Sukses

Tak Boleh Diabaikan, Ini 5 Cara Menjaga Kesehatan Gusi

Liputan6.com, Jakarta Selama ini kebanyakan orang hanya fokus menjaga kesehatan gigi. Namun ada satu lagi bagian di dalam mulut yang sama pentingnya dan perlu Anda rawat yakni gusi. Bila Anda mengabaikan pemeliharaan gusi hal ini dapat memicu radang gusi. Radang gusi atau dikenal gingivitis merupakan radang yang biasanya ditandai dengan memerahnya gusi yang ada di bagian pangkal gigi. 

Lantas, apa yang menyebabkan radang gusi? Radang gusi disebabkan oleh plak dan sisa-sisa makanan yang terkontaminasi dengan bakteri yang menumpuk di sepanjang garis gusi. Radang gusi pun akan memicu gusi Anda bengkak dan mudah berdarah. Kuman dan bakteri penyebab infeksi yang ada di dalam mulut juga berbahaya dan menyebabkan infeksi yang dapat menyebar ke organ lain. Komplikasi seperti ini tentu tak boleh dianggap sepele. 

Edukasi pemeliharaan gusi harus diajarkan sedini mungkin. Gusi layaknya tanah tempat menopang tumbuhan. Kesehatan gusi ikut mempengaruhi gigi yang ada di atasnya seperti kekuatan gigi untuk mengunyah. Bila ingin kinerja gusi yang bagus hingga hari tua, Anda harus melakukan perawatan rutin dan khusus. Yuk, intip sederet cara menjaga kesehatan gusi berikut ini!

1. Sikat Gigi Dua Kali Sehari

Rajinlah untuk menggosok gigi dua kali sehari. Hal ini membantu menghilangkan sisa-sisa makanan yang terperangkap di antara gigi dan gusi Anda. Gosok lidah Anda juga dengan perlahan karena di sana bisa menjadi sarang bakteri. Pilih bulu sikat gigi yang lembut dan pas di mulut Anda. Ganti sikat gigi setiap 3 hingga 4 bulan sekali atau setelah bulu sikat mulai menjumbai. 

**Gempa Cianjur telah meluluhlantakkan Bumi Pasundan, mari bersama-sama meringankan penderitaan saudara-saudara kita di Cianjur dengan berdonasi melalui: rekening BCA No: 500 557 2000 A.N Yayasan Pundi Amal Peduli Kasih. Bantuan akan disampaikan dalam bentuk sembako, layanan kesehatan, tenda, dll. Kepedulian kita harapan mereka.

2 dari 5 halaman

2. Flossing

Flossing adalah teknik membersihkan gigi dengan benang. Teknik ini membantu menghilangkan plak dan sisa-sisa makanan yang sulit dijangkau oleh sikat gigi biasa. Plak dan sisa-sisa makanan harus rajin diangkat mengurangi risiko radang gusi. Lakukan teknik ini sehari sekali. Boleh dilakukan di pagi, setelah makan siang, atau pun di malam hari. 

3 dari 5 halaman

3. Merawat Gigi Secara Teratur

Demi mencegah masalah gusi yang serius, Anda harus merawat gigi secara teratur. Rutinlah untuk menyikat gigi, flossing gigi, atau pun ke dokter gigi Anda untuk menghilangkan karang gigi. Jangan sepelekan masalah gigi dan gusi. Segera minta saran dan penanganan dokter gigi Anda jika muncul masalah terkait gigi dan gusi.

4 dari 5 halaman

4. Berhenti Merokok

Merokok memang dapat memicu berbagai macam penyakit,  termasuk penyakit gusi. Hal ini dikarenakan merokok dapat melemahkan sistem kekebalan untuk melawan infeksi gusi. Selain itu, melansir dari Healthline, merokok dapat membuat gusi Anda sulit sembuh setelah rusak. 

5 dari 5 halaman

5. Gunakan Obat Kumur

Obat kumur membantu mengurangi plak dan mengurangi dan mencegah radang gusi. Konsultasikan dengan dokter gigi Anda mengenai obat kumur yang aman dan sesuai dengan kebutuhan Anda. Perlu diingat obat kumur hanyalah tambahan saja. Hal paling utama untuk membersihkan gigi dengan menyikat gigi dan flossing

Penulis:

Pathrichia Putriani Syamsury

Universitas Multimedia Nusantara

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.