Sukses

Jarang Diketahui, 7 Manfaat Menakjubkan Kapur untuk Kehidupan Sehari-hari

Tak hanya untuk menulis di papan tulis, ini deretan manfaat lain dari kapur.

Liputan6.com, Jakarta - Penggunaan kapur saat ini mungkin tak sepopuler dulu. Ya, penggunaan kapur untuk menulis di papan tulis saat ini banyak digantikan oleh spidol. Ini lantaran spidol dianggap lebih praktis dan bersih.

Tapi jangan salah, selain untuk menulis di papan tulis nyatanya kapur memiliki beragam manfaat lain. Kapur bisa kamu gunakan untuk mempermudah pekerjaan rumah sehari-hari. Melansir dari Brightside, Senin (2/12/2019), berikut deretan manfaat dari kapur yang tak banyak diketahui orang.

1. Membantu membuat kuku bersih

Tak banyak yang tahu bahwa kapur bisa dimanfaatkan untuk kecantikan kuku. Ya, kapur dikatakan bisa membantu membersihkan kuku yang kusam dan membuatnya lebih berkilau. Caranya dengan menggosokkan kapur ke kuku pada jari-jarimu.

2. Hilangkan noda membandel di baju

Noda membandel di baju tentu kerap membuat kita jengkel. Tapi jangan khawatir, kamu bisa coba untuk gosokkan kapur pada bekas noda di pakaian tersebut dan tunggu hingga 10 menit. Kapur bisa menyerap minyak pada noda dan menghilangkannya dengan mudah.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

3. Menyamarkan noda di tembok

Jika kamu menemukan noda bekas coretan di tembok, cobalah untuk menghilangkannya dengan kapur. Caranya cukup menimpa coretan tersebut dengan kapur.

4. Menjaga perhiasan tetap mengkilap

Tak banyak yang tahu bahwa kalian bisa memanfaatkan kapur untuk membuat perhiasan tetap mengkilap dan mencegahnya berubah menjadi kehitaman. Caranya cukup meletakkan kapur di dalam kotak perhiasan.

 

3 dari 3 halaman

5. Mencegah jamur pada baju

Letakkan beberapa kapur pada lemari pakaian untuk mencegah jamur dan juga bau apek. Kapur akan menyerap jamur dan bau apek yang ada di lemari.

6. Mencegah karat

Kamu tentu tak jarang melihat gunting, pisau atau obeng berkarat ya. Namun jangan khawatir, selama ada kapur, semua benda-benda berbahan metalmu akan aman dari karat. Caranya masih sama yaitu letakkan kapur di dalam kotak penyimpanan perkakas yang kalian miliki.

7. Mencegah serangga

Jika kamu ingin terhindar dari semut dan serangga lainnya, gambarlah garis dengan menggunakan kapur di beberapa sudut rumah. Kamu juga bisa melakukannya di pintu, kaca, dapur, dan beberapa tempat lainnya yang bisa dijangkau oleh serangga untuk masuk ke rumah.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.