Sukses

7 Rekomendasi Drakor Bertema Kerajaan Terbaik yang Wajib Kalian Tonton

Berikut ini beberapa rekomendasi drama Korea bertema kerajaan terbaik yang wajib kalian tonton.

Liputan6.com, Jakarta Drama Korea sudah tidak bisa diragukan lagi keseruan ceritanya. Ya, kita semua tahu bahwa drama Korea selalu menyuguhkan beragam jenis cerita menarik terkhusus bagi para penggemarnya. Selain komedi romantis, drama Korea yang juga paling digemari yaitu mengusung tema kerajaan. 

Sebabnya, serial jenis ini tidak hanya bercerita tentang sengitnya perebutan takhta yang amat menegangkan. Kisah cinta manis tidak lupa dimasukkan sebagai bumbu pelengkap agar penontonnya tidak bosan. Dilansir dari berbagai sumber, berikut drama Korea bertema kerajaan terbaik yang wajib kalian tonton:

1. 100 Days My Prince

Drama Korea satu ini dibintangi oleh aktor sekaligus idola K-pop, Do Kyung Soo dari EXO serta artis Nam Ji Hyun. Selaras dengan judulnya, serial ini berkisah tentang kehidupan seorang perempuan biasa yang menghabiskan seratus harinya bersama seorang pangeran.

100 Days My Prince menceritakan tentang Lee Yool (Do Kyung Soo), seorang Putra Mahkota di era kerajaan Joseon. Ia merupakan pribadi yang menjunjung tinggi kesempurnaan dan cenderung suka memerintah. Sang Putra Mahkota pun bahkan membuat sebuah peraturan yang tidak masuk akal, yakni semua perempuan harus menikah sebelum berusia 28 tahun.

Karena sikapnya, banyak pihak yang tidak menyukai Lee Yool dan bahkan mencoba membunuhnya. Untungnya, Lee Yool masih bisa selamat dari percobaan pembunuhan tersebut. Tetapi, ia mengalami amnesia sehingga harus hidup sebagai rakyat jelata tanpa tahu identitas aslinya. Saat menjadi rakyat, dia dipertemukan dengan seorang perempuan sederhana bernama Hong Shim (Nam Ji Hyun).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 7 halaman

2. The Moon Embracing the Sun

Drama ini merupakan serial yang memiliki perpaduan genre unik, yakni fantasi romantis sekaligus bertema kerajaan. Diadaptasi dari novel dengan judul sama, serial yang dibintangi Kim Soo Hyun dan Han Ga In ini mengisahkan tentang kehidupan asmara Raja Joseon dan seorang dukun perempuan.

Dukun bernama Wol tersebut ternyata berasal dari keluarga bangsawan dan sudah diangkat menjadi Putri Mahkota. Namun, ia terjebak karena ada pihak yang berusaha membunuhnya.

Ibu Suri memerintahkan dukun istana, Jang Nok Yeong (Jeon Mi Sun), untuk membunuh Yeon Woo. Dengan kemampuan sihirnya, Nok Yeong membuat Yeon Woo tampak meninggal di hadapan semua orang.

Setelah itu, Yeon Woo dibawa keluar dari Joseon dan dihidupkan kembali. Meski begitu, Yeon Woo kehilangan semua ingatannya dan menjalani hidup sebagai seorang peramal bernama Wol.

Hal tersebut pun membuat Wol harus hidup jauh dari lingkungan kerajaan dan menjadi seorang dukun. Siapa sangka, delapan tahun kemudian, dia pun kembali dipertemukan dengan seorang raja bernama Hwon. Seseorang yang dulu hendak dijodohkan bersamanya.

3 dari 7 halaman

3. Moon Lovers: Scarlet Heart Ryeo

Merupakan salah satu drama Korea bertema kerajaan yang memiliki rating tertinggi semasa tayang. Selain konflik pelik terkait perebutan takhta di masa pemerintahan Goryeo, serial ini pun menampilkan chemistry kuat antara kedua pemain utamanya. Mereka adalah Lee Joon Ki dan IU.

Berkisah tentang Hae Soo (IU), seorang perempuan modern yang tiba-tiba saja melakukan perjalanan waktu dan kembali ke masa kerajaan Goryeo. Di sana, ia pun menjadi penata rias kerajaan dan bertemu dengan seorang ksatria bernama Wang So (Lee Joon Ki) yang memiliki aura menyeramkan.

Kisahnya dimulai saat terjadinya gerhana matahari total. Saat Go Ha-jin (IU) terlihat menangis dan meratapi nasibnya yang apes lantaran sang sahabat tega merebut kekasihnya.

Saat itulah ia melihat seorang anak kecil yang tenggelam di danau. Meski sempat enggan menolong, Ha-jin tiba-tiba meloncat dan langsung menolong anak itu. Namun, ia justru terbawa arus saat gerhana matahari total muncul. Dan, ketika sadar dirinya telah berada di sebuah kerajaan dan terjebak dalam tubuh gadis remaja berusia 16 tahun bernama Hae-soo, yang hidup di zaman Dinasti Goryeo.

4 dari 7 halaman

4. Love in the Moonlight

Dibintangi oleh aktor memesona Park Bo Gum. Bercerita tentang seorang Putra Mahkota bernama Lee Young (Park Bo Gum) yang jatuh cinta pada Hong Ra On (Kim Yoo Jung), seorang pegawai istana perempuan yang menyamar sebagai laki-laki.

Drama Love in the Moonlight yang bergenre romantis dengan sentuhan komedi ini disutradarai oleh Baek Sang Hoon dan Kim Seon Yoon. Love in the Moonlight bercerita tentang cinta terlarang antara seorang pangeran dan pelayan istana. Hong Sam-nom dikenal sebagai laki-laki. Namun, sebenarnya dia adalah seorang perempuan bernama Hong Ra-on (Kim Yoo-jung).

Sejak kecil Ra-on dibesarkan secara normal seperti anak laki-laki. Dia memilih menyembunyikan identitasnya supaya bisa bekerja di istana. Pekerjaannya sebagai penasehat cinta sangat populer. Banyak klien Ra-on yang berhasil mengikuti saran darinya.

Hingga suatu waktu, surat cinta yang ditulis Ra-on membuatnya bertemu dengan Pangeran Hyomyeong, Lee Young. Mereka pun mulai menjalin hubungan. Selain kisah cinta mereka yang rumit karena perbedaan kasta, nyawa Ra On juga terancam karena identitas yang ia sembunyikan.

5 dari 7 halaman

5. Sungkyunkwan Scandal

Drama Korea Bertema Kerajaan tentang Pendidikan berkisah tentang Kim Yun Hee (Park Min Young) yang menyamar menjadi laki-laki. Ia melakukan hal tersebut hanya karena ingin mendapat pendidikan di universitas khusus laki-laki, yakni Sungkyunkwan.

Di sana, dia pun bertemu dengan tiga lelaki tampan. Mereka adalah Lee Seon Joon (Park Yoo Chun), Mun Jae Shin (Yoo Ah In), serta Gu Yong Ha (Song Joong Ki). Mereka merupakan tiga serangkai kampus yang diam-diam sedang memecahkan kasus kejahatan di istana.

Saat melakukan penyelidikan, ternyata mereka malah membongkar jati diri Yun Hee yang ternyata seorang perempuan. Cerita drama Sungkyunkwan Scandal berlatar pada era Dinasti Joseon, ketika para perempuan tak diizinkan mengenyam pendidikan.

Dikisahkan Yun Hee adalah seorang gadis yang cerdas dan mandiri. Sejak ayahnya meninggal, ia menjadi tulang punggung keluarganya. Suatu ketika, penyakit adik laki-lakinya memburuk dan keluarganya terancam diusir karena tak mampu membayar sewa. Di situasi tersebut, Yun Hee nekat menyamar menjadi laki-laki supaya bisa mengikuti ujian nasional yang seharusnya diikuti adiknya.

6 dari 7 halaman

6. Empress Ki

Empress Ki merupakan drama bertema kerajaan yang romantis sekaligus menegangkan paling populer. Terbukti dengan perolehan rating Empress Ki yang berhasil mencapai 26,6 persen selama penayangannya.

Dimainkan oleh Ha Ji Won dan Ji Chang Wook, serial ini menceritaan tentang seorang permaisuri bernama Ki Ha. Ia merupakan seorang pemimpin yang bijaksana sekaligus kejam dan dingin karena membuat sebuah keputusan fatal.

Sementara itu, Empress Ki juga merupakan salah satu serial Korea yang diangkat dari kisah nyata. Diangkat dari kisah permaisuri Ki dari dinasti Goryeo yang memilih menyerang Korea, negaranya sendiri, bersama pasukan Yuan.

Sebelum menjadi ratu, Ki Seung Nyang asal Goryeo menyamar menjadi lelaki. Dia melakukan itu untuk menghindari bahan persembahan perempuan ke Yuan. Dia kemudian hidup bersama para preman hingga akhirnya bertemu Wang Yoo (Joo Jin Mo).

Wang Yoo sebenarnya adalah putra mahkota Goryeo yang tengah menyamar jadi rakyat jelata. Wang Yoo pun membuat persetujuan bersama Seung Nyang untuk menjadi pengikutnya. Identitas putra mahkota tersebut akhirnya terbongkar.

7 dari 7 halaman

7. Hwarang

Hwarang merupakan serial yang diadaptasi dari sejarah Korea. Drama yang dibintangi Park Seo Joon ini diangkat berdasarkan sejarah Korea Selatan di era dinasti Silla.

Mengisahkan tentang kehidupan para ksatria muda dari keluarga elit yang ingin menegakkan keadilan. Mengambil latar zaman Dinasti Silla, sekitar 1,500 tahun lalu. Bermula dari persahabatan Moo Myung dan Mak Moon yang hidup di luar ibukota kemudian nekat masuk untuk mencari keberadaan orang tua dan adik kandung Mak Moon.

Keduanya menyelinap masuk dan menyamar sebagai warga lokal karena adanya peraturan tak seorang pun boleh keluar masuk ibukota pada masa itu. Petaka terjadi saat Mak Moon tidak sengaja melihat Sam Maek Jong, raja muda yang disembunyikan di luar kerajaan untuk melindunginya dari para bangsawan yang berniat merebut takhta.

Bagi yang mengetahui identitas Sam Maek Jong harus dibunuh di tempat demi menjaga kerahasiaan dan keamanan sang raja. Karena itulah, Moo Myung dan Mak Moon pun ditangkap dan dihukum hingga sekarat oleh para pengawal kerajaan. Beberapa waktu, Kerajaan Silla membuka gabungan menjadi ksatria Hwarang. Moo Myung pun mendaftar dengan identitas Sun Woo. Begitu diterima di sekolah Hwarang, Sun Woo yang menyimpan dendam pada raja karena telah menyebabkan kematian sahabatnya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.