Sukses

Top 3: Niat Sholat Lailatul Qadar Lengkap dengan Tata Caranya

Artikel tentang niat sholat Lailatul Qadar lengkap dengan tata caranya yang wajib muslim ketahui menjadi yang terpopuler di kanal Citizen6-Liputan6.com.

Liputan6.com, Jakarta - Bulan Ramadhan adalah bulan yang paling istimewa bagi seluruh umat muslim. Pasalnya, bulan Ramadhan merupakan bulan yang penuh dengan keberkahan. Segala ibadah dan kebaikan yang dilakukan di bulan Ramadhan akan dilipatgandakan pahalanya.

Namun selain pahala yang berlimpah, ada pula malam yang penuh dengan kemuliaan di bulan Ramadhan yaitu malam Lailatul Qadar. Pada malam tersebut seorang muslim berkesempatan mendapatkan keberkahan dan pahala bernilai seribu bulan.

Malam Lailatul Qadar juga dipercaya oleh ulama sebagai malam di mana Alquran pertama kali diturunkan. Itu yang bisa membuat malam Lailatul Qadar menjadi malam paling istimewa dan sangat dinantikan seluruh umat muslim di bulan Ramadhan.

Dilansir dari NU Online, sebagian besar ulama menjelaskan bahwa malam Lailatul Qadar umumnya datang di malam ganjil di 10 hari terakhir bulan Ramadhan. Namun tidak menutup kemungkinan juga bahwa malam penuh kemuliaan ini akan datang di malam-malam genap.

Saat malam Lailatul Qadar tiba, umat muslim dianjurkan untuk melaksanakan sholat dan berdoa kepada Allah SWT. Itu mengapa penting bagi umat muslim untuk mengetahui bacaan niat serta tata cara sholat Lailatul Qadar. 

Artikel tentang niat sholat Lailatul Qadar lengkap dengan tata caranya yang wajib muslim ketahui menjadi yang terpopuler di kanal Citizen6-Liputan6.com. Disusul dengan artikel tentang efek kritikan tiktoker Awbimax alias Bima Yudho Saputro viral, warganet mengaku jalanan Lampung mulai diperbaiki.

Sementara itu artikel ketiga terpopuler tentang viral setelah kritik Lampung, tiktoker Awbimax alias Bima Yudho Saputro mengaku tidak nyaman dikenal banyak orang.

Berikut Top 3 Citizen6:

1. Niat Sholat Lailatul Qadar Lengkap dengan Tata Caranya yang Wajib Muslim Ketahui

 

Berikut ini niat sholat lailatul qadar:

أُصَلَّ سُنَّةٌ فِي لَيْلَةِ الْقَدْرِ رَكْعَتَيْنِ مُسْتَقْبِلَ الْقِبْلَةِ لِلَّهِ تَعَالَى اللَّهُ أكْبَرْ

"Ushallî sunnatan fî lailatil qadri rak'âtaini mustaqbilal qiblati lillâhi ta'âlâ. Allâhu Akbar."Artinya: "Saya niat sholat sunnah Lailatul Qadar dua rakaat dengan menghadap kiblat, karena Allah Taala. Allah Maha Besar."

Setelah mengetahui niat sholat lailatul qadar, kita penting untuk kita mengetahui tata caranya. Sholat lailatul qadar dilakukan sebanyak dua rakaat. Untuk waktunya sendiri, sholat ini dilakukan setelah isya hingga menjelang waktu sholat subuh.

Adapun yang membedakan antara sholat lailatul qadar dengan sholat sunnah lain adalah bacaan surah dan doa setelah pelaksanaannya. Dengan kata lain semua gerakan dilakukan sama seperti saat sholat pada umumnya. Mulai dari takbir, membaca surat di rakaat pertama, ruku, i'tidal, sujud, duduk antara dua sujud, sujud kedua, lalu bangkit untuk melanjutkan ke rakaat kedua dan seterusnya.

Selengkapnya...

