Sukses

10 Manfaat Konsumsi Kurma Saat Berbuka Puasa Selama Bulan Ramadhan

Liputan6.com, Jakarta Saat berbuka puasa tak sedikit orang mengonsumsi kurma sebagai takjil. Rupanya selain karena memiliki cita rasa yang manis, kurma juga dikenal dengan nutrisinya yang tinggi sehingga baik bagi kesehatan tubuh. 

Kurma adalah suguhan alami dan sumber serat yang lezat, dengan konsentrasi potasium dan vitamin A yang tinggi, di antara vitamin dan mineral lainnya. Berikut adalah alasan terbaik untuk menambahkan kurma dalam menu buka puasa Anda dilansir dari Taste of Home

1. Meningkatkan Energi

Saat puasa mulai dari matahari terbit hingga matahari terbenam kita tentu akan terasa lemas. Itu mengapa penting bagi Anda untuk mengonsumsi kurma saat berbuka puasa. Pasalnya jika Anda membutuhkan ledakan energi yang cepat usai seharian berpuasa, alih-alih minum kopi kedua, makanlah sebutir hingga tiga butir kurma. Dalam seketika kurma akan mengembalikan energi Anda. 

2. Memperkuat Tulang

Kebanyakan orang tahu bahwa mendapatkan cukup sinar matahari dan makanan dengan vitamin D sangat penting untuk kesehatan tulang, tetapi kombinasi mineral seperti magnesium dan tembaga yang dikemas dalam kurma menjadikannya makanan super untuk memperkuat tulang juga. Apakah Anda ingin melawan osteoporosis yang ada atau menambah massa tulang Anda sebagai tindakan pencegahan, kurma dapat membantu.

2 dari 4 halaman

3. Meningkatkan Kesehatan Jantung

Kurma mengandung potasium tinggi, yang penting untuk menjaga kesehatan jantung Anda dalam kondisi prima. Itu mengapa Anda dianjurkan untuk mengonsumsi kurma secara rutin bahkan seusai bulan Ramadhan sekalipun. 

4. Mengurangi Peradangan

Magnesium adalah mineral yang dikenal karena sifat anti-inflamasinya, dan Anda pasti bisa mendapatkannya dari kurma. Sebuah studi dengan lebih dari 3.700 peserta menunjukkan bahwa diet kaya magnesium dikaitkan dengan konsentrasi penanda peradangan yang lebih rendah pada wanita pasca menopause. 

5. Meningkatkan Kualitas Tidur

Kurma membantu tubuh Anda memproduksi melatonin, yang pada gilirannya membantu kualitas tidur Anda. Kurma juga tinggi serat, yang membutuhkan waktu untuk dicerna dan dapat membuat Anda merasa kenyang sepanjang malam.

3 dari 4 halaman

6. Mengatasi Anemia

Jika Anda kekurangan zat besi, kurma adalah cara yang bagus untuk membantu Anda kembali ke jalur semula. Satu porsi mengandung sekitar 1 mg mineral yang diperlukan. 

7. Membantu Menambah Berat Badan

Jika Anda kesulitan menambah berat badan, kurma adalah cara sehat untuk menambah berat badan. Meskipun dikemas dengan nutrisi, mereka juga dikemas dengan kalori. Satu porsi empat kurma hanya mengandung 270 kalori.

8. Mengatasi Stres

Merasa stres atau menderita serangan panik? Kurma adalah makanan yang menenangkan dan menyembuhkan karena kaya nutrisi, tinggi serat, dan manis alami tanpa tambahan gula. Dia menambahkan bahwa penelitian telah menunjukkan bahwa kurma dapat membantu menurunkan peradangan di otak dan dapat membantu kesehatan sistem saraf Anda.

 

4 dari 4 halaman

9. Memuaskan Hasrat untuk Makan Makanan Manis

Jika Anda adalah tipe orang yang tidak pernah mendapatkan cukup gula, kurma adalah alternatif yang bagus untuk makanan yang tidak sehat. Siapkan satu bungkus kurma untuk membantu mengekang keinginan Anda akan menyantap kue, permen, dan makanan manis lainnya saat berbuka puasa.

10. Menurunkan Kolesterol

Jika Anda sedang mencari cara untuk menurunkan kolesterol, kurma adalah sumber serat larut yang baik, yang dapat membantu mengurangi kolesterol sebagai bagian dari diet sehat. Makanan ini juga dapat menurunkan kolesterol secara alami.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.