Sukses

Atasi Jerawat dengan Pasta Gigi, Amankah?

Liputan6.com, Jakarta - Desas-desus yang sering beredar mungkin membuat Anda percaya bahwa mengoleskan pasta gigi biasa pada jerawat akan membantu membersihkannya dalam semalam.

Tetapi, meskipun benar bahwa beberapa bahan yang ditemukan dalam pasta gigi dapat mengeringkan kulit dan dapat membantu mengecilkan jerawat, hal ini tidak sebanding dengan risikonya.

Meskipun tidak jelas bagaimana dan dari mana tren ini dimulai, beberapa alasan yang mungkin adalah:

  • Banyak formula pasta gigi yang mengandung bahan kimia yang disebut triclosan yang dapat bekerja untuk membunuh bakteri yang menyebabkan dan memperburuk jerawat.
  • Beberapa bahan yang biasa ditemukan dalam pasta gigi, seperti baking soda, alkohol, dan hidrogen peroksida, diketahui bersifat mengeringkan, yang dapat membantu mengecilkan jerawat.
  • Kandungan mentol dalam pasta gigi dapat mengurangi rasa sakit dan bengkak untuk sementara.

Jadi, percaya bahwa pasta gigi dapat membantu mengatasi jerawat bukanlah hal yang aneh. Namun ada beberapa alasan mengapa Anda tidak boleh menggunakan pasta gigi sebagai pengobatan jerawat Anda.

1. Pasta Gigi Tidak Lagi Mengandung Triclosan 

Sebagian besar perusahaan tidak lagi menggunakan triclosan dalam formula pasta gigi mereka. Menurut US Food and Drug Administration, beberapa pengujian menunjukkan bahwa triclosan dapat berdampak negatif pada hormon tiroid.

Jadi, jika Anda menemukan pasta gigi yang masih mengandung bahan kimia ini dan diaplikasikan pada jerawat mungkin dapat berisiko.

2. Mengiritasi Kulit

Ingat, pasta gigi diformulasikan untuk gigi, bukan permukaan wajah yang sensitif. Meskipun kekuatan bahan kimia dalam pasta gigi aman untuk gigi Anda, pasta gigi bisa jadi terlalu kuat untuk kulit Anda.

"Pasta gigi memiliki (tingkat) pH dasar... dan dapat mengiritasi kulit yang sehat, yang memiliki pH asam alami," kata Dr. Tsippora Shainhouse, seorang ahli dermatologi.

Mengacaukan pH kulit dengan terlalu banyak baking soda dapat menyebabkan ruam dan rasa terbakar.

Sodium lauryl sulfate, bahan lain yang sering ditemukan dalam pasta gigi, mungkin terlalu keras untuk digunakan pada jerawat. Bahan ini diketahui dapat mengiritasi kulit pada beberapa orang, tergantung pada sensitivitas kulit.

3. Merugikan Diri Sendiri

Jika Anda berhasil menghindari iritasi, ada kemungkinan reaksi buruk lainnya. Misalnya, jika kulit Anda menjadi terlalu kering karena menggunakan pasta gigi, itu bisa menyebabkan lebih banyak jerawat.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

2 dari 4 halaman

Apa yang Seharusnya Digunakan?

Sebagai gantinya, meskipun tergoda untuk mengoleskan pasta gigi pada jerawat dalam keadaan darurat, ada alternatif yang lebih baik yang kemungkinan besar sudah Anda miliki.

Produk khusus jerawat seperti yang direkomendasikan Dr. Shainhouse dengan penggunaan produk yang dijual bebas untuk mencegah dan mengobati jerawat.

Dalam kandungan produk khusus jerawat ini biasanya mengandung asam salisilat, benzoil peroksida, dan retinoid topikal.

Anda dapat menemukan produk di toko manapun atau Anda dapat menjumpainya dalam bentuk:

  • Sabun cuci muka
  • Pelembab
  • Masker wajah

Anda juga bisa mendapatkan perawatan spot treatment khusus jerawat yang dijual bebas di toko-toko kecantikan yang dapat Anda oleskan tepat pada jerawat di kulit.

3 dari 4 halaman

Pengobatan Alami

Meski pasta gigi tidak disarankan menjadi obat rumahan untuk mengobati jerawat, kita bisa menggunakan obat rumahan lain, seperti tea tree oil.

Banyak studi yang mennyebutkan manfaat tea tree oil sebagai obat jerawat, termasuk sebuah studi yang diterbitkan di Australian Journal of Dermatology.

Studi ini menyebutkan bahwa tea tree oil efektif mengatasi jerawat ringan atau parah. Kita bisa menggunakan beberapa tetes tea tree oil ke produk perawatan kulit yang biasa kita gunakan lalu mengaplikasikannya langsung ke jerawat sebagai spot treatment.

Selain itu, Dr. Shainhouse mengatakan bahwa kita bisa menggunakan willow bark, bahan alami yang dapat menghasilkan asam salisilat. Lalu, kita juga bisa menggunakan produk dengan kandungan arang, belerang, atau tanah liat.

4 dari 4 halaman

20 Cara Hilangkan Jerawat Secara Cepat dan Alami, Ampuh Tak Berbekas

Ada banyak cara hilangkan jerawat yang bisa Anda coba. Bahkan beberapa di antaranya memiliki proses pemulihan yang cepat hingga menghilangkan bekasnya.

Jerawat sebenarnya adalah masalah wajah yang umum. Artinya, hampir semua orang akan mengalami masalah dengan jerawat. Jerawat umumnya muncul di wajah, namun kadang bisa di telinga atau di punggung. Munculnya jerawat di wajah ini tentu sangat mengganggu penampilan dan mengurangi rasa percaya diri. 

Oleh karena itu, penting untuk mengetahui cara hilangkan jerawat hingga bekas-bekasnya. Sebenarnya ada sejumlah cara hilangkan jerawat yang bisa Anda coba, mulai dari menggunakan produk perawatan hingga memanfaatkan bahan-bahan alami.

Menggunakan produk perawatan mungkin menjadi cara hilangkan jerawat yang cepat. Namun, beberapa orang mungkin tidak cocok dengan produk perawatan wajah tertentu. Jika tidak cocok, alih-alih jerawat hilang, justru yang ada malah bertambah.

Meski demikian, ada bahan alami yang bisa dimanfaat sebagai selah satu cara hilangkan jerawat. Penggunaan bahan alami dianggap lebih aman karena risiko iritasi dan alergi lebih kecil.

Berikut adalah sejumlah cara hilangkan jerawat, seperti yang telah dirangkum Liputan6.com dari berbagai sumber, Rabu (19/10/2022).

Selengkapnya di sini...

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS