Sukses

Apple Gulirkan Update iOS 16.1.2, Ada Perbaikan Bug dan Peningkatan Crash Detection

Liputan6.com, Jakarta - Pada 30 November lalu, Apple mengeluarkan iOS terbaru untuk perangkat iPhone. Dalam pembaruan kali ini, Apple meningkatkan beberapa fitur dan memperbaiki bug yang ada di versi iOS sebelumnya. 

Dikutip dari laman resmi supportapple, pembaruan iOS 16.1.2 memperkenalkan kompatibilitas yang lebih baik dengan operator nirkabel bersama dengan pengoptimalan Crash Detection pada model iPhone 14 dan iPhone 14 Pro.

"Pembaruan ini menyediakan pembaruan keamanan penting dan peningkatan berikut untuk iPhone Anda:

  • Peningkatan kompatibilitas dengan operator nirkabel
  • Optimalisasi Crash Detection pada model iPhone 14 dan iPhone 14 Pro

Untuk informasi tentang konten keamanan pembaruan perangkat lunak Apple, silakan kunjungi situs web ini:

https://support.apple.com/kb/HT201222," dikutip dari laman resmi supportapple, Jumat (02//12/2022).

Berdasarkan situs macrumors pembaruan ini sangat bermanfaat bagi pengguna model iPhone 14, dengan adanya peningkatan optimalisasi crash detection.

Peningkatan optimalisasi tersebut merupakan perbaikan untuk mencegah model iPhone 14 memanggil layanan darurat, seperti saat pengguna menikmati roller coaster dan wahana ekstrem lainnya.

Sebab, sebelumnya pernah ada sejumlah laporan aktivasi crash detection yang tidak disengaja di sebuah taman hiburan Amerika Serikat akibat salah deteksi.

Pengguna tersebut mendapatkan guncangan karena memang sedang menaiki salah satu wahana permainan ekstrem yaitu roller coaster.

iOS 16.1.2 akan diikuti oleh iOS 16.2, pembaruan yang sedang diuji Beta dan diharapkan akan diluncurkan pada Desember 2022 ini.

iOS 16.2 memperkenalkan aplikasi Freeform, arsitektur aplikasi Home baru, dan fitur lainnya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

2 dari 4 halaman

Cara Mengupdate iOS

iOS 16.1.2 sudah digulirkan oleh Apple guna memperbaiki kinerja perangkat Apple terutama iPhone 14. Namun di iOS 16.1.2, Apple belum mengeluarkan publikasi tentang peningkatan keamanan terbaru dan hanya dituliskan "details available soon".

Dikutip dari laman resmi supportapple, perangkat yang mendapatkan pembaruan iOS 16.1.2 dimulai dari iPhone 8/iPhone X dan yang lebih baru. iOS 16 menghentikan dukungan untuk iPhone 6S dan 7 dan iPod Touch.

Saat ini Apple belum mengeluarkan iPadOS 16.1.2 untuk pembaruan terbaru. 

Berikut ini cara mengunduh pembaruan terbaru.

  1. Buka ke Pengaturan.
  2. Ketuk General (Umum).
  3. Ketuk Software Update (Pembaruan Perangkat Lunak).
  4. Ketuk Download and Install (Unduh dan Instal), lalu ikuti petunjuk di layar.

Tunggu dan diamkan sampai proses penginstalan berlangsung. iPhone mu akan memperbarui ke sistem operasi yang iOS 16.1.2.

3 dari 4 halaman

Mengapa Ada Peningkatan Crash Detection?

Sebelumnya, Apple di perangkat terbarunya di seri iPhone 14 memiliki fitur crash detection. Namun fitur crash detection ini belum berjalan optimal dan beberapa pekan lalu masih banyak laporan palsu yang tidak sengaja masuk di panggilan darurat.

Dilaporkan oleh WSJ Joanna Stern and Coaster101, pada Oktober 2022 lalu, taman hiburan Kings Island dan Dollywood telah melihat tren yang berasal dari pelanggan dengan iPhone 14 atau Apple Watch baru.

Taman hiburan King Island telah mengonfirmasi setidaknya ada enam kali panggilan crash detection ke 911 lantaran dipicu salah satu wahana yaitu roller coaster.

Dikutip dari kicauan Twitter Joanna Stern, sejak iPhone 14 mulai dijual, pusat pengiriman 911 di dekat taman hiburan Kings Island telah menerima setidaknya enam panggilan telepon yang mengatakan 'The owner of this iPhone was in a severe car crash'.

"Except, the owner was just on a roller coaster."

Joanna Stern pun membagikan beberapa rekaman pengunjung dengan panggilan 911 yang diakibatkan oleh fitur crash detection ini.

Selain itu, Joanna membagikan cerita tentang 280 roller coaster yang berbeda di negara Amerika Serikat tersebut tentang fitur crash detection iPhone 14.

 

4 dari 4 halaman

Fitur Crash Detection

Dilansir  halaman resmi support.apple.com, fitur crash detection merupakan fitur yang dipunyai iPhone 14 series. 

Fitur ini akan aktif jika iPhone 14 Anda mendeteksi tabrakan mobil yang parah, iPhone 14 dapat membantu menghubungkan Anda ke layanan darurat dan memberi tahu kontak darurat Anda.

Cara kerja crash detection ini, saat iPhone Anda mendeteksi tabrakan mobil yang parah, akan menampilkan peringatan dan secara otomatis akan memulai panggilan telepon darurat setelah 20 detik, kecuali Anda membatalkannya.

Apabila tidak merespons, iPhone Anda akan memutar pesan audio untuk layanan darurat, yang memberi tahu petugas bahwa Anda mengalami kecelakaan parah dan memberi langsung memberikan koordinat lokasi dengan radius pencarian perkiraan.

Saat kecelakaan terdeteksi, crash detection langsung mengesampingkan panggilan lain dan menelepon panggilan darurat. 

Cara menyalakan dan mematikannya yaitu fitur ini disetel secara default untuk hidup, namun bisa dimatikan secara manual dengan pilih Setting di perangkat Apple Anda lalu ke emergency SOS, dan tekan turn off call after severe crash.

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS