Sukses

8 Manfaat Mengejutkan Kapur untuk Kehidupan Sehari-hari

Berikut ini deretan manfaat mengejutkan kapur yang tak banyak orang tahu.

Liputan6.com, Jakarta Anda mungkin tidak sering menggunakan kapur dalam kehidupan sehari-hari secara teratur, tetapi mungkin Anda harus melakukannya. Kapur bukan hanya bisa digunakan di ruang kelas sekolah atau untuk anak-anak yang ingin bermain-main dengannya. 

Ya, batuan sedimen berpori ini sebenarnya memiliki banyak kegunaan praktis di sekitar rumah. Mungkin hal ini mengejutkan bagi banyak orang, tapi memang kapur bisa Anda gunakan untuk mempermudah kehidupan sehari-hari. Dilansir dari Lifehacker, berikut ini deretan manfaat mengejutkan kapur yang tak banyak orang tahu. 

1. Serap noda minyak di kain

Tentu banyak yang tak tahu bahwa kapur dapat membantu menyerap noda minyak di kain. Gosok tumpahan berminyak dengan kapur putih biasa untuk menarik minyak ke atas dan keluar. Setelah Anda menggosoknya, biarkan selama sekitar 10 menit agar residu kapur bekerja dengan baik, lalu seka dan cuci kain menggunakan mesin cuci.

2. Mengusir semut

Semut membenci kapur. Anda tidak perlu mendalami ilmunya yang harus Anda ketahui adalah jika Anda tidak ingin semut memasuki ruang Anda, buatlah garis kapur yang besar dan tebal dan mereka tidak akan melewatinya. Ini membingungkan mereka untuk sementara, tetapi tidak membunuh mereka, jadi Anda harus menemukan cara lain untuk menangani masalah semut yang lebih serius.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

3. Memoles timah dan marmer

Anda juga dapat menggunakan kapur yang cukup abrasif untuk memoles timah dan marmer, menurut Bob Vila. Giling beberapa potong kapur, tambahkan alkohol hingga membentuk pasta kental, dan gosokkan ke permukaan marmer Anda. Diamkan beberapa menit, bilas, dan poles dengan kain lembut hingga ampasnya hilang.

4. Hilangkan kelembapan secara umum

Tempelkan sedikit kapur di mana pun Anda merasa pengap dari waktu ke waktu, seperti ruang di bawah wastafel kamar mandi atau di lemari Anda. Kapur bisa membantu menghilangkan kelembapan yang tidak diinginkan, hal ini karena kapur sangat bagus untuk menyerapnya.

3 dari 4 halaman

5. Membantu tugas perbaikan rumah

Menurut One Good Thing oleh Jillee, Anda dapat menggunakan kapur tulis saat Anda kesulitan memasang obeng selama proyek berlangsung. Jika terus tergelincir saat Anda mencoba memutar sekrup, gosok kepala dengan kapur untuk membuat pegangan.

6. Lepas kunci

Gosokkan kapur pada kunci yang mulai sedikit lengket atau macet ketika digunakan. Kapur memberi pegangan pada kunci sambil membantu mengeluarkan kotoran dan kelembapan dari kunci, memungkinkan kedua komponen bekerja lebih baik.

7. Merapikan dinding

Jika dinding Anda memiliki goresan atau ketidaksempurnaan, temukan sepotong kapur yang cocok dengan warnanya dan gosokkan pada noda tersebut. Mungkin ini tidak memperbaiki masalah yang sebenarnya. Namun ini membuatnya lebih sulit dikenali dengan mata telanjang.

4 dari 4 halaman

Pria India Buat Ukiran dari Kapur Tulis, Deretan Hasilnya Bikin Takjub

Seorang insinyur asal India, Sachin Sanghe, menghabiskan sebagian besar waktu luangnya untuk mengukir batang kapur menjadi karya seni yang indah. Sachin membuat ukiran seleb-seleb ternama hingga penggambaran dewa-dewa Hindu. 

Kisahnya berawal ketika duduk di sekolah menengah, Sachin selalu dipanggil ke depan kelas untuk menulis di papan tulis, hal ini yang membuatnya memiliki ikatan dengan kapur tulis.

Dia pun mulai mengukir batang kapur sebagai hobi, dan seiring berjalannya waktu, dia semakin mahir. Kemudian dia masuk ke perguruan tinggi teknik dan untuk sementara waktu meninggalkan hobinya tersebut.

Namun, setelah menyelesaikan sekolah dan mendapatkan pekerjaan, Sachin bebas kembali melakukan hobinya mengukir kapur. Sachin yang melakukannya dengan belajar otodidak kini dipuji sebagai salah satu pemahat kapur terbaik dunia.

Selengkapnya...

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.