Sukses

5 Jenis Kentut yang Punya Arti Kesehatan di Baliknya

Liputan6.com, Jakarta - Kentut adalah salah satu hal yang paling normal dan alami yang dilakukan tubuh kita. Ini terkait dengan seberapa baik atau buruk sistem pencernaan kita berfungsi dan bisa mengungkapkan banyak hal tentang kesehatan kita secara umum.

Namun, seringkali kentut dianggap jorok dan memalukan. Padahal penting untuk mengeluarkan gas yang tidak perlu atau bisa menyebabkan kembung dan sakit perut.

Banyak yang tak tahu bahwa kentut Anda nyatanya bisa menunjukkan banyak hal lain yang terjadi pada tubuhmu. Oleh karena itu, ketahui beberapa jenis kentut yang bisa mengungkap tentang kesehatan Anda, seperti melansir dari Times of India, Senin (3/9/2022).

1. Sering kentut dan berlebihan

Perut kembung adalah proses biologis yang normal. Sementara beberapa orang kentut hanya beberapa kali sehari, ada juga yang mengalami serangan kentut secara teratur.

Idealnya, kentut dikatakan normal bila Anda melakukannya sekitar 5 hingga 15 kali sehari. Namun, jika lebih sering dan berlebihan, itu bisa menunjukkan hal lain.

Dalam kebanyakan kasus, sering kentut adalah akibat dari minuman berkarbonasi. Soda, cola, minuman keras, bir adalah pelakunya tepatnya. Ini menyebabkan lebih banyak udara untuk menetap di saluran pencernaan, membuat seseorang kentut lebih sering dari biasanya.

Biasanya, perut kembung yang berlebihan bisa disebabkan karena menelan lebih banyak udara dari biasanya atau makan makanan yang sulit dicerna.

Gangguan pencernaan yang berulang atau sindrom iritasi usus besar (IBS) juga bisa menjadi beberapa penyebab lain dari kentut yang berlebihan.

**Gempa Cianjur telah meluluhlantakkan Bumi Pasundan, mari bersama-sama meringankan penderitaan saudara-saudara kita di Cianjur dengan berdonasi melalui: rekening BCA No: 500 557 2000 A.N Yayasan Pundi Amal Peduli Kasih. Bantuan akan disampaikan dalam bentuk sembako, layanan kesehatan, tenda, dll. Kepedulian kita harapan mereka.

2 dari 3 halaman

2. Kentut tidak berbau

Kebanyakan kentut tidak berbau dan menunjukkan bahwa sistem pencernaan sehat.

Kentut yang tidak berbau hanya berarti terlalu banyak udara yang menumpuk di dalam tubuh dan siap untuk keluar. Faktanya, 99 persen kentut terdiri dari gas yang tidak berbau, sedangkan 1 persen sisanya biasanya mengandung belerang.

3. Kentut sangat bau

Jika kentut Anda mulai berbau, berbau seperti telur busuk, ada sesuatu yang sangat salah dengan sistem pencernaanmu.

Entah karena intoleransi makanan, makanan berserat tinggi, tinggi belerang, obat-obatan tertentu dan antibiotik atau bisa jadi lebih serius yaitu infeksi bakteri di saluran pencernaan.

Sesuatu yang biasa seperti sembelit juga bisa menyebabkan kentut yang sangat bau.

3 dari 3 halaman

4. Kentut dengan kembung dan sakit perut

Jika Anda mengalami kembung dan sakit perut terus-menerus disertai dengan kentut, maka itu bisa menjadi tanda toleransi makanan.

Kembung biasanya merupakan gejala khas dari intoleransi makanan atau alergi. Ini bisa menyebabkan produksi gas yang berlebih dan akumulasi gas di saluran pencernaan, yang menyebabkan sering kentut dan kram perut.

5. Sembelit dan kentut

Perut kembung yang sering juga disebabkan oleh sembelit, suatu kondisi di mana seseorang mengalami buang air besar yang tidak nyaman atau jarang.

Ketika seseorang mengalami konstipasi, limbah yang idealnya harus dikeluarkan akan berada dalam jangka waktu yang lebih lama di usus besar, menyebabkan kelebihan gas menumpuk. Hal ini menyebabkan sering kentut.

Para ahli merekomendasikan makan makanan kaya serat, air minum dan banya bergerak untuk meningkatkan pencernaan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.