Sukses

7 Tips Meningkatkan Rasa Percaya Diri Ini Wajib Kamu Coba

Percaya diri dapat merujuk pada rasa percaya pada kemampuan Anda untuk mengendalikan hidup, atau mungkin lebih spesifik pada situasi tertentu.

Liputan6.com, Jakarta Percaya diri adalah perasaan percaya pada kemampuan, kualitas, dan penilaian diri Anda. Penelitian menunjukkan bahwa kepercayaan diri penting untuk kesehatan dan kesejahteraan psikologis.

Percaya diri dapat merujuk pada rasa percaya pada kemampuan Anda untuk mengendalikan hidup atau mungkin lebih spesifik pada situasi tertentu. Misalnya, Anda mungkin memiliki kepercayaan diri yang tinggi dalam bidang keahlian tertentu tetapi merasa kurang percaya diri di bidang lain.

American Psychological Association mendefinisikan kepercayaan diri sebagai keyakinan bahwa seseorang mampu berhasil memenuhi tuntutan tugas. Memiliki tingkat kepercayaan diri yang sehat dapat membantu Anda menjadi lebih sukses dalam kehidupan pribadi dan profesional.

Penelitian telah menemukan, misalnya, bahwa orang yang lebih percaya diri cenderung lebih berprestasi secara akademis. Percaya diri juga dapat berperan dalam motivasi untuk mengejar tujuan Anda. Tingkat kepercayaan diri Anda bahkan memengaruhi cara Anda menampilkan diri kepada orang lain.

Apakah Anda kurang percaya diri dalam satu area tertentu atau berjuang untuk merasa percaya diri tentang apa pun? Lantas bagaimana cara agar menjadi lebih percaya diri? Ada beberapa cara untuk meningkatkan rasa percaya diri, berikut adalah tujuh cara meningkatkan percaya diri melansir Very well Mind, Rabu (19/10/2022).

Bersikap Baik pada Diri Sendiri

Self-compassion adalah memperlakukan diri sendiri dengan kebaikan ketika Anda membuat kesalahan, gagal, atau mengalami kemunduran. Ini memungkinkan Anda untuk menjadi lebih fleksibel secara emosional dan membantu Anda menavigasi emosi yang menantang dengan lebih baik, meningkatkan koneksi Anda dengan diri sendiri dan orang lain.

Sebuah studi tahun 2015 menghubungkan self-compassion dengan self-confidence. Jadi pada saat Anda berada dalam situasi yang menantang, sadarilah bahwa menjadi tidak sempurna atau gagal kadang-kadang adalah bagian dari menjadi manusia. Lakukan yang terbaik untuk menavigasi pengalaman ini dengan belas kasih terhadap diri sendiri.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 6 halaman

Berhenti Membandingkan Diri Anda dengan Orang Lain

Apakah Anda pernah membandingkan penampilan Anda dengan orang yang Anda ikuti di Instagram? Atau mungkin Anda membandingkan gaji Anda dengan penghasilan teman Anda. Teori perbandingan sosial menjelaskan bahwa membuat perbandingan adalah hal yang wajar.

Tapi itu tidak mungkin membantu meningkatkan kepercayaan diri Anda bahkan mungkin memiliki efek sebaliknya. Sebuah studi tahun 2018 yang diterbitkan dalam Personality and Individual Differences menemukan hubungan langsung antara kecemburuan dan cara kita merasa tentang diri kita sendiri.

Secara khusus, para peneliti mencatat bahwa ketika orang membandingkan diri mereka dengan orang lain, mereka mengalami kecemburuan. Dan semakin iri mereka, semakin buruk perasaan mereka tentang diri mereka sendiri.

Maka, ingatkan diri Anda bahwa melakukan hal itu tidak akan membantu. Setiap orang menjalankan perlombaan mereka sendiri dan hidup bukanlah kompetisi.

Jika Anda merasa iri dengan kehidupan orang lain, ada baiknya juga mengingat kekuatan dan kesuksesan Anda sendiri. Buatlah jurnal rasa syukur untuk mengingat dengan lebih baik bidang-bidang dalam kehidupan di mana Anda diberkati. Ini dapat membantu Anda fokus pada kehidupan Anda sendiri dari pada berfokus pada kehidupan orang lain. 

 

 

3 dari 6 halaman

Berlatih Self-Talk Positif

Self-talk yang negatif dapat membatasi kemampuan Anda dan mengurangi kepercayaan diri Anda dengan meyakinkan alam bawah sadar Anda bahwa Anda "tidak dapat melakukanya" sesuatu atau bahwa itu "terlalu sulit" dan Anda "seharusnya tidak usah mencoba." Self-talk yang optimis, di sisi lain dapat menumbuhkan belas kasih diri dan membantu Anda mengatasi keraguan diri dan menghadapi tantangan baru.

Suatu saat mungkin Anda mulai berpikir bahwa Anda tidak punya urusan untuk berbicara dalam rapat atau bahwa Anda terlalu tidak fit untuk berolahraga, ingatkan diri Anda bahwa pikiran Anda tidak selalu akurat. Kemudian temukan cara untuk mengubah pikiran itu menjadi pembicaraan diri yang lebih positif.

Berikut adalah beberapa contoh cara untuk menantang self-talk pesimis dan membingkai ulang pikiran Anda menjadi cara berpikir yang lebih positif, meningkatkan kepercayaan diri Anda di sepanjang waktu:

  • "Saya tidak bisa menangani ini" atau "Ini tidak mungkin bisa" menjadi "Saya bisa melakukan ini" atau "Yang harus saya lakukan hanyalah mencoba."
  • "Saya tidak bisa melakukan apa pun dengan benar" menjadi "Saya bisa melakukan yang lebih baik lain kali" atau "Setidaknya saya belajar sesuatu."
  • "Saya benci berbicara di depan umum" menjadi "Saya tidak suka berbicara di depan umum" dan "Setiap orang memiliki kelebihan dan kekurangan."
4 dari 6 halaman

Merawat Diri

Kiat tentang cara menjadi lebih percaya diri ini didasarkan pada gagasan bahwa sulit untuk merasa baik tentang diri sendiri jika Anda menyalahgunakan tubuh Anda. Ketika Anda mempraktikkan perawatan diri, Anda tahu bahwa Anda melakukan sesuatu yang positif untuk pikiran, tubuh, dan jiwa Anda dan sebagai hasilnya, Anda secara alami akan merasa lebih percaya diri. Berikut adalah beberapa praktik perawatan diri yang terkait dengan tingkat kepercayaan diri yang lebih tinggi:

  • Diet: Makan sehat datang dengan banyak manfaat, termasuk tingkat kepercayaan diri dan harga diri yang lebih tinggi. Ketika Anda mengisi bahan bakar tubuh Anda dengan makanan padat nutrisi, Anda merasa lebih sehat, lebih kuat, dan lebih berenergi, yang dapat menghasilkan perasaan lebih baik tentang diri Anda sendiri.
  • Olahraga: Studi secara konsisten menunjukkan bahwa latihan fisik meningkatkan kepercayaan diri. Misalnya, sebuah studi tahun 2016 menemukan bahwa aktivitas fisik secara teratur meningkatkan citra tubuh peserta. Dan ketika citra tubuh mereka meningkat, mereka merasa lebih percaya diri
  • Meditasi: Lebih dari sekadar latihan relaksasi, meditasi dapat membantu meningkatkan kepercayaan diri dalam beberapa cara. Pertama, ini membantu Anda mengenali dan menerima diri sendiri. Meditasi juga mengajarkan Anda untuk menghentikan self-talk negatif dan memutuskan dari obrolan mental yang tidak membantu yang mengganggu kepercayaan diri Anda.
  • Tidur: Kurang tidur dapat mengurangi emosi Anda. Sebaliknya, tidur berkualitas baik telah dikaitkan dengan ciri-ciri kepribadian positif, termasuk optimisme dan harga diri.

