Sukses

Kenali 3 Tanda Kamu Butuh Waktu untuk Me Time

Liputan6.com, Jakarta - Melakukan interaksi antar individu memang sangat dibutuhkan setiap manusia. Apalagi bagi seseorang yang merasakan betapa sulitnya saat harus menjalani hidup sendiri.

Meski begitu, seseorang perlu menghabiskan waktunya sendiri. Memberikan ruang dan waktu untuk menyediri nampaknya perlu dilakukan.

Kalian mungkin bertanya-tanya, mengapa harus sendiri jika bisa bertemu dengan banyak orang? Sebenarnya, meluangkan waktu untuk diri sendiri bukan berarti mengurung diri begitu saja.

Akan tetapi, seseorang perlu mengingat betapa pentingnya manfaat menghabiskan waktu sendiri guna menjaga kesehatan mental dirinya.

Menghabiskan waktu sendiri atau yang lebih dikenal dengan me time, seringkali dilontarkan ketika seseorang merasa jenuh dan lelah bersosialisasi.

Dilansir dari Bustle, Kamis (8/12/2022), manusia hidup di dunia yang penuh dengan interaksi, sehingga seseorang harus meluangkan waktunya sendiri. Jika kalian tidak pernah membiarkan diri untuk bersantai dan melakukan banyak hal sendiri, maka yang akan terjadi adalah munculnya rasa lelah.

Cobalah untuk mengambil hari libur dan jadwalkan beberapa kegiatan yang dapat memanjakan diri kalian sendiri.

Me time merupakan kunci sekaligus jawaban ketika seseorang ingin mengembalikan gairah, semangat dan keseimbangan dalam hidupnya.

Meluangkan waktu untuk diri sendiri pun dipercaya dapat menjaga pikiran agar tetap fokus. Dengan begitu, setiap pekerjaan yang akan dilakukan nantinya bisa terselesaikan tanpa beban.

Tubuh dan otak membutuhkan waktu untuk istirahat sejenak agar dapat berfungsi secara maksimal. Hindari memaksa tubuh untuk melakukan aktivitas yang membuat diri terasa begitu lelah. Jadi, kenali kemampuan diri dan tanda-tanda kapan kalian membutuhkan ruang untuk me time

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

2 dari 4 halaman

1. Sulit Fokus

Pernahkah kalian merasa sulit mendapatkan fokus ketika melakukan sebuah pekerjaan? Mungkin saja, kalian butuh me time.

Saat seseorang terlalu banyak melakukan aktivitas dan berada di tengah kerumunan, mereka akan sulit mengatur emosi dirinya.

Hal inilah yang menyebabkan sejumlah individu mulai merasa terganggu dengan hal-hal kecil yang sebenarnya tidak mengganggu sama sekali.

Namun, ketika mereka sudah terlalu banyak melakukan aktivitas tanpa istirahat, bisa saja semua orang dianggap menggangu. Bahkan, kalian cenderung kehilangan rasa sabar hingga mudah tersinggung dan emosi.

Kalian perlu meluangkan waktu untuk me time ketika mulai merasa gelisah dan lakukan evaluasi diri terhadap apa yang sudah dilakukan selama seminggu ke belakang.

3 dari 4 halaman

2. Merasa Kewalahan dengan Tugas

Jika kalian mulai merasa kewalahan dengan tugas yang diberikan, bisa jadi ini tanda-tanda diri membutuh me time. Tubuh membutuhkan energi untuk menyelesaikan beberapa tugas, baik pekerjaan rumah, di kantor maupun di sekolah.

Saat energi terkuras habis, seseorang cenderung kehilangan gairah dengan kegiatan yang dilakukannya. Hal inilah yang menyebabkan banyaknya tugas menumpuk karena tak dikerjakan tepat waktu.

Apalagi, ketika pekerjaan kalian membutuhkan banyak inspirasi. Hindari memaksa otak untuk kerja berlebihan, karena hanya memperburuk keadaan saja.

Berilah waktu untuk menyegarkan pikiran hingga menciptakan beberapa inspirasi yang datang tanpa adanya sebuah paksaan.

Kalian perlu meluangkan waktu sendiri untuk santai sejenak. Cobalah tenangkan pikiran sebelum tidur di malam hari guna menjaga kesehatan mental.

4 dari 4 halaman

3. Gelisah dan Mudah Rewel

Kalian pasti pernah mengeluh kepada teman dan keluarga setelah lelah menjalani aktivitas sehari-hari. Mungkin kalian juga merasa lebih rewel dari sebelumnya, sehingga terlalu banyak mengeluhkan hal-hal kecil.

Ketika diri mulai merasa gelisah dengan aktivitas padat yang sedang dijalani, seseorang perlu mewaspadai tanda-tandanya. Tak memiliki waktu cukup untuk me time dapat menyebabkan seseorang mudah stres yang dapat memperburuk kesehatan mental, seperti kecemasan.

Kondisi ini menandakan seseorang butuh me time sebagai bentuk upaya melepaskan diri dari segala aktivitas yang melelahkan. Meluangkan waktu sendiri sama saja memberikan kesempatan untuk menenangkan pikiran dan fisik.

Luangkan waktu untuk me time dinilai mampu mengembalikan diri agar lebih merasa segar dan berenergi dari sebelumnya.  

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS