Sukses

Patut Dicoba, 5 Cara Mencegah Stres Berlebihan Karena Pekerjaan

Bila selama bekerja Anda kerap merasa stres, berisiko mengalami penyakit mental seperti depresi dan cemas berlebihan.

Liputan6.com, Jakarta Tekanan saat bekerja terkadang dapat menimbulkan dampak stres. Selain dapat memengaruhi kesehatan mental, stres saat bekerja juga dapat berdampak pada kesehatan fisik seseorang.

Stres saat bekerja bisa disebabkan dari berbagai macam hal, seperti beban pekerjaan yang terus bertambah, dikejar deadline, atasan yang kurang support, hingga ulah rekan kerja yang kadang menambah beban pikiran.

Memang sejatinya mencari pekerjaan dengan tingkat stres yang rendah itu sulit. Guna menyiasatinya kamu perlu menyiapkan beberapa strategi yang efektif, untuk mencegah stres dan penat berlebihan di tempat kerja. Apa saja? Berikut selengkapnya dilansir dari laman verywellmind.com:

1. Buat Rutinitas yang Baik Sebelum Kerja

Saat kamu memiliki rutinitas pagi yang kurang baik seperti terlalu banyak minum kopi, sarapan yang kurang bernutrisi, dan emosi karena habis terjebak macet, maka itu akan otomatis memengaruhimu menjadi lebih mudah stres di tempat kerja.

Mungkin ada yang terkejut kalau rutinitas pagi dapat memengaruhi kadar stres di tempat kerja, tapi itu fakta. Biasakan diri untuk memiliki rutinitas pagi yang sehat, seperti konsumsi makanan bernutrisi, hindari kafein terlalu banyak, dan dengarkan musik untuk membangun mood.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

2. Perjelas Ekspektasi Hari Ini

Faktor lain yang membuat bertambahnya tingkat stres saat bekerja adalah kamu tidak mengetahui berapa banyak pekerjaan yang harus diselesaikan pada hari ini. Terkadang ada saja pekerjaan tambahan yang masuk, disaat tugas hari ini telah selesai.     Kalau kamu pernah mengalami kasus seperti ini, berdiskusi kepada atasan membahas masalah ekspektasi dan strategi pekerjaan itu tidak ada salahnya. Selain memperjelas cangkulan pekerjaan, hal ini juga bisa mengurangi stres bagi dirimu.

3. Hindari Konflik dengan Rekan Kerja

Konflik dengan rekan kerja dapat berdampak buruk pada kesehatan fisik dan emosional. Meskipun sulit, berusaha sebisa mungkin agar kamu terhindar dari konflik dengan rekan kerja.

Paksa dirimu untuk menghindari gosip, jangan terlalu banyak membagikan pendapat mengenai hal di luar pekerjaan, dan hindari humor yang berlebihan di tempat kerja. Namun jika kamu terlanjur kena konflik, pastikan kamu sudah tahu cara menyelesaikannya.

3 dari 3 halaman

4. Buat Rencana ke Depan Agar Tetap Teratur

Saat kamu sudah menyelesaikan pekerjaan di hari ini, langsung atur jadwal besok pagi kamu akan bangun jam berapa. Lebih pagi maka lebih baik, karena kamu akan terhindar dari keterlambatan dan tidak terburu-buru saat menyiapkan barang bawaan untuk bekerja.

5. Ciptakan Lingkungan Kerja yang Nyaman

Cara mengendalikan stress di tempat kerja yang terakhir adalah dengan menciptakan lingkungan kerja yang nyaman. Terkadang hal kecil seperti meja yang berantakan, kursi yang kurang nyaman, suasana kantor yang berisik, juga dapat meningkatkan kadar stres kamu lho.     Agar lingkungan kerja kamu semakin nyaman, lakukan hal apa saja demi menciptakan ruang kerja yang tenang dan menyenangkan. Seperti menggunakan earphone saat bekerja atau taruh bantalan di kursi agar membuat posisi duduk lebih nyaman.

Itulah cara mengendalikan stres di tempat kerja yang dapat kamu terapkan di kehidupan sehari-hari. Semoga bermanfaat dan dapat mengurangi rasa stres kamu di pekerjaan ya!

 

(*/Akb)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini