Sukses

10 Negara Dengan Populasi Terbanyak di Dunia, Mana Saja?

Liputan6.com, Jakarta - Negara menjadi tempat tinggal bagi miliaran manusia. Meski begitu, sebaran populasi manusia di tiap-tiap negara berbeda antara antara satu dengan lainnya. Dalam hal ini, ada negara dengan populasi yang lebih banyak dan ada pula yang dihuni lebih sedikit penduduk. 

Pernahkah kalian terlintas negara apa yang memiliki populasi terbanyak? Mengutip situs WorldPopulationReview, Jumat (9/12/2022), di tahun 2022 ini negara yang memiliki populasi terbanyak adalah Tiongkok dan India. Kedua negara tersebut sekarang memiliki populasi lebih dari satu miliar.

Selanjutnya, di posisi ketiga ada negara Amerika Serikat dengan perkiraan lebih dari 325 juta penduduk. 

International Monetary Fund (IMF) mencatat, sejumlah negara yang berkembang juga memiliki jumlah populasi yang cukup besar. Dalam hal ini, negara berkembang adalah negara yang belum mencapai tingkat industrialisasi yang tinggi dan biasanya penduduknya memiliki standar hidup menengah hingga rendah.

Berikut secara rinci akan dijabarkan daftar 10 negara terpadat di tahun 2022, dilansir nationsonline.org.

1. Tiongkok

Menurut data sensus kependudukan Tiongkok yang dijalankan oleh National Bureau Of Statistics Of China UN, penduduk Tiongkok diperkirakan ada sebanyak 1,45 miliar pada tahun 2022 ini.

Negara yang terletak di Asia Timur ini merupakan negara dengan jumlah penduduk terbanyak di dunia. Sekitar 90 persen dari populasi Tiongkok adalah orang Cina Han.

Ada lebih dari 50 kelompok etnis yang diakui di Tiongkok, termasuk etnis Uyghur, dengan sekitar 10 juta orang. Selain itu juga ada etnis Tibet dengan sekitar 3 juta orang.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

2 dari 4 halaman

2. India

Menurut sensus kependudukan India, yakni Census of IndiaUnique Identification Authority of India, jumlah penduduk India diperkirakan sebanyak 1,40 miliar pada tahun 2022. 

Negara yang dikenal juga sebagai Bharat ini merupakan negara dengan jumlah populasi terbesar kedua di dunia dan di Asia. Ada ratusan kelompok etnis di India, di mana Konstitusi India mengakui ada 22 bahasa yang berbeda sebagai bahasa resmi.

Negara bagian India yang paling padat penduduknya adalah Uttar Pradesh dengan 200 juta penduduk.

3. Amerika Serikat

Menurut sensus kependudukan Amerika Serikat, yakni US Population ClockUS Census Bureau,  jumlah penduduk negara Paman Sam ini sebanyak 335,5 juta jiwa pada 2022. Amerika Serikat yang menempati sebagian besar bagian tengah dari wilayah Amerika Utara, merupakan negara terpadat di seluruh benua Amerika. 

Amerika Serikat juga merupakan negara dengan populasi Kristen terbesar di dunia, di mana 65 persen orang Amerika saat ini mengidentifikasi diri mereka sebagai orang Kristen.

Di antara negara-negara bagian di Amerika Serikat, California adalah negara bagian terpadat, dengan jumlah penduduk 39,5 juta orang. Sementara, kota terpadat di AS adalah New York dengan 8,4 juta penduduk.

3 dari 4 halaman

4. Indonesia

Indonesia termasuk dalam salah satu negara dengan populasi terbanyak di dunia. Menempati urutan ke-4 sebagai negara paling banyak populasinya, Badan Pusat Statistik (BPS) mencatat pada 2022, jumlah penduduk Indonesia adalah 275 juta jiwa.

Dibandingkan negara kepulauan lainnya di dunia, Indonesia merupakan negara kepulauan terpadat. Indonesia juga menjadi negara muslim terpadat di dunia. 

5. Pakistan 

Menurut sensus kependudukan Pakistan Bureau of Statistics, Pakistan menjadi negara dengan jumlah penduduk terbanyak nomor 5 di dunia. Jumlah populasinya adalah 229,4 juta penduduk di tahun 2022. Dengan jumlah penduduk di atas, Pakistan menjadi negara terpadat ketiga di Asia 

Selain itu pakistan menjadi negara terpadat ketiga di Asia dan negara Islam terpadat kedua setelah Indonesia. Dari jumlah penduduk di atas, sekitar 96 persen penduduk Pakistan adalah Muslim.

Negara ini dihuni oleh enam kelompok etnis utama. Kelompok etnis terbesar antara lain Punjabi (45 persen), Pashtun (15  persen), Sindhis (14  persen), dan Saraikis (8 persen).

6. Nigeria 

Sensus nasional kependudukan Nigeria mencatat penduduk Nigeria mencapai 216,7 juta jiwa di tahun 2022. Nigeria adalah sebuah negara di Afrika Barat yang berbatasan dengan Teluk Guinea. Nigeria adalah negara terpadat di Afrika dan konsisten memiliki tingkat pertumbuhan penduduk yang tinggi.

Kelompok etnis utama yang hidup di Nigeria adalah Hausa 30 persen, Yoruba 15 persen, Igbo (Ibo) 15 persen, dan Fulani 6 persen.

Lebih dari separuh atau 53 persen penduduk Nigeria adalah Muslim, terutama Sunni. 45 persen dari populasi termasuk dalam denominasi Kristen yang berbeda.

4 dari 4 halaman

7. Brasil

Sensus nasional kependudukan Brasil, yakni Population clock IBGE, mencatat jumlah penduduk Brasil mencapai 214,2 juta jiwa di tahun 2022. Brasil adalah negara terbesar dan terpadat di Amerika Selatan dan negara terpadat kedua di Belahan Bumi Barat.

Brasil juga merupakan negara dengan populasi Kristen tertinggi kedua di dunia, dengan 65 persen Katolik Roma dan 22 persen Kristen Protestan. Bahasa yang digunakan mayoritas penduduk Brasil adalah bahasa Portugis Brasil.

8. Bangladesh 

Sensus nasional kependudukan di negara ini, yakni Bangladesh Population Projection 2011-2061 yang digelar oleh Bangladesh Bureau of Statistics, mencatat jumlah penduduk Bangladesh mencapai 167,8 juta jiwa di tahun 2022.

Bangladesh terletak di delta Gangga-Brahmaputra, yakni di antara India dan Myanmar. Mayoritas penduduk di Bangladesh beragama Islam.

9. Rusia 

Menurut sensus kependudukan Rusia, Federal State Statistics Service, populasi penduduk di  Rusia berjumlah sekitar 145,8 juta di tahun 2021. 

Rusia merupakan negara yang terbesar di dunia secara ukuran wilayah. Rusia juga merupakan adalah negara lintas benua yang terletak di Asia bagian utara dan Eropa Timur. Lebih dari 80 persen populasi negara ini adalah etnis Rusia.

Sekitar dua pertiga penduduk Rusia tinggal di bagian Eropa negara itu dengan bahasa resminya adalah bahasa Rusia. Dari sisi kepercayaan, 15-20 persen populasinya menganut Ortodoks Rusia dan 17 persen merupakan Muslim. 

10. Meksiko

Sensus nasional kependudukan Meksiko, National Institute of Statistics and Geography, mencatat di tahun 2020 Meksiko diperkirakan memiliki penduduk sebanyak 126 juta jiwa.  

Negara terbesar ketiga di Amerika Utara ini adalah negara terpadat kedua di wilayah Amerika Utara. Meksiko merupakan negara berbahasa Spanyol yang terpadat di dunia. 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS