Sukses

7 Hal Sederhana Ini Juga Bisa Dapat Imbalan Pahala Jika Dilakukan di Bulan Ramadhan

Rupanya tak hanya ibadah puasa, deretan hal sederhana pun bahkan bisa mendapatkan banyak pahala jika dilakukan di bulan Ramadhan. Itu mengapa sebaiknya kita memanfaatkan momen bulan suci Ramadhan ini untuk melakukan hal-hal baik tersebut.

Liputan6.com, Jakarta Saat ini umat muslim di seluruh dunia sedang menjalani ibadah di bulan suci Ramadhan. Bulan Ramadhan menjadi bulan yang selalu dinantikan oleh umat muslim. Hal ini lantaran bulan Ramadhan adalah bulan yang dipenuhi dengan keberkahan. Segala kebaikan yang dilakukan di bulan ini tentu akan dilipatgandakan pahalanya oleh Allah SWT.

Rupanya tak hanya ibadah puasa, deretan hal sederhana pun bahkan bisa mendapatkan banyak pahala jika dilakukan di bulan Ramadhan. Itu mengapa sebaiknya kita memanfaatkan momen bulan suci Ramadhan ini untuk melakukan hal-hal baik tersebut. Dilansir dari Have Halal will Travel, berikut 7 hal sederhana yang bisa mendapat pahala jika dilakukan selama Ramadhan.

1. Siapkan makanan untuk orang yang berpuasa

Zaid bin Khaalid al-Juhani berkata Rasulullah (damai dan berkah Allah besertanya) mengatakan: “Barang siapa yang memberi buka puasa kepada orang yang berpuasa, maka dia akan mendapatkan pahala seperti dia, tanpa mengurangi pahala orang yang berpuasa. Sedikit pun.” Sahih At-Tirmidzi.

Anda dianjurkan untuk menyiapkan makanan berbuka puasa untuk keluarga, kerabat atau bahkan orang lain yang tak dikenal. Pasalnya hal sederhana ini bisa mendapatkan balasan pahala dari Allah SWT.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

2. Bersilaturahmi dengan kerabat saat berbuka puasa

Rasulullah SAW mengatakan: "Barang siapa yang ingin diperpanjang rezekinya dan diperpanjang jangka hidupnya, hendaklah memelihara tali persaudaraan." [Al Adab Al Mufrad ]

Alasan mengapa banyak muslim menantikan bulan Ramadhan yang penuh berkah adalah untuk kembali menjalin silaturahmi dengan kerabat lama saat berbuka puasa.

3. Membaca Alquran setiap hari

Ramadhan juga dikenal sebagai bulan Al quran, jadi cara apa yang lebih baik untuk merayakan bulan yang indah ini selain membacanya setiap hari? 

“(Inilah) bulan Ramadhan yang di dalamnya diturunkan Al-Qur’an sebagai petunjuk bagi manusia, penjelasan-penjelasan yang memberikan petunjuk, dan Pembeda (untuk membedakan yang hak dan yang batil). Maka barang siapa di antara kamu yang menyaksikan bulan ini, hendaklah dia berpuasa.” [2:185]

3 dari 4 halaman

4. Lakukan Sholat sunnah

Selain sholat fardhu Anda bisa melakukan sholat sunnah sebelum atau sesudah sholat fardhu Anda. Di bulan yang penuh berkah ini sholat sunah 2 hingga 20 rakaat yang Anda lakukan bisa menjadi pintu gerbang untuk Allah SWT mengijabah segala keinginan hati Anda. 

5. Bersedekah kepada orang yang membutuhkan

Selain zakat wajib, kita bisa mendapatkan pahala dengan bersedekah ekstra selama bulan Ramadhan yang penuh berkah. Sedekah tidak serta merta berarti memberikan harta kita, tapi itu juga bisa dilakukan dengan banyak cara lain. Contohnya saja seperti membantu orang tua untuk memasak atau menyumbangkan pakaian lama Anda kepada orang yang lebih membutuhkan juga merupakan bagian dari sedekah.

Jabir bin Abdullah meriwayatkan: Rasulullah SAW bersabda, “Setiap kebaikan adalah sedekah. Sungguh, adalah perbuatan baik untuk bertemu saudaramu dengan wajah ceria, dan menuangkan apa yang tersisa dari embermu ke dalam bejana saudaramu.”

4 dari 4 halaman

6. Perbanyak mengingat Allah SWT

Awali dan akhiri Ramadhan dengan mengingat mengapa Anda memilih berpuasa sejak awal, dan itu semua karena Allah SWT. Selama bulan suci Ramadhan sangat penting untuk meningkatkan dzikir kepada Allah dengan melakukan hal-hal sederhana seperti dzikir atau meluruskan niat. Kita juga bisa melakukannya dengan menghadiri ceramah atau acara keagamaan yang mendekatkan diri kita kepada Allah SWT.

7. Jadi relawan untuk acara amal

Selain uang, waktu dan tenaga juga merupakan hadiah terbaik yang dapat Anda tawarkan kepada orang lain yang membutuhkan. Oleh karena itu, Anda bisa merelakan diri menjadi relawan di bulan Ramadhan. Sebenarnya, itu akan mendorong Anda untuk melakukan yang terbaik saat menawarkan bantuan kepada siapa pun.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.