Sukses

5 Tips Menggunakan Gadget Tanpa Merusak Mata

Untuk mengurangi dampak layar pada mata Anda, ikuti 5 langkah sederhana ini.

Liputan6.com, Jakarta Ponsel telah menjadi bagian dari kehidupan kita sehari-hari. Tidak heran jika menjauhkan layar ponsel dari pandangan Anda nampaknya menjadi hal yang sulit. Tak peduli Anda sedang menyelesaikan proyek Anda sebelum tenggat waktu atau hanya sekedar menonton serial favorit Anda secara berlebihan, mata Anda bisa mengalami banyak kerusakan. 

Paparan layar yang lama dapat menyebabkan ketegangan pada mata, mata kering, dan kemerahan juga. Untuk mengurangi dampak layar pada mata Anda, ikuti 5 langkah sederhana ini dilansir dari Times of India:

1. Coba aturan 20-20-20

Mata Anda tidak dirancang untuk melihat langsung ke layar sepanjang hari. Anda perlu memberi mereka istirahat di sela-sela bekerja atau bersantai. Terutama, istirahatkan mata Anda saat menggunakan layar tampilan. Gunakan prinsip 20-20-20. Beristirahatlah selama 20 detik setiap 20 menit untuk mengarahkan pandangan Anda ke tempat yang berjarak setidaknya 20 kaki.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

2. Duduklah di ruangan yang cukup terang

Jika Anda menggunakan ponsel Anda sambil bersembunyi di bawah selimut, Anda harus berhenti. Cahaya biru frekuensi tinggi lebih memengaruhi saat digunakan dalam cahaya sekitar rendah. Mata bersahabat dengan cahaya hangat. Cahaya alami yang difilter, lampu pijar, dan lampu LED semuanya termasuk di dalamnya. Untuk mempertahankan pencahayaan yang memadai, distribusikan pencahayaan ke seluruh rumah dan kantor Anda.

3 dari 5 halaman

3. Mengatur tingkat cahaya

Hindari meletakkan monitor Anda di depan jendela atau dinding putih, dan tarik tirai atau tirai. Letakkan penutup layar di atasnya yang anti silau. Atau gunakan kacamata anti silau yang memantulkan cahaya biru. Pikirkan tentang meredupkan beberapa atau semua pencahayaan di atas kepala. Gunakan lampu meja yang dapat disesuaikan jika Anda memerlukan lampu untuk menulis atau membaca.

4 dari 5 halaman

4. Jaga jarak dari layar

Disarankan untuk menjaga jarak layar komputer Anda antara 16 dan 30 inci (40 hingga 76 sentimeter) dari mata Anda. Ponsel juga harus dijauhkan saat menggunakannya. Salah satu efek samping yang paling merepotkan karena terlalu dekat dengan layar adalah sindrom penglihatan komputer (juga disebut ketegangan mata digital).

5 dari 5 halaman

5. Sesuaikan pengaturan layar

Pastikan gadget Anda dikonfigurasi untuk kenyamanan mata. Untuk membuat layar Anda lebih ramah mata, tingkatkan kontras layar dan perbesar juga ukuran font teks. Sesuaikan kecerahan layar agar tidak kontras antara kecerahan atau kegelapan dengan sekitarnya. Kurangi suhu warna layar. Tetapkan kecepatan refresh cepat untuk perangkat Anda.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.