Sukses

Penjualan Parfum Secara Digital Meningkat di 2022

Pangsa pasar domestik sangat potensial dan menyediakan peluang yang besar bagi para pelaku UMKM untuk menjual produk parfum.

Liputan6.com, Jakarta - Selama beberapa tahun terakhir, sektor e-commerce di Indonesia terus memperlihatkan pertumbuhan yang signifikan dan meningkat setiap tahunnya.

Data dari riset yang dilakukan oleh Google, Bain and Company dan Temasek menyebutkan bahwa nilai ekonomi sektor e-commerce di Indonesia pada tahun 2022, jumlahnya mencapai hingga US$59 miliar atau sekitar Rp922 triliun.

Angka tersebut setara dengan 76,62% total nilai ekonomi digital Indonesia, yang sebesar US$77 miliar atau sekitar Rp1203 triliun.

Perkembangan teknologi yang juga pesat memberikan dampak besar terhadap sektor e-commerce karena membuat proses jual beli secara online dapat dilakukan dengan mudah. Hal ini membuat para pengusaha dapat dengan mudah memperluas pasar mereka.

Salah satu bisnis produk lokal yang mendominasi penjualan secara digital di e-commerce adalah parfum, baik untuk pria maupun wanita dengan segmen pasar yang terus meluas.

Pangsa pasar domestik sangat potensial dan menyediakan peluang yang besar bagi para pelaku UMKM untuk menjual produk parfum mereka, di mana pangsa pasar tersebut diperkirakan akan terus berkembang dan cukup besar.

Sepanjang tahun 2022, salah satu situs jual beli e-commerce mencatatkan peningkatan transaksi penjualan parfum yang signifikan. Pada September 2022 lalu, produk parfum, fragrance, dan cologne meningkat hingga hampir dua setengah kali lipat jika dibandingkan dengan periode yang sama di tahun sebelumnya.

Peningkatan tersebut seiring dengan keunggulan produk parfum yang memiliki banyak manfaat, di antaranya adalah sebagai aromaterapi, relaksasi diri, dan mengatasi insomnia.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Pemerintah mengajak masyarakat berbelanja produk lokal

 

Program yang diadakan pemerintah untuk mengajak masyarakat berbelanja produk lokal juga mendorong penjualan parfum semakin meningkat.

Tak hanya itu, banyak individu yang memiliki masalah terhadap bau badan sehingga merasakan kurang percaya diri dan tidak nyaman berada dekat dengan orang sekitarnya.

Permasalahan tersebut dapat diatasi dengan memakai parfum yang akan meningkatkan kepercayaan diri dan membuat orang di sekitar menjadi nyaman karena baunya.

Berbagai manfaat yang diusung oleh produk parfum tersebut mendongkrak penjualan parfum seiring dengan meningkatnya permintaan dari konsumen. Hal ini juga membuat brand-brand parfum menawarkan berbagai macam variasi wangi parfum yang menarik dengan kandungan yang berbeda-beda.

 

3 dari 3 halaman

Parfum terbaik di TikTok

Kini predikat nomor satu penjualan parfum terbaik di TikTok dipegang brand parfum lokal asli Indonesia, Scentplus, yang mengusung konsep parfum sensual dalam 15 varian parfum dengan karakternya masing-masing dengan total penjualan lebih dari 170 ribu.

“Seiring dengan pertumbuhan brand Scentplus, kami akan terus berfokus pada customer dan kepuasan pelanggan,” kata CEO Scentplus Indonesia, Ardinsah Muhammad, dalam keterangan tertulisnya, Minggu (15/1/2023).

“Di mana kami akan terus meningkatkan kualitas dari produk kami sesuai value perusahaan kami yang kami terapkan bagi internal maupun eksternal yaitu Cinta,” sambungnya.

Scentplus juga diketahui baru saja meluncurkan varian terbarunya, Pro Player untuk membuat individu lebih percaya diri dan berkarakter dalam bidangnya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.