Sukses

25 Link Twibbon Hari Anak Sedunia yang Diperingati Hari Ini, Yuk Buat!

Setiap 20 November diperingati sebagai Hari Anak Sedunia atau World Children's Day. Itu berarti, Hari Anak Sedunia atau World Children's Day jatuh tepat pada hari ini, Minggu (20/11/2022).

Liputan6.com, Jakarta - Setiap 20 November diperingati sebagai Hari Anak Sedunia atau World Children's Day. Itu berarti, Hari Anak Sedunia atau World Children's Day jatuh tepat pada hari ini, Minggu (20/11/2022).

Penetapan Hari Anak Sedunia tersebut bertujuan untuk mengampanyekan kebersamaan internasional untuk meningkatkan kesadaran di seluruh dunia akan kesejahteraan serta hak-hak anak-anak.

Melansir laman resmi United Nations, Minggu (20/11/2022), Hari Anak Sedunia pertama kali ditetapkan pada 1954 silam dan dirayakan 20 November setiap tahunnya.

Pada 1959, 20 November merupakan tanggal penting, karena saat tanggal tersebut, Majelis Umum PBB mengadopsi Deklarasi Hak-Hak Anak. Selain itu, ditanggal yang sama, pada 1989 Majelis Umum PBB mengadopsi Konvensi Hak-Hak Anak.

Sehingga sejak 1990, Hari Anak Sedunia bersama-sama juga memperingati hari Majelis Umum PBB mengadopsi Deklarasi dan Konvensi tentang hak-hak anak.

Sementara itu, dikutip dari UNICEF, hak asasi manusia tidak hanya berlaku untuk orang dewasa saja, tetapi berlaku juga untuk anak-anak. Anak-anak berhak atas kehidupan, kesehatan, pendidikan, dan bahkan hak untuk bermain.

Selain itu, hak-hak anak meliputi hak atas kehidupan keluarga, perlindungan dari kekerasan, dan tidak boleh didiskriminasi. Anak juga memiliki hak pandangan mereka berhak didengar.

Lalu, bagaimana untuk kamu bisa ikut merayakan Hari Anak Sedunia atau World Children's Day? Salah satunya, kamu bisa membuat Twibbon Hari Anak Sedunia atau World Children's Day.

Lantas, apakah Twibbon? Twibbon sendiri merupakan bingkai bertema yang bisa dipasang di foto profil akun media sosial seseorang.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Cara Buat Twibbon

Bingkai atau Twibbon tersebut bisa dipakai untuk foto profil akun Facebook, Twitter, Instagram, termasuk aplikasi chatting seperti WhatsApp dan Telegram, serta kirim ke orang lain melalui laman Twibbonize.com.

Untuk membuat Twibbon Hari Anak Sedunia atau World Children's Day pun cukup mudah. Kamu dapat menggunakan perangkat seperti laptop, tablet, atau cukup dari ponsel. Berikut caranya:

1. Kamu cukup memilih salah satu dari link atau dapat mencari lebih banyak di Twibbonize.com,

2. Lalu, klik "Choose a Photo" dan pilih foto yang kamu ingin pakaikan bingkai dari galeri perangkatmu,

3. Sesuaikan posisi foto di dalam bingkai yang dipilih, kemudian pilih "Next",

4. Klik "Download" untuk menyimpannya di perangkatmu,

5. Kamu lalu bisa membagikan Twibbon yang sudah kamu buat di media sosial yang diinginkan.

 

3 dari 4 halaman

Link Twibbon Hari Anak Sedunia atau World Children's Day

Berikut link Twibbon Hari Anak Sedunia atau World Children's Day yang dihimpun Liputan6.com dari laman Twibbonize.com:

1. https://twb.nz/harianakseduniabestmommies

2. https://twb.nz/harianakseduniapsai

3. https://twb.nz/harianakseduniayee

4. https://twb.nz/apsaiworldchildrensday

5. https://twb.nz/pauddaharianakdunia

6. https://twb.nz/harianakseduniaduaribuduadua

7. https://twb.nz/harianakseduniasmp5bks

8. https://twb.nz/harianakseduniapb

9. https://twb.nz/harianaktkkutilang

10. https://twb.nz/harianakseduniamitb

11. https://twb.nz/harianakseduniabmw

12. https://twb.nz/childrendaysedunia

13. https://twb.nz/anakseduniaalbi2022

14. https://twb.nz/harianaksedunia1122

15. https://twb.nz/happychildrensdaysmpn5bekasi

16. https://twb.nz/harianaksedunia5bks

17. https://twb.nz/harianaktd1

18. https://twb.nz/harianakseduniaoramitd21

19. https://twb.nz/harianakseduniarsiapbmalang

20. https://twb.nz/harianakwithjoliejogja

21. https://twb.nz/harianaksedunia0

22. https://twb.nz/worldkidsday2022

23. https://twb.nz/perwanidaharianaksedunia2022

24. https://twb.nz/harianaksedunia20nov2022

25. https://twb.nz/ipanisulutworldchildrenday

 

4 dari 4 halaman

Apa Sih Tema Hari Anak Sedunia pada 2022 Ini?

Tema Hari Anak Sedunia 2022 yang diberikan oleh United Nations International Children's Emergency Fund atau UNICEF (Dana Darurat Anak Internasional Perserikatan Bangsa-Bangsa) yaitu Inclusion, for every child atau inklusif bagi setiap anak. Kemudian, apa sih yang harus kita lakukan bersama-sama?

Terlihat melalui highlight Instagram UNICEF, dengan membuat postingan snapgram dengan caption: We must work together to build a more inclusive world for every child.

Jika diartikan ke dalam bahasa Indonesia, "Kita harus bekerja sama untuk membangun dunia yang lebih inklusif bagi setiap anak".

Pada 2022 ini, UNICEF mengatakan hari anak seudnia tahun ini lebih penting dari sebelumnya karena dunia harus mendengarkan ide dan tuntunan anak-anak. Maka anak-anak akan membela dunia yang lebih setara dan inklusif untuk mereka.

Melalui laman UNICEF, terlihat video tentang one team for children's rights atau satu tim untuk hak anak-anak. Video tersebut mengajak seluruh masyarakat di dunia atau anak-anak bergabung dalam tim tersebut untuk memperjuangkan hak anak-anak.

Beberapa diantaranya mulai memberikan edukasi sejak dini, menjaga kesehatan mental anak-anak, saling mendukung, serta tidak ada lagi diskriminasi.

Tidak hanya itu, UNICEF mengajak seluruh anak di dunia untuk bercerita tentang pengalamannya saat dirinya diajak dan dianggap oleh orang-orang sekitar dengan menggunakan hastag #IFeltIncluded. Serta hastga #AkuDiajak dari UNICEF Indonesia.

Salah satunya pengalaman dari Rana dalam kelompok Mitra Muda Bandung yang bercerita melalui akun resmi Tiktok @UnicefIndonesia yang mengatakan dirinya mendapatkan penghargaan anak merdeka award serta mendapat kesempatan mengikuti workshop film di Yogyakarta.

Padahal saat itu dirinya satu-satunya anak SD yang hadir. Mulai dari situlah banyak kesempatan berkarya yang Rana dapatkan.

Melalui video tersebut, kita mendapat tamparan bahwa semua anak memiliki hak yang sama dengan orang dewasa. Bukan berarti anak-anak tidak tahu dan tidak bisa apa-apa.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.