Sukses

Walid Regragui Cetak Sejarah Keberhasilan Maroko Lolos Perempat Final Piala Dunia 2022

Maroko menjadi satu-satunya perwakilan benua Afrika yang lolos mencapai perempatan final Piala Dunia 2022 Qatar.

Liputan6.com, Jakarta - Maroko telah melampaui ekspektasi dengan menjadi negara Afrika keempat dan negara Arab pertama yang mencapai perempat final Piala Dunia 2022 Qatar.

Pelatih Timnas Maroko, Walid Regragui memuji semangat juang timnya setelah mengalahkan Portugal 1-0 pada Sabtu 10 Desember 2022 untuk menjadi negara pertama dari luar Eropa dan Amerika Selatan yang mencapai semifinal .

Sundulan Youssef En-Nesyri di akhir babak pertama mengirim Atlas Lions lolos ke babak empat besar Piala Dunia 2022 Qatar dengan juara bertahan Prancis.

"Kami menghadapi tim Portugal yang sangat hebat. Kami memanfaatkan semua yang kami miliki, kami masih memiliki pemain yang cedera. Saya memberi tahu orang-orang sebelum pertandingan bahwa kami harus menulis sejarah untuk Afrika," kata Regragui, dikutip dari Sportstar, Minggu (11/12/2022).

"Kami menjadi tim yang disukai semua orang di Piala Dunia ini, ibaratnya, meskipun Anda tidak memiliki banyak bakat, jika Anda menunjukkan keinginan hati dan keyakinan itu, Anda dapat mencapainya," tambahnya.

Kemenangan atas Portugal datang setelah mengalahkan Spanyol di babak 16 besar melalui adu penalti dan mengalahkan tim peringkat dua dunia Belgia di babak penyisihan grup.

Maroko masih memiliki rekor pertahanan terbaik di Piala Dunia 2022. Satu-satunya saat mereka kebobolan dalam lima pertandingan adalah gol bunuh diri melawan Kanada.

"Ini gila. Kami hidup dalam mimpi dan kami tidak ingin bangun. Saya merinding," kata pemain sayap, Sofiane Boufal.

"Semua yang kami miliki, kami layak dapatkan. Kami bekerja keras. Ini belum berakhir. Masih ada semifinal dan insya Allah, final," tegasnya.

Perjuangan masih terus berjalan, Maroko akan menghadapi Prancis di laga Piala Dunia 2022 pada Rabu, 15 Desember 2022 di Stadion Al Bayt, Qatar pukul 02.00 WIB.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Pencapaian Terbaik Regragui

Reragui bermain 45 kali untuk Maroko antara tahun 2001 dan 2009, finis sebagai runner-up di Piala Afrika pada 2004.

Bek kanan ini lahir di Prancis dan membela lima klub Prancis selama kariernya, memenangkan League 2 bersama Ajaccio pada 2002 dan bermain bersama tim Spanyol Racing Santander antara 2004 dan 2006.

Sekarang, salah satu pencapaian terbaik Reragui adalah menyatukan kembali pemain Chelsea, Hakim Ziyech dan pemain Bayern Munich, Noussair Mazraoui kembali ke tim menyusul pengasingan internasional untuk kedua pemain, yang sekarang menjadi kunci Maroko.

Dilansir dari Sportingnews, "Sebelumnya, hanya orang Maroko yang mendukung kami," kata pria berusia 47 tahun itu sebelum mengatur kemenangan atas Spanyol melalui adu penalti di Babak 16 besar.

"Sekarang, orang Afrika dan Arab," ucapnya. 

3 dari 4 halaman

Buat Orang Arab dan Afrika Bangga

Sebagai orang Arab, al-Rayes mengatakan dia merasakan Maroko telah merepresentasikan bangsa Arab bisa menjadi yang terbaik di sepak bola, cabang olahraga yang selama ini didominasi oleh tim Eropa dan Amerika Selatan.

“Anda datang sebagai underdog dan kemudian Anda menang. Itu kebanggaan Arab,” kata al-Rayes. “Semua negara Arab ada di sini di stadion mendukung Maroko.”

Kiprah fenomenal Maroko di Qatar juga bergema di seluruh Afrika pada hari Sabtu. “Sejarah benua!” tulis Konfederasi Sepak Bola Afrika di Twitter setelah kemenangan Maroko.

"Bersejarah dan fantastis," tulis Ketua Uni Afrika dan Presiden Senegal, Macky Sall dalam sebuah cuitan.

4 dari 4 halaman

Jadwal Pertandingan Selanjutnya

Pertandingan semifinal pertama Piala Dunia 2022 mempertemukan Argentina melawan runner-up empat tahun lalu, Kroasia.

Sedangkan Prancis yang berpeluang menorehkan back to back champion ditantang Maroko yang tampil mengejutkan sejak fase grup.

Berikut jadwal semifinal Piala Dunia 2022:

Rabu (14/12/2022) pukul 02.00 WIB

Argentina vs Kroasia di Stadion Lusail Iconic (Live SCTV, Indosiar, Nex Parabola, Vidio)

Kamis (15/12/2022) Pukul 02.00 WIB

Prancis vs Maroko di Stadion Al Bayt (Live SCTV, Indosiar, Nex Parabola, Vidio)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.