Sukses

10 Makanan Terbaik untuk Pertumbuhan Rambut Sehat dan Kuat

Berikut makanan yang baik dikonsumsi jika Anda ingin rambut sehat dan kuat

Liputan6.com, Jakarta Membuat rambut Anda terlihat seperti yang Anda inginkan tidak selalu merupakan tugas yang mudah. Apakah itu beruban, menipis atau tidak tumbuh, Anda mungkin berharap Anda bisa melambaikan tongkat ajaib agar terlihat sehat dan kuat kembali.

Tapi, seperti banyak ciri fisik kita, rambut kita adalah produk dari banyak faktor. Genetika, lingkungan kita, stres, dan lainnya menentukan seberapa sehat penampilan rambut kita dan seberapa baik pertumbuhannya. Anda dapat mengontrol beberapa, tetapi tidak semua, dari faktor-faktor ini. Tapi ada satu pilihan gaya hidup yang memainkan peran penting: pola makan Anda.

Beberapa nutrisi telah dikaitkan dengan pertumbuhan rambut yang sehat, termasuk protein, riboflavin, biotin, vitamin C, vitamin A, asam lemak omega-3, dan zat besi. Dan Anda dapat meningkatkan semua ini dengan mengonsumsi beberapa makanan terbaik untuk pertumbuhan rambut. 

Seperti halnya pilihan nutrisi lainnya, hal terbaik yang dapat Anda lakukan untuk rambut Anda adalah mengonsumsi makanan seimbang yang kaya akan beragam nutrisi, vitamin, dan mineral. Suplemen dapat membantu, tetapi jauh lebih baik mendapatkan nutrisi yang diperlukan secara alami. Jika Anda ingin fokus pada makanan untuk rambut sehat, berikut 10 yang terbaik untuk dikonsumsi seperti dihimpun dari CNET.

1. Bayam

Bayam dikemas dengan nutrisi dan harus menjadi makanan pokok setiap diet sehat. Ini sangat membantu untuk pertumbuhan rambut karena mengandung vitamin A dan C, bersama dengan dosis zat besi yang sehat.

Zat besi sangat penting untuk pertumbuhan sel darah merah, yang membantu suplai oksigen ke seluruh tubuh Anda. Studi juga mengaitkan kerontokan rambut dengan kekurangan zat besi.

Vitamin C, sementara itu, membantu tubuh Anda menyerap zat besi. Akhirnya, vitamin A juga penting untuk pertumbuhan sel, meskipun penting untuk tidak berlebihan karena dapat menyebabkan kerontokan rambut dan masalah lainnya. Itu sebabnya bayam, bukan suplemen, merupakan sumber nutrisi ini.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

2. Ikan berlemak

Banyak ahli gizi memuji manfaat ikan berlemak seperti salmon, mackerel, atau herring. Tidak hanya sumber protein yang kaya, bahan utama dalam pertumbuhan rambut, tetapi juga sarat dengan asam lemak omega-3 dan vitamin D.

Asam lemak omega-3 sangat penting untuk pertumbuhan dan fungsi sel dan telah berkorelasi dengan penurunan kerontokan rambut dalam beberapa penelitian. Vitamin D membutuhkan analisis lebih lanjut, tetapi beberapa penelitian menunjukkan hubungan antara kekurangan vitamin D dan jarangnya rambut tubuh.

3. Alpukat

Alpukat adalah makanan sehat lain yang merupakan salah satu dari banyak makanan yang dapat membantu pertumbuhan rambut. Tidak hanya kaya akan asam lemak esensial seperti minyak zaitun dan kacang-kacangan, alpukat juga merupakan sumber utama vitamin E.

Vitamin E adalah antioksidan. Seperti vitamin C dan antioksidan lainnya, ia dapat melindungi sel dari radikal bebas yang merusak. Diperlukan lebih banyak penelitian tentang pengaruhnya terhadap pertumbuhan rambut, tetapi satu penelitian menunjukkan peningkatan pertumbuhan rambut sebesar 34,5% di antara peserta yang mengonsumsi suplemen vitamin E.

