Sukses

7 Tips Menurunkan Berat Badan Usai Liburan Natal dan Tahun Baru

Usai liburan akhir tahun yang diisi dengan makanan enak, berikut ini tips diet menurunkan berat badan yang perlu kamu ketahui

Liputan6.com, Jakarta - Liburan Natal dan tahun baru (libur Nataru) tak terasa telah usai. Banyak cerita yang diukir saat melewati liburan, mulai dari traveling bersama kerabat, wisata kuliner, atau sekadar bersantai di rumah sembari mencoba resep baru untuk dinikmati bersama orang tersayang.

Biasanya saat liburan, nafsu makan jadi meningkat dan kita memanjakan lidah dengan makanan-makanan enak. Tak terasa, hal itu membuat berat badan kita naik dan angka di timbangan beranjak ke arah kanan.

Nah, setelah merayakan musim liburan, saatnya mengucapkan selamat tinggal pada rasa bersalah pada pola makan yang berantakan. Apalagi jika angka di timbangan sudah naik. Tapi tenang, semua itu adalah hal yang wajar.

Selama kita berusaha mengembalikan berat badan dengan menjalani rutinitas diet sehat. Berikut tips menurunkan berat badan setelah liburan Natal dan tahun baru, sekaligus mendetoksifikasi tubuh dan pikiran yang Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber:

1. Hentikan Konsumsi Cokelat Panas

Jika cokelat panas jadi minuman favoritmu saat musim hujan dan menghangatkan badan, cobalah mengganti dengan teh hijau, minuman rempah, dan detoks lainnya yang juga menghangatkan.

2. Kacang sebagai Camilan

Isi kembali tubuh kita dengan kacang-kacangan seperti almond dan kenari, juga jenis favorit lainnya. Makanan ini membuat perut kenyang dalam waktu lama. Tapi ingat untuk hanya makan segenggam kacang-kacangan dan biji-bijian dalam sehari untuk mencapai penurunan berat badan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

3. Batasi Makanan Manis

Setelah liburan Natal dan tahun baru usai, saatnya mengerem kebiasaan makan makanan manis seperti cookies, muffin, dan lain-lain. Ada baiknya Anda mengganti makanan manis dengan mengonsumsi camilan yang lebih sehat seperti kurma, madu, serta buah-buahan manis seperti pisang, apel, atau buah naga.

4. Ganti Alkohol dengan Minuman Sehat

Pilihan bijak untuk rehat dari minuman alkohol yang sarat kalori saat menyambut tahun baru kemarin. Sebagai gantinya, Anda bisa mengonsumsi susu rendah lemak, jus, atau smoothies. Oh ya, jangan lupa untuk memulai kebiasaan banyak minum air putih di tahun baru 2023.

5. Hindari Karbohidrat di Malam Hari

Menghindari karbo di malam hari sangat membantu penurunan berat badan. Pasalnya, sistem pencernaan kita berjalan lambat menjelang penghujung hari. Sebaliknya, pilihlah banyak protein dan nutrisi lain seperti ikan, ayam, daging serta sayur-sayuran untuk mengisi perut.

3 dari 5 halaman

6. Minum Air Hangat

Cuaca ekstrem menyelimuti penghujung tahun kemarin. Bahkan, hingga kini hujan dan udara yang dingin masih begitu terasa. Karena itu, tak ada salahnya agar Anda mengonsumsi air hangat.

Sedikit air hangat akan memberikan kelegaan instan pada tenggorokan dan tubuh. Apalagi di cuaca dingin karena hujan yang turun tiada henti.

7. Perbanyak Konsumsi Sayur dan Sayur

Jika Anda ingin menurunkan berat badan, pastikan untuk mengonsumsi cukup sayuran. Sayuran segar seperti bayam, sawi, bit, sampai daun fenugreek bisa jadi pilihan untuk nutrisi yang lebih kuat dari makanan lain.

Selain itu, pilihan buah seperti stroberi, jeruk, dan jambu biji juga bisa Anda konsumsi sebagai peredam keinginanmu menyantap makanan manis.

 

4 dari 5 halaman

Tips Cegah Flu Saat Cuaca Dingin di Musim Hujan

Melansir laman The Daily Star, Jumat (30/12/2022) berikut adalah sederet tips mudah agar tetap bebas dari flu musim dingin ini:

1. Suplemen Vitamin adalah Kuncinya

Dengan menjaga pola makan sehat saja tentunya tidak cukup. Sebab, seiring bertambahnya usia, mendapatkan semua vitamin yang diperlukan hanya dari makanan terlihat sulit.

Sehingga, mengambil suplemen vitamin yaitu vitamin C, vitamin D, seng, dan nutrisi lainnya dapat membantu mencegah flu dan penyakit lainnya selama musim dingin.

Namun, hal itu tentu perlu berkonsultasi terlebih dahulu dengan dokter sebelum mengonsumsi suplemen apa pun.

2. Kebersihan adalah Solusi Terbaik

Musim dingin dapat menyebabkan kemalasan bahkan sebelumnya orang tersebut terkenal yang paling aktif sekalipun.

Apabila, kamu tidak menjaga kebersihan dasar seperti mandi teratur, membersihkan selimut sebelum digunakan, atau bahkan sesederhana mencuci muka dua kali sehari, kemungkinan besar kamu telah berisiko atau mengundang flu menyerang.

5 dari 5 halaman

3. Perhatikan Apa yang Kamu Makan

Diketahui, banyak orang telah membuat resolusi atau rencana diet untuk tahun baru, tetapi makan dengan baik juga dapat mencegah kamu terkena flu.

Diet sehat membantu mempertahankan sistem kekebalan yang kuat, yang melindungi dari virus flu. Dengan demikian, kamu perlu memastikan bahwa tubuhmu untuk tetap terhidrasi sepanjang hari dengan menyeruput teh atau air.

Serta, dianjurkan banyak mengonsumsi buah dan sayuran, terutama yang tinggi vitamin C, seperti jeruk atau sayuran hijau, untuk memperkuat sistem kekebalan tubuh. 

4. Berolahraga Secara Teratur

Salah satu tips mencegah flu menyerang yakni dengan memiliki gaya hidup sehat. Ada pun, itu mencakup hal-hal seperti olahraga dan paparan sinar matahari, dan keduanya berkontribusi untuk merasa lebih baik. 

Lakukanlah kedua hal tersebut sesering mungkin.

Adapun, berolahraga tidak mengharapkan kamu menghabiskan 2 jam setiap hari di gym.

Sebab, banyak pilihan aktivitas fisik di musim dingin yang dapat kamu lakukan selain itu, antara lain bermain bulu tangkis atau mungkin yang paling sederhananya lagi yakni jalan kaki.  

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.