Sukses

Sisi Gelap Film Horor: Eksploitasi Kesehatan Mental dan Merusak

Kamu hobi nonton film horor? Meski seru, kamu perlu tahu bahwa film horor punya sisi gelap yang mungkin mulai hari ini harus kamu waspadai.

Liputan6.com, Jakarta - Film horor dirancang untuk memunculkan emosi dan stigma tertentu. Film horor memberikan pengalaman menakutkan agar penontonnya percaya bahwa kondisi kesehatan mental adalah kekerasan dan berbahaya. Padahal tidak. 

Laporan Healthline yang dikutip Sabtu (22/10/2022) menjelaskan, film horor mengandung trik psikologis yang dapat menciptakan ilusi ketegangan dan bahaya melalui manipulasi gambar, suara, dan cerita.

Hal ini terjadi karena otak kita terus menerus mengantisipasi dan mempersiapkan kita untuk bertindak menanggapi ancaman, dan film horor mengeksploitasi ini dengan mahir untuk meningkatkan kegembiraan kita.

Meskipun film horor mungkin tampak tidak berbahaya, stigma dan stereotip yang biasanya dilanggengkan bisa sangat merusak mental.

Studi secara konsisten menunjukkan hiburan, seperti film horor, dan media berita memberikan gambaran yang sangat dramatis dan terdistorsi tentang penyakit mental yang menekankan bahaya, kriminalitas, dan ketidakpastian.

Karena tidak adanya pengalaman nyata dengan orang dengan gangguan jiwa, banyak orang mengenal gangguan jiwa melalui media massa, seperti film, dan percaya pada persepsi media terhadap penderita gangguan jiwa. 

Sayangnya, mengutip Psycom, film horor secara konsisten dan keliru menggambarkan orang dengan gangguan kejiwaan melalui gambar yang berlebihan, tidak akurat, dan lucu, serta memberikan informasi yang salah tentang penyakit mental.

Hal tersebut mengakibatkan masyarakat umum percaya dengan stigma gangguan kejiwaan yang berbahaya, harus ditakuti, dan dihindari. Seperti yang diceritakan di film-film horor. 

Faktanya penelitian menunjukkan, hanya sebagian kecil dari mereka yang menderita penyakit mental melakukan kejahatan yang berat. 

Film horor tidak hanya salah menggambarkan penyakit, tapi juga mengubah fasilitas medis. Orang-orang jadi takut ke fasilitas medis yang sebenarnya merupakan lingkungan yang aman. 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Penggambaran Negatif

Mental Health Foundation menegaskan, stigma sosial dapat memperburuk masalah kesehatan mental seseorang, membuatnya lebih sulit untuk pulih, dan bahwa "hampir sembilan dari sepuluh orang dengan masalah kesehatan mental mengatakan, stigma dan diskriminasi memiliki efek negatif pada kehidupan mereka." 

Penggambaran kondisi kesehatan mental yang sering kali negatif dan tidak tepat dalam film horor memperkuat kepercayaan dan mitos yang salah tentang penyakit mental.

Kita semua pasti pernah melihat gambar-gambar menakutkan dari bangsal psikologi yang gelap dan kotor. Ada pasien yang berteriak di lorong-lorong dan memanjat dinding untuk keluar. Atau film pembunuhan berantai yang memakai kulit korbannya sebagai pakaian. 

Film-film populer tersebut dapat menyumbangkan kesalahpahaman dan menjadi perusak. 

Di hampir setiap film horor, pembunuhnya digambarkan gila. Pola tersebut sudah mendasar dan tidak hanya menanamkan rasa takut pada penonton, tetapi juga melukiskan gambaran yang berbahaya dan mengganggu tentang seperti apa seseorang dengan masalah kesehatan mental. 

“Dalam film, orang-orang dengan penyakit mental secara harfiah dilihat sebagai monster dan tidak manusiawi. Hal tersebut membuat penonton ketakutan dan kurangnya pemahaman dapat mengeksploitasi ketakutannya dengan menghadirkan narasi di mana individu tersebut mengancam atau menakutkan,” ujar Barry Katz, PhD, seorang psikolog forensik dan klinis di Pusat Psikologi Essex Barat di Livingston, New Jersey, AS.

3 dari 4 halaman

Stereotip Kesehatan Mental Sensasional

Meskipun film horor bertujuan untuk menghibur, masalahnya adalah stereotip negatif seputar gangguan kesehatan mental ini memiliki konsekuensi langsung, yang pada akhirnya berdampak pada persepsi masyarakat tentang mereka yang memiliki gangguan kesehatan mental, kata Katz. 

