Sukses

Pria India Buat Ukiran dari Kapur Tulis, Deretan Hasilnya Bikin Takjub

Liputan6.com, Jakarta Seorang insinyur asal India, Sachin Sanghe, menghabiskan sebagian besar waktu luangnya untuk mengukir batang kapur menjadi karya seni yang indah. Sachin membuat ukiran seleb-seleb ternama hingga penggambaran dewa-dewa Hindu.

Kisahnya berawal ketika duduk di sekolah menengah, Sachin selalu dipanggil ke depan kelas untuk menulis di papan tulis, hal ini yang membuatnya memiliki ikatan dengan kapur tulis.

Dia pun mulai mengukir batang kapur sebagai hobi, dan seiring berjalannya waktu, dia semakin mahir. Kemudian dia masuk ke perguruan tinggi teknik dan untuk sementara waktu meninggalkan hobinya tersebut.

Namun, setelah menyelesaikan sekolah dan mendapatkan pekerjaan, Sachin bebas kembali melakukan hobinya mengukir kapur. Sachin yang melakukannya dengan belajar otodidak kini dipuji sebagai salah satu pemahat kapur terbaik dunia.

2 dari 7 halaman

Belajar otodidak

“Di sekolah, saya selalu punya penggatis, kompas, rautan dan juga peniti di kotak pensil saya. Saya secara bertahap mulai mengukir huruf dan kemudian nama di kapur kemudian memberikannya kepada teman dan kerabat, ”kata Sanghe kepada The News Minute.

“Tidak ada Google pada saat itu, saya juga belum pernah melihat orang yang membuat pahatan mikro. Saya harus mulai dari awal,” tambahnya.

Sachin mengatakan bahwa pahatan kapurnya yang lebih sederhana membutuhkan waktu antara lima hingga enam jam untuk menyelesaikannya, sedangkan yang lebih rumit dapat memakan waktu hingga 130 jam.

Dia telah menciptakan lebih dari 200 miniatur kapur bergambar selebriti India hingga replika miniatur Taj Mahal yang menakjubkan yang terakhir dilaporkan membutuhkan waktu 80 jam untuk menyelesaikannya. Bagi kalian yang penasaran, berkut deretan potret ukiran kapur buatan Sachin:

 

3 dari 7 halaman

Sachin kerap membuat ukiran gambar para dewa

4 dari 7 halaman

Awalnya Sachin melakukan ini untuk sekedar hobi

5 dari 7 halaman

Sachin melakukan ukiran tersebut dengan belajar otodidak

6 dari 7 halaman

Tak tanggung-tanggung, kini dia telah menciptakan lebih dari 200 miniatur kapur

7 dari 7 halaman

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini: