika NASA mengungkapkan bahwa jika Anda tidak memiliki kesempatan untuk mendapatkan solar filter, masih ada cara untuk melihatnya. Dia merekomendasikan proyektor lubang jarum, yang bisa dibuat dengan membuat lubang kecil di selembar kertas atau karton dan mengangkatnya ke langit. Dengan alat sederhana ini, Anda akan melihat gambar matahari diproyeksikan ke tanah, tanpa perlu melihat ke atas.

"Melihat gerhana matahari total adalah apa yang akan Anda ceritakan kepada cucu Anda - ini adalah peristiwa yang luar biasa," kata Kirk seperti dihimpun dari Edition.cnn.

“Saat gerhana sedang terjadi… Bagian yang sulit adalah menangkapnya di tempat Anda tinggal. Jika Anda memilikinya di lingkungan Anda, pasti berusaha untuk melihatnya karena biasanya jauh sebelum yang lain."

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Apa yang membuat gerhana matahari hibrida unik

Dikenal juga sebagai gerhana annular-total, gerhana matahari hibrida merujuk pada fungsi dari kelengkungan Bumi dan jalur peristiwa tersebut. Karena kedekatannya dengan bulan pada saat itu, di beberapa daerah bulan akan tampak berukuran sama dengan matahari — ini merupakan kondisi gerhana total — sementara orang di lokasi lain akan menganggap bulan lebih kecil dari matahari dan terlihat sebagai gerhana matahari sebagian.

Gerhana total, yang tercipta dari bayangan tengah dan tergelap bulan, yang dikenal sebagai umbra, menyebabkan langit kita menjadi gelap sebentar, karena bulan menghalangi hampir semua matahari — kecuali atmosfer luarnya yang berapi-api — dari pandangan.

Sedangkan gerhana annular disebabkan oleh bayangan antumbra bulan, yang dimulai dari ujung umbra, dan menghasilkan lingkaran cahaya yang lebih tajam, karena bulan hanya menutupi area matahari yang lebih kecil seperti cakram. Kedua jenis peristiwa tersebut muncul sebagai gerhana sebagian di awal dan akhir, karena orbit bulan, serta yang tidak berada di jalur gerhana penuh.

 

3 dari 3 halaman

Peristiwa yang jarang terjadi

Gerhana hibrida terjadi ketika bulan berada pada jarak yang tepat di mana bayangan umbra dan antumbra dapat mencapai Bumi. Selama gerhana penuh, di tengah-tengah jalur gerhana, bayangan antumbra akan membuat gerhana annular untuk beberapa orang dan bayangan umbral akan membuat gerhana total untuk orang lain. Karena jarak harus berada di sweet spot ini, dan matahari serta bulan memiliki jarak yang terus berubah, kondisi sempurna ini jarang terjadi.

“Gerhana ini agak sulit, karena tidak banyak yang akan melewati daratan… jadi kebanyakan orang yang mendapat kesempatan untuk melihat gerhana akan melihat gerhana sebagian,” kata Dr. Michael Kirk, peneliti utama Tim Aktivasi Pendidikan Heliofisika NASA. “Artinya, bulan hanya akan menghalangi sebagian matahari, sehingga matahari akan terlihat seperti digigit.”

Menurut EarthSky, bagian dunia yang lebih luas—yang berada di Asia Tenggara, Hindia Timur, Australia, Filipina, dan Selandia Baru—akan mengalami gerhana parsial minggu ini.

“Meskipun kami menganggapnya relatif statis di langit… sebenarnya ini adalah tarian planet, bulan, dan matahari, dan perubahan halus terlihat selama gerhana,” ujar Kirk.

Gerhana hibrida berikutnya diharapkan terjadi pada tahun 2031. Namun setelah itu, penyelarasan dan kondisi yang diperlukan untuk peristiwa semacam itu kemungkinan besar tidak akan terjadi lagi hingga lebih dari 100 tahun kemudian yakni pada tahun 2164, demikian menurut NASA.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.