"Stereotip ini meningkatkan rasa takut dan bahaya yang terkait dengan orang-orang yang memiliki penyakit mental; itu memberi publik alasan untuk takut pada orang-orang ini," Katz memberi penjelasan.  Tentunya, konsekuensinya merugikan. 

"Baru-baru ini, sebuah undang-undang disahkan di New Jersey yang menyatakan bahwa jika seseorang memiliki keinginan untuk bunuh diri, seorang profesional kesehatan mental harus menghubungi polisi," kata Katz. 

Masalahnya adalah, tidak ada dasar yang baik untuk melakukan itu, terutama jika orang tersebut bersedia menerima bantuan.

"Peraturan seperti ini, sebagian merupakan hasil dari stereotip negatif yang diabadikan lewat film-bahwa orang yang memiliki penyakit mental berisiko bagi orang lain. Kenyataannya, penyakit mental tidak dapat memperkirakan bahaya, dan juga tidak berkorelasi secara inheren dengan bahaya,” jelas Katz.

Menanggapi hal tersebut, Michael Damioli, LCSW, CSAT, direktur klinis Colorado Medication Assisted Recovery mengatakan bahwa representasi dalam film dan media sangat penting.

"Ini membantu mendefinisikan pandangan kita tentang dunia. Bagi banyak orang, satu-satunya pengalaman mereka tentang penyakit mental adalah melalui film-film ini," katanya. 

"Orang-orang lebih takut pada hal-hal yang tidak dapat mereka kendalikan. Karena mereka tidak memahami penyakit mental, itu bisa menakutkan. Itulah mengapa mudah untuk membuat film tentang hal itu, "kata Damioli.

Berulang kali, gangguan kesehatan mental tertentu-dan bahkan rumah sakit jiwa-sendiri, digambarkan secara tidak adil dan distigmatisasi di layar lebar.

4 dari 4 halaman

Eksploitasi

Beberapa contoh bagaimana media berkontribusi pada gagasan tentang seperti apa teror yang mengeksploitasi:

Gangguan Kepribadian Ganda: Wajah Kejahatan di Banyak Film

Dalam film horor psikologis Split yang dirilis 2016, misalnya, karakter utama memiliki 24 kepribadian yang berbeda, termasuk kepribadian The Beast, versi mengerikan dari dirinya sendiri dengan kekuatan super dan memiliki kecenderungan kebinatangan. The Beast bahkan digambarkan memangsa para korbannya sebelum membunuh mereka.

"Gambaran ini menunjukkan seseorang dengan gangguan kepribadian ganda yang jahat, berbahaya, dan kejam. Ini memvalidasi ketakutan yang tidak masuk akal dari orang-orang tentang mereka yang memiliki kondisi ini dan memberi mereka alasan untuk merasa takut,” kata Katz memberi penjelasan.

Kenyataannya adalah kebanyakan orang dengan gangguan kepribadian ganda bukanlah orang yang secara inheren melakukan kekerasan, tambah Damioli. 

"Mereka memiliki pekerjaan, dan mereka menjalani hidup mereka, dan tidak ada orang lain yang tahu apa yang mereka hadapi. Di sisi lain, kita memberi label pada orang yang melakukan kekerasan sebagai orang yang sakit jiwa, dan itu juga tidak akurat atau adil," katanya.

Gangguan Kepribadian Antisosial Dan Pembunuh Berantai

Gangguan kepribadian antisosial dan pembunuh berantai adalah istilah klinis untuk sosiopat, kata Damioli. Jika Anda melihat film seperti American Psycho (2000), karakter utama menunjukkan tanda-tanda khasnya: "Dia narsis. Dia neurotik. Dia sangat manipulatif, dan dia tidak memiliki empati terhadap orang lain," katanya.

Dia juga seorang pembunuh berantai yang dengan kejam membunuh banyak korban, dan salah satunya dibunuh menggunakan gergaji mesin.

"Kebanyakan orang yang hidup dengan perilaku antisosial tidak memiliki niat untuk melakukan kekerasan. Faktanya, banyak orang di masyarakat yang cenderung anti-sosial, dari aktor hingga CEO perusahaan Fortune 500. Orang-orang yang berprestasi cenderung lebih manipulatif, tetapi tidak pernah berperilaku kasar atau menyakiti orang lain,” kata Damioli, memberikan penjelasan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.