Sukses

5 Hal yang Wajib Diketahui Sebelum ke Pemandian Tradisional Jjimjilbang di Korsel

tempat pemandian unik di Korea yang bikin mencengangkan

Liputan6.com, Jakarta - Korea Selatan (Korsel) menjadi salah satu negara yang menarik perhatian individu di penjuru dunia. Banyak tujuan wisata yang bisa dikunjungi turis asing di Negeri Gingseng ini.

Salah satu tempat yang wajib dikunjungi saat ke Korsel yakni pemandian umum khas Korea, seperti Jjimjilbang.

Jjimjilbang merupakan tempat pemandian tradisional Korea yang berukuran besar. Pengunjung yang datang akan menikmati kolam air panas dan dingin, sauna santai dan area pijat dengan suasana yang berbeda.

Di tempat ini, Anda juga bermeditasi, beristirahat dan bersantai dari rutinitas harianmu. Konon, setelah mandi di pemandian tradisional ini bisa meningkatkan sirkulasi darah, mengurangi stres, membersihkan pori-pori di wajah, dan bahkan membantu menurunkan berat badan.

Karena manfaat ini, Jjimjilbang menjadi bagian penting dari ritual kecantikan mingguan kebanyakan orang Korea.

Oleh karena itu, ketahui beberapa hal sebelum Anda datang ke pemandian tradisional Jjimjilbangs, seperti Melansir dari Torntackies, Minggu (30/10/22).

1. Jjimjilbang Terpisah Antara Lawan Jenis

Di tempat ini, Anda tidak akan satu ruangan dengan lawan jenis. Saat memasuki Jjimjilbang, para pria pergi ke satu sisi gedung, sementara para perempuan ke sisi lainnya.

Terdapat dua area berbeda, ada kamar basah dan kering. Di area basah terdiri dari pemandian air panas dan dingin atau disebut jacuzzi, ini dipisah berdasarkan jenis kelamin. Pria sesama pria, dan wanita juga begitu. Mengapa demikian, karena semua orang akan telanjang.

Adapun untuk area kering yang meliputi sauna dan ruang berkumpul. Wanita dan pria bisa di ruangan yang sama dan bercampur untuk menikmati fasilitas ini bersama-sama, dengan mengenakan piyama yang serasi.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

2. Bugil

Saat memasuki area basah (yang dipisahkan berdasarkan jenis kelamin) semua pengunjung diharuskan membuka seluruh pakaian mereka.

Bagi masyarakat di luar Korea, mungkin akan merasa canggung dan risih. Tapi, ini menjadi kebiasaan warga Korea saat berada di pemandian tradisional.

3 dari 5 halaman

3. Dilarang Berisik

Pengunjung yang datang biasanya akan menghabiskan waktu di pemandian tradisional bersama keluarga maupun teman mereka.

Biasanya pengunjung yang datang ke sini untuk sekedar melepas lelah dari aktivitas dan pekerjaan mereka. Tak heran jika di pemandian ini, pengunjung ingin merasakan suasana yang tenang dan santai, sehingga pengunjung dilarang berisik.

4 dari 5 halaman

4. Pastikan Mengemas Barang yang Benar

Meskipun banyak pemandian di Korea yang menyediakan perlengkapan mandi gratis seperti sabun mandi, lotion dan lainnya. Tapi ada baiknya Anda membawa perlengkapan mandi sendiri.

Barang-barang yang perlu dibawa, di antaranya:

- Sampo & kondisioner

- Sabun mandi

- Spons

- Sikat gigi & pasta gigi

- Pembersih muka

- Ikat rambut (Rambut harus diikat ke belakang saat mandi)

- Botol air

5 dari 5 halaman

5. Fasilitas Pelayanan

Jimjilbang memiliki staf dan fasilitas modern untuk pelayanan. Bahkan para staf tidak hanya menggunakan bahasa lokal, tapi mereka juga bisa berkomunikasi dengan bahasa Inggris.

Kelebihan tersebut tentu akan mempermudah turis asing yang datang.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.