Sukses

Seberapa Pentingkah Menggunakan Skincare di Malam Hari?

Perawatan kulit bisa dilakukan pada pagi dan malam hari. Seberapa pentingkah menggunakan skincare di malam hari?

Liputan6.com, Jakarta - Malam hari menjadi penutup dari segala aktivitas yang telah kita lakukan dari pagi hingga sore. Setelah terpapar cahaya matahari, polusi dan debu, tentunya kulit kita membutuhkan perawatan wajah.

Perawatan wajah di malam hari rupanya penting untuk dilakukan. Bahkan, kamu perlu melalui beberapa tahap terlebih dahulu saat melakukan perawatan ini. Mulai dari membersihkan muka dari riasan wajah hingga menggunakan bahan-bahan aktif seperti serum.

Kulit wajah kita layak dimanjakan dengan produk kecantikan yang tepat. Namun, kadang kala bahan aktif yang terkandung tidak bisa digunakan di pagi hari. Hal ini yang menyebabkan beberapa produk hanya bisa digunakan pada malam hari saja.

Sebagian orang memilih untuk merawat kondisi kulitnya demi menjaga dan menghindari penuaan dini. Lalu, seberapa perlukah seseorang menggunakan skincare di malam hari?

Dilansir dari herbaldynamicsbeauty, kegiatan di pagi hari menyebabkan kulit terpapar oleh elemen yang bisa merusak kondisi wajah. Maka dari itu, seseorang perlu menggunakan skincare saat malam hari, karena dapat membantu meregenerasi kulit wajah.

Selain itu, alasan penting kamu harus menggunakan skincare di malam hari yaitu untuk memberikan waktu istirahat bagi kulit setelah lelah berhadapan dengan sinar matahari dan polusi.

Kulit dapat melembapkan secara alami atau yang disebut sebum. Kondisi ini tercipta karena adanya minyak yang diproduksi. Saat pagi hari, kulit akan memproduksi sebum lebih banyak daripada malam hari. Hal ini yang menyebabkan kulit membutuhkan kelembapan ekstra.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Rutinitas Perawatan Diri di Malam Hari

Dilansir dari skinkraft, Selasa (25/10/2022) terdapat beberapa tahapan untuk merawat diri di malam hari yang bisa kamu lakukan sebagai berikut ini:

Bersihkan Makeup

Hapuslah makeup terlebih dahulu sebelum mengaplikasikan skincare di malam hari. Kalian bisa menggunakan micellar water atau penghapus makeup lainnya.

Cuci Muka

Setelah membersihkan makeup, kamu disarankan untuk mencuci muka menggunakan sabun. Pilihlah sabun cuci muka sesuai dengan kondisi kulit dan aplikasikan dari wajah hingga leher.

Gunakan Toner

Gunakanlah toner seusai mencuci muka. Tahap ini mampu menyeimbangkan kadar PH muka setelah terkena sabun cuci muka. Terutama bagi kamu yang memiliki kondisi kulit berminyak, toner akan sangat membantu menjaga kesehatan kulit wajah. Sedangkan, untuk kondisi kulit cenderung kering, kamu perlu menggunakan toner yang bisa melembabkan wajah.

Gunakan Serum

Serum dapat mengatasi berbagai macam masalah kulit wajah yang sedang kamu alami. Sebelum menggunakan serum, kamu perlu mengetahui kondisi kulit wajah terlebih dahulu.

Pelembab

Setelah melalui tahapan di atas, kamu perlu mengunci kelembapan menggunakan moisturizer. Fungsi lain dari moisturizer adalah membantu mengatasi kulit yang bermasalah.

Aplikasikan Krim Mata

Kebanyakan orang sering melewati tahap ini karena merasa moisturizer sudah cukup melembabkan area mata. Kulit di sekitar mata adalah bagian paling tipis dan cenderung lebih cepat mengalami kerutan. Gunakanlah produk mengandung peptide untuk menghidrasi dan mencegah kerutan serta garis halus.

Gunakan Pelembab Bibir

Area bibir cenderung menjadi tempat sarang kotoran dan polusi. Bersihkanlah bibir saat mencuci muka. Selain itu, kamu juga bisa menyikat gigi sekaligus membersihkan area bibir dan keringkanlah bagian tersebut. Setelah itu, kamu bisa mengoleskan lip balm agar bibir terasa lembap sepanjang malam.

3 dari 4 halaman

Perbedaan Skincare Pagi dan Malam

Terdapat perbedaan antara penggunaan skincare pagi dengan malam hari terkait fungsinya masing-masing. Skincare pagi lebih fokus untuk menjaga kulit wajah dari paparan sinar matahari, baik di dalam maupun luar ruangan.

Oleh karena itu, kamu diwajibkan menggunakan produk untuk melindung wajah dari sinar matahari, polusi dan debu seperti sunscreen. Produk lain yang dapat digunakan di pagi hari adalah sabun cuci muka, toner, moisturizer dan sunscreen.

Lalu, bagaimana dengan skincare malam hari? Apakah memiliki fungsi yang sama? Penggunaan skincare pada malam hari merupakan tahap untuk memperbaiki kondisi kulit yang rusak akibat terpapar polusi dan stres. Tahap ini lebih menekankan pada pembersihan kulit wajah dan memberikan nutrisi untuk meregenerasi kulit.

4 dari 4 halaman

Skincare adalah Kunci

Skincare adalah kunci untuk menjaga kesehatan kondisi kulit wajah. Selain itu, mengonsumsi makanan bergizi, seperti sayuran dan buah-buahan dapat membantu memelihara kulit.

Setiap orang tentu mendambakan kondisi kulit yang ideal. Oleh karena itu, kamu perlu memahami permasalahan kulit wajah serta cara mengatasinya. Jika kamu bisa mengenali kondisi kulit yang sedang kamu alami, maka kamu akan mendapatkan kulit wajah yang sehat.

Dilansir dari Skin Center of South Miami, alasan mengapa kondisi kulit bisa sehat dan ideal yaitu bisa didapat dengan cara memakai skincare secara konsisten. Manfaat lainnya juga dapat membantu kondisi kulit agar tetap sehat, kulit tampak lebih muda, mencegah datangnya permasalahan kulit wajah dan meningkatkan rasa percaya diri seseorang.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.