Sukses

Gejala Hepatitis C yang Tak Boleh Diabaikan, 50% Penderita Tidak Tahu Mereka Mengidapnya

Liputan6.com, Jakarta Hepatitis C adalah infeksi virus yang menyebar melalui darah, menyebabkan peradangan pada hati yang dapat menyebabkan penyakit hati yang serius jika tidak diobati.

Ini adalah virus yang ditularkan ketika darah dari orang yang terinfeksi masuk ke aliran darah orang lain. Kondisi ini tidak menyebabkan gejala yang jelas, dengan sekitar 50% orang yang terinfeksi sama sekali tidak menyadarinya.

“Diperkirakan sekitar 118.000 orang di Inggris menderita hepatitis C kronis pada 2019,” kata NHS.

Badan kesehatan nasional Inggris itu menambahkan: "Anda dapat terinfeksi jika Anda bersentuhan dengan darah orang yang terinfeksi."

Ketika hati meradang dengan hepatitis C, sejumlah kelainan terjadi pada hati. Ini bisa sangat berbahaya karena hati sangat penting untuk kesehatan secara keseluruhan yang membantu:

  • Mengaktifkan enzim untuk membantu berbagai fungsi tubuh
  • Mengubah nutrisi menjadi energi
  • Memproduksi empedu untuk membantu pencernaan
  • Memecah karbohidrat, lemak dan protein
  • Menyimpan besi
  • Mensintesis protein darah dan membantu faktor pembekuan darah

 

Gejala hepatitis C

Banyak orang yang menderita hepatitis C tidak menyadarinya karena mereka tidak memiliki gejala infeksi. Ini dapat berkembang di kemudian hari karena hati mereka menjadi "semakin rusak," menurut NHS.

Hanya satu dari setiap tiga atau empat orang yang memiliki gejala selama enam bulan pertama, yang dikenal sebagai hepatitis C akut. Jika itu berkembang makin parah, berikut adalah beberapa tanda yang harus diperhatikan:

  • Sakit perut
  • Urin berwarna kuning gelap
  • Kelelahan
  • Demam
  • Penyakit kuning
  • Kotoran berwarna terang
  • Kehilangan selera makan.

 

**Gempa Cianjur telah meluluhlantakkan Bumi Pasundan, mari bersama-sama meringankan penderitaan saudara-saudara kita di Cianjur dengan berdonasi melalui: rekening BCA No: 500 557 2000 A.N Yayasan Pundi Amal Peduli Kasih. Bantuan akan disampaikan dalam bentuk sembako, layanan kesehatan, tenda, dll. Kepedulian kita harapan mereka.

2 dari 4 halaman

Hepatitis C dan penyakit hati berlemak

Perlemakan hati sangat umum pada pasien virus hepatitis C. Penelitian terbaru telah mulai menentukan hubungan antara penyakit hati berlemak dan hepatitis C.

“Anda dapat memiliki penyakit hati berlemak dengan sendirinya, atau dapat menyertai infeksi hepatitis C,” kata Konsultan Penyakit Pencernaan.

Ia menambahkan: "Jika Anda menderita hepatitis C, peluang Anda terkena penyakit hati berlemak lebih tinggi daripada mengembangkan penyakit itu sendiri."

Menurut data, sekitar 50% pengidap hepatitis C juga memiliki penyakit hati berlemak. Fibrosis tinggi juga identik dengan kedua kondisi tersebut yang berarti penebalan atau jaringan parut.

Pengobatan hepatitis C

Jika Anda khawatir Anda berisiko mengalami kondisi tersebut, tes laboratorium adalah cara untuk membantu menunjukkan kepada dokter umum Anda jika Anda berisiko.

“Diagnosis hepatitis C dipastikan melalui tes darah,” tambah Konsultan Penyakit Pencernaan.

“Untuk memastikan diagnosis perlemakan hati, dokter Anda mungkin memesan USG atau CT scan untuk mendapatkan gambaran hati.

“Dokter Anda mungkin juga memesan biopsi hati untuk melihat seberapa jauh penyakit ini telah berkembang.”

3 dari 4 halaman

Ini 3 Zodiak yang Bersikap Dewasa Menurut Astrologi, Ada Kamu?

Baik itu menindaklanjuti tanggung jawab Anda atau mengambil jalan yang tinggi ketika Anda benar-benar tidak menginginkannya, menjadi dewasa tidak selalu mudah. Tetapi untuk beberapa tanda zodiak, memiliki tingkat kematangan berpikir datang secara alami, bahkan jika itu membutuhkan pembelajaran dari pelajaran sulit di sepanjang jalan.

Meskipun menjadi orang yang bersikap dewasa sering kali terasa menantang, itu adalah ciri kedewasaan. Lalu, apa saja zodiak yang mampu bersikap dewasa menurut astrologi? Ini dia.

1. Virgo

Virgo masuk akal, terorganisir, dan disatukan - jadi mudah untuk melihat mengapa mereka salah satu yang paling canggih dari kelompok itu. Gadis tanda bumi selalu menemukan kembali diri mereka sendiri dengan niat untuk menjadi versi terbaik dari diri mereka sendiri dan mengharapkan upaya yang sama dari orang-orang di sekitar mereka.

“Virgo juga merupakan tanda pelayanan yang menjadikannya tanda pengorbanan,” Dana DeFranco, astrolog dan co-host dari Allegedly Astrology Podcast mengatakan kepada Bustle. “Tidak ada yang mendewasakan seorang individu seperti harus berkorban, dan hanya orang dewasa yang mampu membuatnya.”

4 dari 4 halaman

2. Capricorn

Rajin dan pekerja keras, Capricorn tidak main-main, terutama dalam hal mencapai tujuan hidup mereka. Dibutuhkan banyak kedewasaan untuk memiliki pengendalian diri yang dimiliki Capricorn, dan mereka dapat berterima kasih kepada penguasa Saturnus mereka - yang mengatur tanggung jawab dan disiplin - untuk akal praktis mereka.

"Capricorn adalah jiwa tua yang kecil," jelas DeFranco. “Ironinya adalah banyak Capricorn mungkin merasa lebih ringan dan kekanak-kanakan setelah kembalinya Saturnus pertama mereka, yang dapat memungkinkan mereka untuk mundur dan membebaskan diri dari beban dan tanggung jawab tertentu.”

3. Aquarius

Ada alasan mengapa tanda-tanda zodiak Aquarius bijaksana melampaui usia mereka - mereka pada dasarnya hidup di masa depan. Sama seperti mereka ingin memajukan masyarakat, zodiak ini berpikiran maju hidup untuk meningkatkan kesadaran kolektif.

"Aquarius memiliki pikiran yang tajam dan selera humor yang menggigit," kata DeFranco. "Di luar lelucon sinis apa pun yang mungkin mereka pecahkan, zodiak ini memiliki kecenderungan untuk menjadi optimis yang sangat bermoral dan rahasia - penanda kedewasaan sejati!"

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.