 

3 dari 5 halaman

4. Telur

Telur didokumentasikan dengan baik sebagai sumber protein yang kuat. Secara khusus, telur mengandung biotin, vitamin yang membantu produksi keratin tubuh, protein yang penting untuk pertumbuhan rambut. Jauh lebih baik untuk mendapatkan biotin dari sumber makanan daripada dari suplemen juga, karena suplemen sering mengandung vitamin ini dalam jumlah berlebihan.

5. Greek yogurt

Anda mungkin terkejut melihat yogurt di daftar makanan penumbuh rambut kami, tapi ini bagus untuk ditambahkan ke diet Anda untuk tujuan ini. Umumnya, yogurt merupakan sumber protein yang baik. Tapi greek yogurt lebih kaya akan protein dengan 20 gram ke dalam porsi 7 ons. Ini juga termasuk dosis seng yang sehat, mineral yang dikaitkan dengan pertumbuhan rambut, dan riboflavin, vitamin kunci lain untuk pertumbuhan sel.

 

4 dari 5 halaman

6. Ubi jalar

Sebagai sumber antioksidan, vitamin, dan mineral yang luar biasa, ubi jalar dipuji secara luas sebagai "makanan super" yang seharusnya menjadi makanan pokok. Dan, berkat konsentrasi beta-karotennya yang tinggi, mereka juga merupakan makanan yang sangat baik untuk kesehatan rambut. Itu karena tubuh mengubah beta karoten menjadi vitamin A yang merupakan unsur penting untuk pertumbuhan rambut yang sehat.

7. Tiram

Mungkin tidak mudah mendapatkan tiram yang enak di tempat tinggal Anda. Tetapi jika Anda memiliki akses ke makanan laut yang baik, tiram adalah pilihan yang kuat untuk salah satu makanan terbaik untuk meningkatkan pertumbuhan rambut.

Tiram sarat dengan seng, mineral penting yang mendukung banyak fungsi tubuh. Kekurangan seng tidak hanya dikaitkan dengan berbagai gangguan kulit, tetapi juga dengan kerontokan rambut. Bukti menunjukkan bahwa satu jenis kerontokan rambut, yang dikenal sebagai telogen effluvium, mungkin terkait dengan kekurangan seng dan vitamin D.

5 dari 5 halaman

8. Biji-bijian dan kacang-kacangan

Jika Anda mencari makanan ringan sederhana untuk kesehatan rambut, biji-bijian dan kacang-kacangan bisa menjadi tambahan yang mudah untuk diet apa pun. Ada begitu banyak jenis yang berbeda untuk dipilih, dan berbagai biji dan kacang-kacangan memberikan dosis nutrisi yang kuat yang telah kita bahas. Biji rami dan biji chia adalah sumber asam lemak omega-3 yang baik, sedangkan biji bunga matahari penuh dengan vitamin E dan zat besi. Semua kacang-kacangan dan biji-bijian kaya akan protein untuk membantu pertumbuhan rambut juga.

9. Kacang legum

Kacang legum seperti buncis, lentil, dan kacang tanah juga merupakan makanan penumbuh rambut yang bagus. Mereka tidak hanya penuh dengan protein nabati, tetapi juga berfungsi sebagai sumber nutrisi penting lainnya seperti seng, besi dan biotin. Satu cangkir kacang hitam, misalnya, mengandung sekitar 2 miligram seng, sedangkan 28 gram kacang tanah mengandung hampir 5 miligram biotin, keduanya sekitar 10% hingga 20% dari asupan harian yang direkomendasikan untuk kebanyakan orang dewasa.

10. Jeruk

Jeruk, khususnya, adalah pembangkit tenaga vitamin C. Seperti disebutkan di atas, vitamin esensial ini membantu tubuh Anda menyerap zat besi, jadi sangat penting untuk menjaga dosis yang sehat dalam makanan Anda. Kabar baiknya adalah satu jeruk utuh mengandung seluruh asupan vitamin C harian yang direkomendasikan untuk orang dewasa pada umumnya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.