Sukses

Kerap Disepelekan, Ruam di Dada Bisa Jadi Tanda Kanker Payudara

Jangan disepelekan bila Anda menemukan ruam dan benjolan tak biasa di dada. Bisa menjadi tanda kanker payudara

Liputan6.com, Jakarta Organ tubuh terbesar—kulit kita—terus bekerja, memperbarui, dan mengirimkan sinyal peringatan tentang berbagai aspek kesehatan kita. Tidak banyak yang sadar, kulit kita dapat memberi tahu kita tentang paru-paru kita, kesehatan jantung kita, dan banyak lagi.

Lesi, benjolan, dan tahi lalat yang berubah warna atau memiliki batas yang tidak teratur adalah gejala kanker kulit yang terkenal. Tetapi jenis masalah kulit lain dapat menandakan kanker di bagian tubuh Anda yang mungkin tidak Anda duga.

Benjolan bukan satu-satunya tanda kanker payudara

Jenis kanker kedua yang paling umum di antara wanita di AS (dengan kanker kulit menjadi yang pertama), kanker payudara juga merupakan penyebab utama kematian akibat kanker di antara wanita di 130 negara di seluruh dunia. Gejala kanker payudara yang paling umum adalah benjolan atau massa baru.

Menurut American Cancer Society: "Massa keras yang tidak nyeri yang memiliki tepi tidak beraturan lebih mungkin merupakan kanker, tetapi kanker payudara juga bisa lunak, bulat, lunak, atau bahkan menyakitkan." Mereka juga mencatat bahwa benjolan payudara juga bisa menjadi gejala kondisi non-kanker, seperti kista atau infeksi.

Tanda-tanda lain dari kanker payudara mungkin termasuk puting yang bocor atau terbalik, serta perubahan ukuran atau bentuk payudara. Tetapi mungkin mengejutkan Anda mengetahui bahwa ruam juga bisa menandakan kanker payudara.

"Penting untuk diingat bahwa sebagian besar ruam yang ditemukan di payudara tidak terlalu mengkhawatirkan," jelas Shelly Beckley, APN, praktisi perawat onkologi dan pimpinan dukungan klinis di Outcomes4Me.

"Saya selalu merekomendasikan wanita untuk menghubungi tim medis mereka setiap kali mereka melihat ada perubahan pada payudara mereka, apakah itu benjolan baru atau ruam kulit."

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

 

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Ruam mungkin mengindikasikan jenis kanker payudara yang sangat agresif

Ruam dapat menandakan banyak kondisi yang berbeda. Infeksi, alergi, sengatan panas, virus, dan stres semuanya dapat menyebabkan ruam—begitu juga kanker payudara.

"Ada dua jenis ruam yang mungkin mengindikasikan kanker payudara," kata Beckley, yang menambahkan bahwa ruam ini mungkin tampak seperti eksim atau jenis ruam lain pada awalnya. "Penyakit Paget pada payudara adalah kondisi langka yang muncul dengan kulit bersisik, menebal di sekitar puting atau areola yang berwarna merah dan gatal. Puting juga bisa menjadi rata atau terbalik," katanya.

Ia mencatat bahwa "biasanya, penyakit Paget didiagnosis bersama dengan kanker payudara."

"Jenis kanker payudara lain yang dapat bermanifestasi dengan ruam adalah kanker payudara inflamasi (IBC)," kata Beckley.

"[IBC] adalah kanker agresif yang dapat memiliki ruam merah kecil atau area iritasi yang mirip dengan gigitan serangga sebagai tanda pertama penyakit."

Beckley memperingatkan bahwa "area kecil ini kemudian dapat menyebar dan menjadi bengkak, nyeri, dan hangat saat disentuh, dan dapat berkembang lebih jauh hingga tampak seperti kulit jeruk (peau d'orange)."

 

 

3 dari 4 halaman

Inilah saatnya menghubungi dokter Anda tentang ruam

"Kami tidak yakin mengapa penyakit Paget terjadi dan mengapa ruam muncul," kata Beckley.

"Kanker payudara yang sering ditemukan bersama dengan penyakit Paget bersifat duktal—karsinoma duktal in situ atau karsinoma duktal invasif—dan satu pemikiran adalah bahwa sel-sel kanker berjalan di dalam saluran susu ke puting dan areola di sekitarnya yang menyebabkan ruam, " dia menjelaskan. Dengan IBC, Beckley mencatat bahwa "kanker tumbuh cukup cepat, dan menyebar ke sistem getah bening di dalam payudara serta kulit, yang menyebabkan ruam."

Beckley merekomendasikan agar wanita mencari nasihat medis ketika mereka melihat adanya perubahan pada payudara mereka, termasuk ruam kulit atau benjolan.

"Jika Anda terlihat mengalami ruam kulit di payudara dan tidak membaik dan sembuh dengan pengobatan, beri tahu tim medis Anda," katanya.

"Perubahan pada puting susu atau nyeri payudara—serta ruam baru atau yang semakin parah—adalah gejala yang harus ditanggapi dengan serius oleh wanita dan berkonsultasi dengan dokter mereka."

 

4 dari 4 halaman

Lakukan skrinning dan pemeriksaan teratur

Karena beberapa gejala kanker payudara tidak selalu terlihat, Beckley menyarankan skrining dan pemeriksaan—dan juga mengenal tubuh Anda. "Rekomendasi terkuat saya adalah untuk menyadari tubuh Anda dan melakukan pemeriksaan payudara sendiri setiap bulan, termasuk melihat payudara Anda di cermin," sarannya.

"Mengetahui bagaimana perasaan payudara Anda dan seperti apa bentuknya akan memungkinkan Anda untuk melihat perubahan dari waktu ke waktu."

Selain itu, waspadai faktor risiko kanker payudara Anda. "Penting untuk mengetahui riwayat kanker keluarga Anda dan apakah Anda mungkin berisiko lebih tinggi terkena kanker payudara," kata Beckley.

American Cancer Society menawarkan pedoman penyaringan; wanita antara usia 40 dan 44 dapat memilih mammogram tahunan, sementara wanita 45-54 harus mendapatkan mammogram setiap tahun. Wanita yang lebih tua dari 55 tahun dapat memilih untuk melanjutkan mammogram tahunan, atau memutuskan untuk melakukannya setiap tahun.

Beckley menyarankan wanita untuk mengikuti pedoman yang direkomendasikan mereka, dan untuk membuat pilihan gaya hidup sehat. "Kesehatan payudara juga memiliki kesamaan dengan kesehatan secara keseluruhan termasuk mengikuti diet sehat, cukup tidur, berolahraga, mengurangi stres, membatasi asupan alkohol, dan tidak merokok," pungkasnya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.