Sukses

Merokok Dapat Berdampak pada Kesehatan Tulang Anda, Ini Buktinya

Liputan6.com, Jakarta Setiap orang mengetahui peringatan yang tertera pada bungkus rokok yang berbunyi “Merokok merusak kesehatan”. Merokok merupakan masalah kesehatan masyarakat yang utama.

Siapa sangka, ini memiliki efek buruk pada kesehatan tulang juga. Asap tembakau memiliki lebih dari 7.000 bahan kimia dan inhalasi mengurangi kapasitas paru-paru, sehingga menyebabkan berkurangnya toleransi olahraga dan mudah lelah.

Ada bukti yang jelas bahwa merokok mengurangi massa tulang secara keseluruhan dan menyebabkan osteoporosis, sehingga membuat mereka yang merokok rentan terhadap patah tulang pinggul dan tulang belakang dan lebih mungkin untuk sembuh perlahan dari cedera muskuloskeletal.

Dr Prof. Puneet Mishra – Direktur Tambahan & Kepala Unit – Ortopedi, Rumah Sakit Fortis Shalimar Bagh mengungkapkan bahwa selain itu, wanita yang merokok telah terlihat mengalami menopause dini yang semakin menambah risiko osteoporosis mereka yang lebih tinggi.

Lebih lanjut, merokok meningkatkan tingkat radikal bebas dalam tubuh, mengurangi fungsi dan produksi sel-sel pembentuk tulang dan meningkatkan kerusakan tulang oleh berbagai jalur pengaturan hormonal, yang semuanya selanjutnya berkontribusi pada pengurangan massa tulang.

Penting untuk dicatat bahwa asap rokok pertama dan kedua berdampak buruk pada massa tulang, sedangkan berhenti merokok tampaknya membalikkan efek merokok dan meningkatkan kesehatan tulang.

Nikotin, dengan tindakan langsungnya, mengurangi aliran darah ke tulang dan jaringan vital lainnya sehingga mengarah lebih jauh ke osteoporosis dan mengurangi sirkulasi darah perifer di tungkai bawah dan meningkatkan risiko patah tulang.

Nikotin dalam rokok juga memperlambat produksi sel penghasil tulang, yang disebut osteoblas. Kalsium dan Vitamin D sangat penting untuk setiap organ tubuh utama dan tidak hanya tulang. Nikotin mengurangi penyerapan kalsium dari usus, yang diperlukan untuk fungsi seluler vital dan kesehatan tulang.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

2 dari 4 halaman

Perubahan gaya hidup yang perlu dilakukan

Mengingat bukti di atas, selain berhenti merokok, Anda sebaiknya melakukan perubahan gaya hidup yang lebih sehat untuk membalikkan efek buruk dari merokok. Dr Mishra menyarankan perubahan gaya hidup berikut:

  • Berolahraga secara teratur – berjalan, menaiki tangga, latihan beban atau menari – mendorong penggantian tulang yang sehat
  • Makan makanan yang kaya kalsium, yang dapat ditemukan dalam sayuran berdaun hijau, produk susu rendah lemak dan makanan dan minuman yang diperkaya kalsium. Konsumsi suplemen jika Anda tidak mendapatkan jumlah kalsium harian yang disarankan - 1.000 mg untuk pria dan wanita hingga usia 50 tahun, dan 1.200 mg untuk wanita di atas 50 tahun dan pria di atas 70 tahun.
  • Dapatkan cukup vitamin D, yang dibutuhkan tubuh untuk menyerap kalsium. Tubuh membuat vitamin D dari paparan sinar matahari tetapi Anda juga bisa mendapatkannya dari makanan seperti kuning telur, ikan air asin dan hati. Suplemen mungkin diperlukan untuk mendapatkan 600 hingga 800 IU/hari yang direkomendasikan untuk orang dewasa
  • Hindari konsumsi alkohol berlebihan, yang dapat mengganggu penyerapan kalsium dan vitamin D
  • Bicarakan dengan dokter Anda tentang mendapatkan tes kepadatan tulang
3 dari 4 halaman

5 Cara Menyegarkan Napas untuk Cegah Bau Mulut

Bau mulut, juga dikenal sebagai halitosis, mempengaruhi 1 dari 4 orang di seluruh dunia. Sangat penting untuk menjaga kesehatan mulut Anda menjaga mulutnya tetap terhidrasi karena bisa menyebabkan situasi yang tidak nyaman dan kecemasan.

Anda bisa menggunakan beberapa pengobatan alami di rumah untuk menjaga napas Anda tetap segar. Tapi jika ini menjadi masalah yang terus-menerus terjadi padamu, maka disarankan untuk mengunjungi dokter gigimu.

Oleh karena itu, berikut beberapa cara yang bisa dilakukan untuk menyegarkan napasmu, seperti melansir Bright Side, Sabtu (6/8/2022).

1. Jangan lewatkan sarapan

Makan pagi benar-benar menjadi makanan terpenting dalam sehari bagi tubuhmu, termasuk pernapasanmu.

Sebuah penelitian menunjukkan bahwa individu yang tidak sarapan akan mengalami bau mulut lebih banyak daripada mereka yang melakukannya.

Penting untuk makan sarapan sehat yang rendah gula, seperti selada, ape, yogurt, susu dan semua jenis makanan kaya serat.

2. Bernapaslah melalui hidung

Bernapas dari mulutmu bisa menyebabkan bau mulut kronis karena menahan produksi air liur. Itulah mengapa bernapas dari hidung adalah pilihan yang lebih cerdas, karena membantu emmbangun kelembapan di udara yang Anda hirup.

Namun, itu juga memiliki efek samping lain yang bisa berdampak negatif pada kesehatan mulutmu. Ini bisa menyebabkan penyakit gusi, menyebabkan stres, kecemasan dan membuat rahangmu lebih kecil.

Sebuah studi menyimpulkan bahwa bahkan anak-anak bisa mengalami bau mulut jika mereka bernapas melalui mulut.

4 dari 4 halaman

3. Minum air setelah makan makanan yang berbau kuat

Makan makanan yang berbau kuat bisa menyebabkan bau mulut karena bahan kimianya mengalir melalui aliran darah ke paru-parumu, dan, sebagai hasilnya, keluar melalui napasmu.

Namun, selalu ada solusi untuk bau mulut jika Anda memutuskan untuk mengonsumsi makanan tersebut.

4. Floss gigi untuk menghilangkan plak

Meskipun mengunjungi dokter gigi untuk masalah plak Anda bermanfaat, mungkin hanya berguna sementara karena bakteri selalu bisa masuk saat kita makan dan minum.

Itulah mengapa flossing bisa menjadi cara yang baik untuk menghilangkan plak dari gigimu dan mencegah bau mulut, ini membantu menghilangkan semua partikel yang tersangkut di antara gigimu.

Cobalah untuk mempertimbangkan berkumur juga, karena ini bisa menghilangkan bakteri.

5. Singkirkan batu amandel

Batu amandel adalah gumpalan putih kecil yang terletak di amandelmu. Batu amandel hampir tidak terlihat karena tersembunyi di dalam. Kondisi ini menyebabkan bau mulut karena mereka menarik bakteri dan terbuat dari mikroba.

Beberapa cara alami untuk mengatasi masalah ini adalah dengan menggunakan obat kumur bebas zat, kumur cuka sari apel, kumur air asin hangat dan gunakan flosser air bertekanan rendah yang bisa membantu menghentikan pembentukan batu.

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS