Sukses

Punya Tempo Tak Beraturan, 7 Judul Lagu KPop Ini Usung Genre Musik Noise

Noise music menjadi genre yang tidak jarang diadopsi grup-grup KPop sebagai konsep musik mereka.

Liputan6.com, Jakarta - Noise music menjadi salah satu genre yang tidak jarang diadopsi grup-grup KPop sebagai gaya musik mereka. Genre musik ini tergolong unik, karena memanfaatkan berbagai bunyi benda sebagai instrumen dari lagu yang dibawakannya.

Ketukan iramanya yang tidak beraturan memancing berbagai reaksi dari setiap orang yang mendengarkan genre lagu ini. Dari sinilah asal sebutan 'noise' berasal.

Karena noise music tergolong sebagai sebuah genre, jenis musik ini seharusnya memiliki beberapa karakteristik umum sebuah musik.

Namun, suara dan penampilan dari noise music terlalu tidak konsisten untuk diringkas berdasarkan estetika suara dan bunyinya.

Definisi mengenai genre musik ini dijelaskan oleh David Novak dalam bukunya yang bertajuk 'Japanoise: Music at the Edge of Circulation, melansir www.dukeupress.edu

Menurut Novak, kebisingan dalam genre noise berasal dari sirkulasi gagasan dan artefak budaya, yang muncul dari akumulasi puing-puing tak bermakna yang menyertai semua bentuk komunikasi.

Terkadang sulit untuk mengetahui lagu yang termasuk dalam golongan noise music, jika hanya diperhatikan melalui karaktertistik fisiknya.

Kebisingan dalam musik tersebut tidak akan terdengar sampai hal ini menjadi aspek utama dari suara yang diproses secara teknologi.

Jika memperhatikan generasi KPop selama beberapa tahun terakhir ini, banyak artis dan grup KPop mulai sering mengadopsi suara instrumental agresif dan keras untuk menyesuaikan dengan intensitas dan kekuatan penampilan tarian mereka di atas panggung.

Sebagian orang bisa saja tidak menyukai lagu dengan genre ini, mengingat musiknya tidak memiliki ketukan tempo yang konsisten atau berirama.

Mereka akan menggolongkan musik ini terlalu keras dan berisik. Namun, di sisi lain ada beberapa orang yang menikmati kebisingan yang ada di dalam musik tersebut.

Untuk mengetahui lebih lanjut mengenai noise music, berikut ini daftar lagu KPop terbaik yang mengusung genre musik noise mengutip Soompi, Minggu (20/11/2022):

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 8 halaman

1. Hard Carry - GOT7

Menyesuaikan dengan lagu, GOT7 menampilkan koreografi yang sama beratnya dengan lagu yang mereka bawakan. Hard Carry menunjukkan pertumbuhan GOT7 sejak debut mereka.

Lagu dari boy group KPop generasi ketiga ini telah berkembang jauh dari lagu pertama yang mereka bawakan.

Melalui lagu ini, GOT7 mempertunjukkan kemampuan dan kehebatan mereka, tidak lupa perkembangan mereka di industri KPop dari pemula sampai menjadi senior. Kepercayaan diri ini bisa dilihat melalui lirik lagu yang mereka nyanyikan dan koreografi yang intens.

3 dari 8 halaman

2. DUN DUN - EVERGLOW

Lagu selanjutnya adalah DUN DUN dari girl group KPop EVERGLOW. Lagu ini termasuk sebagai lagu paling berani yang pernah mereka bawakan, dibandingkan dengan beberapa title track mereka sebelumnya.

DUN DUN dirilis sejak Februari 2020 dalam mini album pertama dari EVERGLOW, yaitu Reminiscence.

Selain memiliki lirik pembukaan yang menarik, drop yang muncul saat di pertengahan lagu, membuat lagu ini terkesan meledak saat memasuki chorus.

