Sukses

Fleksibel, 10 Pekerjaan dari Rumah Ini Tak Mengharuskanmu di Telepon Sepanjang Waktu

Berikut ini pekerjaan dari rumah yang tak mengharuskan kamu di telepon sepanjang waktu

Liputan6.com, Jakarta Bekerja dari rumah atau work from home (WFH) adalah anugerah bagi banyak orang. Ini menghilangkan jam waktu perjalanan setiap minggu dan menawarkan keuntungan bagi mereka yang membutuhkan lebih banyak fleksibilitas dalam jadwal mereka.

Banyak pekerjaan jarak jauh mengharuskan pekerja berbicara di telepon sepanjang hari, yang bisa jadi monoton dan membuat frustrasi. Untungnya, ada pekerjaan dari rumah lain yang tidak mengharuskan memakai headset selama delapan jam sehari.

Berikut adalah beberapa cara hebat untuk mendapatkan uang tambahan dalam peran jarak jauh tanpa harus berbicara di telepon terus-menerus. Sebagai bonus, banyak dari posisi ini tidak memerlukan gelar sarjana. Apa saja WFH yang bisa dilakukan tanpa harus terus berbicara di telepon? Dihimpun dari Financebuzz, ini dia.

1. Chat agent

Chat agent bisa menjadi pekerjaan yang bagus jika Anda senang berkomunikasi dengan orang-orang tetapi tidak ingin menghabiskan sepanjang hari berbicara melalui telepon. Dalam peran ini, Anda menawarkan bantuan melalui pesan tertulis kepada orang yang menggunakan situs web dan aplikasi.

Ada banyak sekali industri tempat Anda dapat bekerja, termasuk keuangan dan hiburan. Jika Anda seorang pengetik cepat dan tidak keberatan duduk di depan komputer, ini adalah pilihan kerja dari rumah yang bagus.

2. Penulis lepas

Bekerja sebagai penulis lepas menawarkan banyak kebebasan. Anda bisa memilih klien mana yang akan diajak bekerja sama dan kapan harus bekerja. Anda bahkan dapat menetapkan tarif Anda sendiri.

Namun, patut dipahami bahwa proyek tidak muncul secara ajaib: Anda harus berusaha terlebih dahulu untuk menemukan klien dan mengamankan pekerjaan.

Butuh waktu untuk membuat nama Anda sendiri sebagai penulis lepas, tetapi ada banyak peluang. Gaji tetap tidak dijamin, tetapi penulis lepas dapat memberikan penghasilan yang baik dengan banyak fleksibilitas dalam jadwal Anda sehari-hari.

 

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

3. Transcriber

Transcriber menyalin konten dari sumber lain alih-alih membuatnya. Anda mungkin perlu menyalin file audio atau ucapan, misalnya. Setelah selesai menyalin, Anda memastikan produk akhir akurat.

Meskipun pekerjaan ini terdengar mudah, para transkrip harus memiliki keahlian proofreading dan memenuhi standar industri mereka. Jika Anda menyalin ucapan langsung, Anda memerlukan keterampilan multitasking yang luar biasa. Kabar baiknya adalah umumnya tidak ada persyaratan untuk gelar sarjana.

4. Proofreader

Proofreader dapat bekerja dari rumah baik sebagai karyawan atau pekerja lepas. Anda harus benar-benar memahami aturan tata bahasa dan mengikuti panduan gaya untuk industri tempat Anda bekerja.

Proofreading mengharuskan Anda melakukan lebih dari sekadar mengoreksi ejaan dan menemukan koma yang salah tempat. Kursus proofreading tersedia secara online. Setelah menjadi ahli, Anda dapat mengoreksi situs web, majalah, atau penulis.

5. Penerjemah

Bisnis dan individu sering membutuhkan dokumen atau file lain yang diterjemahkan dari satu bahasa ke bahasa lain. Jika Anda fasih setidaknya dalam dua bahasa, menjadi penerjemah adalah pilihan untuk bekerja dari rumah.

Tergantung atasan Anda, Anda mungkin masih menghabiskan waktu di telepon atau melalui obrolan video. Anda juga dapat memilih untuk menjadi pekerja lepas dan membatasi diri Anda untuk memilih pertunjukan terjemahan yang menarik bagi Anda.

 

3 dari 5 halaman

6. Social media marketer

Jika Anda menyukai media sosial, pertimbangkan untuk bekerja dari rumah sebagai social media marketer. Perusahaan mempekerjakan pemasar ini untuk mempertahankan dan menumbuhkan kehadiran brand mereka di media sosial.

Dalam peran ini, Anda dapat membuat dan mengelola kampanye iklan, menerbitkan konten, dan memantau kinerja perusahaan. Memiliki gelar sarjana dalam pemasaran atau yang serupa dapat membantu Anda mendapatkan pekerjaan sebagai pemasar media sosial.

Anda akan membutuhkan pemahaman yang baik tentang pemasaran. Anda juga mungkin akan mengelola banyak platform, jadi keahlian dalam semua platform biasanya diperlukan.

7. Tutor

Anda dapat bekerja sebagai tutor online langsung dari rumah Anda. Hampir semua mata pelajaran membutuhkan tutor. Terapkan untuk menjadi tutor untuk beberapa perusahaan online, mulai bisnis bimbingan penuh waktu Anda sendiri, atau bekerja sebagai freelancer dan tutor hanya jika Anda punya waktu.

Tutoring tidak terbatas pada mahasiswa. Orang tua menyewa tutor untuk anak-anak dari sekolah dasar hingga sekolah menengah. Terkadang, tutor bahkan membantu orang dewasa mempelajari mata pelajaran baru. Tutoring adalah pilihan pekerjaan di rumah yang bagus untuk guru, tetapi ada banyak tutor tanpa gelar mengajar.

 

4 dari 5 halaman

8. Asisten virtual

Asisten virtual sangat mirip dengan asisten tradisional, kecuali Anda dapat bekerja dari mana pun Anda mau. Anda mungkin perlu menggunakan telepon, apakah untuk berbicara dengan klien Anda atau menelepon mereka.

Namun dalam banyak peran, jumlah komunikasi yang baik akan terdiri dari email. Tugas asisten virtual lainnya termasuk penjadwalan, entri data, dan tanggung jawab administratif lainnya.

Beberapa asisten virtual adalah pekerja lepas. Jika Anda memilih untuk bekerja lepas, Anda akan memiliki kontrol lebih besar atas jam kerja Anda, tetapi jangan lupa bahwa Anda bertanggung jawab atas pajak sebagai pekerja wiraswasta.

9. Desainer grafis

Perusahaan dan individu mempekerjakan desainer grafis untuk berbagai proyek, dan ada banyak pilihan untuk bekerja dari rumah. Anda dapat membuat sampul buku, logo perusahaan, ilustrasi, poster, dan banyak lagi.

Anda mungkin memerlukan gelar sarjana jika ingin bekerja di perusahaan. Seperti kebanyakan posisi, kredensial yang lebih baik akan membantu Anda mendapatkan lebih banyak pekerjaan.

Namun, gelar tidak selalu diperlukan jika Anda memilih untuk bekerja lepas. Banyak desainer memiliki bisnis dan situs web mereka sendiri, dan beberapa menggunakan platform lepas untuk melakukan pertunjukan.

 

5 dari 5 halaman

10. Medical biller

Beberapa medical biller bekerja di kantor, tetapi yang lain bekerja dari rumah. Meskipun Anda tidak membutuhkan gelar, memilikinya dapat membantu Anda mendapatkan pekerjaan yang lebih baik. Dan penting untuk mengikuti kursus pengkodean dan penagihan medis.

Setelah Anda mulai bekerja sebagai penagih atau pembuat kode medis, Anda akan mencatat pembayaran, meninjau catatan, dan menyiapkan informasi asuransi.

Kiat pro: Banyak orang bekerja penuh waktu di posisi jarak jauh. Namun, jika Anda sudah memiliki pekerjaan penuh waktu, pertimbangkan untuk mencari pekerjaan jarak jauh paruh waktu sebagai cara untuk menghasilkan lebih banyak uang sehingga Anda dapat membayar utang atau menabung.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.