Sukses

6 Rahasia Orang Bermental Kuat dan Produktif, Kamu Termasuk?

Kekuatan mental dan produktivitas adalah keterampilan yang bisa dikembangkan dan ditingkatkan seiring waktu dengan latihan dan dedikasi yang konsisten.

Liputan6.com, Jakarta - Kekuatan mental dan produktivitas adalah dua sifat utama yang dimiliki oleh orang-orang sukses. Dengan memasukkan rahasia-rahasia ini ke dalam rutinitas harianmu, Anda bisa memupuk kekuatan mental dan produktivitas, serta mencapai kesuksesan di semua bidang kehidupanmu.

Ingat, kekuatan mental dan produktivitas adalah keterampilan yang bisa dikembangkan dan ditingkatkan seiring waktu dengan latihan dan dedikasi yang konsisten. 

Berikut beberapa rahasia individu yang kuat secara mental dan produktif, seperti melansir dari Times of India, Rabu (12/4/2023).

1. Mereka memprioritaskan perawatan diri

Individu yang bermental kuat dan produktif memahami pentingnya menjaga diri sendiri. Mereka akan meluangkan waktu untuk berolahraga, mengonsumsi nutrisi yang tepat dan tidur yang cukup.

Mereka juga akan beristirahat ketika merasa lelah. Itu dilakukan karena mereka menyadari perlunya terlibat dalam aktivitas yang memberi mereka kegembiraan dan relaksasi.

2. Mereka fokus pada tujuan

Orang-orang ini memiliki tujuan yang jelas dan spesifik dalam pikiran dan juga sangat bertekad untuk mencapainya. Mereka membagi tujuan mereka menjadi langkah-langkah yang lebih kecil dan bisa dikelola, serta tetap fokus pada hasil akhir. 

Ini adalah cara mereka menangani tujuan yang luar biasa dan sungguh mengagumkan cara mereka menangani ekspetasi profesional dan pribadi mereka. 

3. Mereka mengatur waktu mereka secara efektif

Individu yang kuat secara mental dan produktif memahami nilai waktu dan menggunakannya dengan bijak. Mereka memprioritaskan tugasnya dan menghilangkan semua jenis gangguang untuk memaksimalkan produktivitas mereka. 

Mereka fokus untuk memanfaatkan waktu mereka sebaik-baiknya dan juga sangat diyakini di mana harus menghabiskan waktu mereka dan di mana tidak.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

4. Mempraktikkan self-talk yang positif

Orang-orang ini memahami kekuatan pikiran mereka dan menggunakan self-talk yang positif untuk meningkatkan kepercayaan diri mereka.

Mereka mencoba untuk tetap termotivasi untuk fokus pada kekuatannya. Mereka juga merayakan pencapaian mereka, daripada memikirkan kesalahan atau kekurangan mereka. 

5. Mereka menerima tantangan

Orang yang kuat secara mental dan produktif memahami bahwa tantangan adalah kesempatan untuk tumbuh dan belajar. Mereka tidak menghindar dari tugas atau kemunduran yang sulit, melainkan melihatnya sebagai peluang untuk mengembangkan ketahanan dan keterampilan memecahkan masalah. 

Keinginan mereka untuk melawan masalah membuat mereka kuat secara mental dan dihormati oleh orang lain.

 

3 dari 3 halaman

6. Mereka mencari bantuan saat dibutuhkan

Individu yang kuat secara mental memahami bahwa meminta bantuan adalah tanda kekuatan, bukan kelemahan.

Mereka tidak ragu untuk menghubungi mentor, pelatih, atau rekan untuk mendapatkan bimbingan dan dukungan saat mereka membimbing, meskipun itu hanya sedikit dukungan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.