Bagian chorus jadi terdengar eksplosif dan mereka mengatur unsur tersebut tidak terkesan berulang-ulang, dengan tidak menaruh drop kembali di chorus kedua.

4 dari 8 halaman

3. Bomb Bomb - KARD

Bomb Bomb yang pertama kali dibawakan KARD pada tahun 2019 merupakan lagu eksperimental yang energik dan penuh semangat.

Sejak debut mereka di 2016, KARD telah menarik perhatian penggemar dengan musik bertema tropical house dan dinamika grup mereka yang berbeda dari grup lainnya.

Perilisan single baru KARD yang berjudul Bomb Bomb menunjukkan pergeseran dalam musik mereka. Ini disebabkan KARD sedang berusaha untuk mempertahankan identitas unik mereka di dunia KPop.

Unsur genre musik noise dalam lagu ini terdengar dari suara terompet dan klakson yang menirukan melodi Timur Tengah sebagai instrumental lagu.

5 dari 8 halaman

4. HELICOPTER - CLC

HELICOPTER merupakan lagu trap pop dan EDM Powerhouse, yang dibawakan CLC pada 2020 dan diproduksi oleh Shin Hyuk, sosok produser yang pernah bekerja bersama boy group KPop, EXO.

Lagu ini adalah lagu terakhir yang dibawakan oleh CLC. Selain sarat dengan instrumental yang eksplosif dan ritme yang kuat dan menghentak, lagu ini menampilkan sikap percaya diri CLC yang tak kenal takut.

Single terakhir dari CLC ini menginspirasi para pendengarnya dengan menceritakan, bagaimana mereka menemukan solusi untuk mengatasi rasa keingintahuan terhadap masa depan, dengan cara mereka sendiri.

6 dari 8 halaman

5. Savage - aespa

Dari seluruh lagu eksperimental inovatif dari aespa, Savage yang rilis pada 2021 merupakan salah satu lagu yang paling ikonik.

Mengadopsi suara industri yang berdentak dan blip yang terinspirasi dari video game sangat menonjolkan konsep unik dari aespa.

Single ini melanjutkan jalan cerita dari lagu sebelumnya, Black Mamba. Sesuai dengan konsep video game yang mereka miliki, jalan cerita video klip aespa menampilkan mereka yang berusaha melawan musuh mereka bernama Black Mamba, bersama dengan empat karakter digital dari setiap member.

7 dari 8 halaman

6. Guerilla - ATEEZ

Dalam title track terbaru mereka yang bertajuk "Guerilla", ATEEZ tampil dengan energik dan kekuatan yang menggebu-gebu.

Ini dapat diperhatikan dari musik dan koreografi yang mereka tampilkan saat membawakan lagu ini di atas panggung.

"Guerilla" tergolong sebagai lagu paling agresif yang pernah dirilis baru-baru ini. Perpaduan sempurna antara synth berombak dan petikan gitar rock sebagai instrumental mendukung energi ledakan yang dikeluarkan lagu ini. ATEEZ membuktikan bahwa energi mereka yang riuh dan liar tampak tidak tertandingi.

8 dari 8 halaman

7. Thunderous - Stray Kids

Deklarasi Stray Kids kala membawakan lagu ini telah mewakili konsep utama dari lagu Thunderous yang rilis pada 2021 lalu.

Melewati lagu ini, Stray Kids dengan berani menyanggah keras kebencian yang dilontarkan orang-orang yang tidak menyukai konsep musik mereka.

Grup ini secara terang-terangan menunjukkan konsep musik noise yang telah mereka pilih sebagai ciri khas mereka sejak awal berkarier.

Instrumental di bagian chorus juga tidak seperti yang lain dan berhasil memberikan kesan seperti menaiki wahana rollercoaster yang curam.

Ini bukan pertama kalinya Stray Kids mengusung musik noise dalam lagunya. Ini membuat mereka secara tidak langsung dinobatkan sebagai grup KPop yang ahli dalam menciptakan lagu bergenre noise music.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.