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

2. Efek Kritikan Tiktoker Awbimax alias Bima Yudho Saputro Viral, Warganet Mengaku Jalanan Lampung Mulai Diperbaiki

Tiktoker Awbimax Reborn alias Bima Yudho Saputro viral setelah videonya yang mengkritik Lampung dibahas banyak orang. Video tersebut tidak hanya membahas beberapa alasan mengapa Lampung tidak maju-maju seperti karena infrastruktur, pendidikan yang tidak merata, tapi juga ke masalah jalanan di Lampung yang rusak di mana-mana.

Video itu sendiri hingga kini telah ditonton lebih dari 16,6 juta kali di Tiktok. Akibat dari video itu, banyak warga Lampung yang ikut mengunggah video untuk membuktikan bahwa benar jalanan di Lampung rusak parah di beberapa tempat. Bahkan ada jalan rusak yang saat hujan seolah menjadi kolam karena lubang yang dalam.

Setelah video itu viral, Bima sempat dilaporkan ke polisi oleh orang yang tidak senang terhadap video itu. Pemuda berambut ikal itu juga mengaku bahwa orang tuanya di Lampung sempat mendapat intimidasi dari polisi dan dibentak oleh Gubernur Lampung.

Akan tetapi, warganet membela aksi Bima dengan mengatakan bahwa apa yang disampaikan pemuda itu adalah fakta di lapangan. Saking viralnya, Wakil Ketua Komisi III Ahmad Sahroni ikut angkat bicara dengan permintaan untuk mendukung Bima.

Menariknya, setelah Pemerintah Provinsi Lampung mendapat sorotan akibat video viral Bima, terutama terkait jalanan rusak, warganet mengaku bahwa jalanan di Lampung mulai diperbaiki. Hal itu tampak dari beberapa video yang diunggah warganet di Tiktok.

Misalnya video yang diunggah akun @fran.wijaya77 yang berisi ucapan terima kasih kepada Bima. Karena berkat kontennya, jalan di Kotabumi Lampung diperbaiki.

Kemudian ada pula video yang diunggah oleh warga Pringsewu yang menunjukkan jalanan di Pringsewu, Lampung diperbaiki oleh Pemkot Lampung. Sampai-sampai, warganet menyebut hal tersebut sebagai "Bima Effect."

Selengkapnya...

3 dari 3 halaman

3. Viral Setelah Kritik Lampung, Tiktoker Awbimax alias Bima Yudho Saputro Mengaku Tidak Nyaman Dikenal Banyak Orang

Nama Tiktoker Awbimax Reborn alias Bima Yudho Saputro mendadak viral setelah videonya yang mengkritisi pembangunan, pendidikan, hingga jalanan rusak di Lampung dibicarakan di mana-mana. Banyak orang yang mengakui bahwa video yang dibuat Bima berisi fakta, bahkan hal itu diakui oleh orang-orang Lampung sendiri.

Namun siapa sangka, video tersebut sempat menyeret Bima ke dalam masalah. Ada orang yang melaporkan Bima ke polisi akibat tidak senang atas video itu. Bahkan, Bima mengaku orang tuanya di Lampung sempat diintimidasi dan dibentak oleh Gubernur Lampung.

Meski demikian, banyak yang membela aksi Bima. Wakil Ketua Komisi III DPR Ahmad Sahroni, Hotman Paris, hingga komika seperti Bintang Emon dan Kiky Saputra memuji aksi pemuda yang kini tengah menuntut ilmu di Australia itu.

Setelah video viralnya membuat kehebohan di mana-mana, Bima mengaku bahwa pengikutnya di media sosial bertambah. Siapa sangka, pemuda berambut ikal itu justru merasa tidak nyaman dengan ketenaran yang ia dapatkan.

Hal itu diungkap Bima dalam video singkat terbarunya di akun Tiktok @awbimax reborn.

"For some reasons, i don't like being famous," ungkapnya.

Bima mengaku bahwa sejak videonya viral ke mana-mana, orang-orang banyak yang mengikutinya hingga hampir sampai 1 juta di Tiktok. Bahkan instagramnya juga diikuti hingga lebih dari 200 ribu orang.

Selengkapnya...

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.