Merawat diri sendiri penting untuk kepercayaan diri. Pastikan Anda mendapatkan apa yang Anda butuhkan untuk merasa baik tentang diri Anda dan kemampuan Anda. 

5 dari 6 halaman

Hadapi Ketakutanmu

Berhentilah menunda sesuatu sampai Anda merasa lebih percaya diri. Salah satu cara terbaik untuk membangun kepercayaan diri Anda dalam situasi ini adalah dengan menghadapi ketakutan Anda secara langsung.

Berlatihlah menghadapi beberapa ketakutan Anda yang berasal dari kurangnya rasa percaya diri. Jika Anda takut akan mempermalukan diri sendiri atau berpikir bahwa Anda akan mengacau, coba saja. Sedikit keraguan diri bahkan dapat membantu meningkatkan kinerja. Katakan pada diri sendiri bahwa ini hanya percobaan dan lihat apa yang terjadi.

Anda mungkin belajar bahwa menjadi sedikit cemas atau membuat beberapa kesalahan tidak seburuk yang Anda pikirkan. Dan setiap kali Anda bergerak maju, Anda mendapatkan lebih banyak kepercayaan diri. Pada akhirnya, ini dapat membantu mencegah Anda mengambil risiko yang akan menghasilkan konsekuensi negatif yang besar.

Lakukan Hal-hal yang Anda Kuasai

Apa yang terjadi ketika Anda melakukan hal-hal yang Anda kuasai? Rasa percaya diri Anda mulai meningkat. Kekuatan Anda menjadi lebih kuat, yang membantu meningkatkan kepercayaan diri Anda. Mengambil pendekatan ini juga memiliki manfaat lain, yaitu dapat meningkatkan kepuasan Anda dengan hidup Anda.

Satu studi menemukan bahwa percaya pada kemampuan Anda untuk membangun kekuatan pribadi Anda cukup terkait dengan tingkat kepuasan hidup. Ini dimulai dengan mengidentifikasi apa kekuatan itu. Kemudian, bekerja untuk membuat mereka lebih kuat dengan terlibat dengan mereka secara teratur.

Jika Anda mahir dalam olahraga tertentu, misalnya, pastikan untuk berlatih atau bermain setidaknya sekali seminggu. Jika Anda mahir dalam tugas tertentu di tempat kerja, cobalah untuk melakukan tugas itu lebih sering. Membangun kekuatan Anda juga dapat membantu Anda membangun kepercayaan diri.

 

 

6 dari 6 halaman

Tahu Kapan Harus Mengatakan Tidak

Meskipun melakukan hal-hal yang Anda kuasai dapat meningkatkan rasa percaya diri Anda, sama pentingnya untuk mengenali situasi yang dapat menyebabkan kepercayaan diri Anda menurun. Mungkin Anda menemukan bahwa setiap kali Anda berpartisipasi dalam aktivitas tertentu, Anda merasa lebih buruk tentang diri Anda daripada lebih baik.

Mengatakan tidak pada aktivitas yang cenderung merusak kepercayaan diri Anda tidak masalah. Tentu saja, Anda tidak ingin menghindari melakukan sesuatu yang membuat Anda merasa tidak nyaman karena ketidaknyamanan sering kali merupakan bagian dari proses pertumbuhan pribadi. Pada saat yang sama, tidak ada yang salah dengan mengetahui batasan Anda dan berpegang teguh pada itu.

Menetapkan batasan sosial dan emosional memungkinkan Anda merasa lebih aman secara psikologis. Ini juga dapat membantu Anda merasa lebih terkendali. Rasa percaya diri, sebagian, adalah perasaan bahwa Anda memiliki kendali atas hidup Anda. Batasan membantu membangun perasaan kendali ini.

Lain kali jika seseorang menyarankan melakukan sesuatu yang Anda tahu akan menurunkan kepercayaan diri Anda, tolak dengan hormat. Anda juga tidak harus menghindari aktivitas itu selamanya. Setelah Anda belajar bagaimana menjadi lebih percaya diri, Anda mungkin merasa cukup kuat untuk mencobanya lagi tanpa merusak kepercayaan diri yang Anda miliki.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.