Sukses

4 Amalan Sebelum Tidur yang Diajarkan Rasulullah kepada Fatimah Azzahra

Sebelum tidur, Rasulullah SAW menganjurkan umatnya untuk melakukan 4 amalan ini sebagaimana nasihatnya kepada sang anak, Fatimah Azzahra.

Liputan6.com, Jakarta - Tidur menjadi waktu bagi kita untuk beristirahat setelah seharian berkegiatan. Saat tidur, kita tidak hanya mengistirahatkan badan, namun juga pikiran dari segala penat selama satu hari.

Dalam ajaran Islam, Anda dianjurkan untuk melakukan sejumlah amalan sebelum beranjak ke tempat tidur. Tujuannya agar tidur kita tak hanya berkualitas bagi fisik dan psikis, namun juga mendatangkan pahala bagi yang melakukannya.

Amalan-amalan sebelum tidur juga dijelaskan dalam Alquran dan hadis. Dalam buku Salat & Amalan Fatimah az Zahra oleh Abbas Azizi, terdapat 4 amalan sebelum tidur yang dianjurkan oleh Rasulullah SAW. Sebagaimana dijelaskan dalam hadits Rasulullah SAW yang pernah berkata kepada Fatimah:

“Janganlah engkau tidur sebelum mengerjakan empat hal. Pertama, mengkhatamkan Alquran. Kedua, menjadikan para nabi sebagai pemberi syafaat bagimu. Ketiga, meminta ridha dari semua kaum muslimin. Keempat, melaksanakan haji dan umrah”.

Mendengar hal tersebut, Fathimah bertanya kepada Rasulullah, "Bagaimana mungkin aku melakukan itu semua sebelum tidur?"

Seraya tersenyum, Rasulullah SAW menjawab:

"Bacalah Surat Al Ikhlas tiga kali karena sama halnya dengan mengkhatam Alquran. Kemudian bacakan sholawat untukku agar mendapat syafaat dariku dan para nabi sebelumku. Lalu untuk mendapatkan rasa ridha dari kaum Mukmin maka hendaklah membaca istighfar bagi dirimu, orangtuamu, dan seluruh kaum Muslim. Sedangkan untuk menunaikan haji dan umrah, umat Muslim dapat membaca subhanAllaah walhamdulillaahi walaa ilaaha illa Allahu wAllaahu akbar karena dinilai sama dengan orang yang melakukan haji dan umrah."

Dari hadis di atas, berikut ini empat amalan yang dilakukan agar tidur Anda tanpa gelisah sesuai nasihat Rasulullah SAW kepada Fatimah Azzahra:

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Membaca Surat Al-Ikhlas

Rasulullah menasihati putrinya agar membaca surat Al-Ikhlas sebelum beranjak tidur. Dalam sebuah riwayat disebutkan bahwa membaca surat Al-Ikhlas sebanyak tiga kali, ibarat mengkhatamkan Alquran. Berikut ini adalah bacaan surat Al-Ikhlas:

 

بِسْمِ اللهِ الرَّحْمنِ الرَّحِيْمِ. قُلْ هُوَ اْللهُ أَحَدٌ، اَللهُ اْلصَّمَدُ، لَمْ يَلِدْ وَلَمْ يٌوْلَدْ، وَلَمْ يَكُنْ لَهُ كُفُوًا أَحَدٌ ×٣

Artinya:

"Dengan menyebut nama Allah yang Maha Pengasih lagi Maha Penyayang. Katakanlah (wahai Muhammad): “Dialah Allah Yang Maha Esa. Allah Dzat yang menjadi tumpuan segala permohonan. Ia tidak beranak dan tidak pula diperanakkan. Dan tidak ada siapa pun yang sebanding dengan-Nya" (QS Al-Ikhlas) (3x).

Membaca Sholawat Nabi

Membaca sholawat juga sangat dianjurkan untuk dilakukan sebelum Anda tidur. Rasulullah menjanjikan syafa'at atau pertolongan di hari kiamat bagi umatnya yang rajin bersholawat. Bacaan sholawat yakni:

 

اَللَّهُمَّ صَلِّ عَلَى سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ وَعَلَى جَمِيْعِ الْأَنْبِيَاءِ وَالْمُرْسَلِيْنَ ×٣

"Ya Allah, limpahkan rahmat kepada junjungan kami Baginda Muhammad, semua nabi dan rasul" (3x).

 

3 dari 4 halaman

Perbanyak Istighfar

Amalan sunah sebelum tidur selanjutnya adalah membaca istighfar sebanyak 10 kali, dengan niat memohon ampun untuk diri sendiri, keluarga, dan seluruh kaum Muslimin.

اَللَّهُمَّ اغْفِرْلِىْ وَلِوَالِدَيَّ وَلِجَمِيْعِ الْمُسْلِمِيْنَ وَالْمُسْلِمَاتِ وَالْمُؤْمِنِيْنَ وَالْمُؤْمِنَاتِ

"Ya Allah, ampunilah aku dan kedua orang tuaku, semua kaum muslim laki-laki dan perempuan, dan semua kaum mukmin laki-laki dan perempuan."

Membaca Doa Tasbih Fatimah

Membaca bacaan Tasbih, Tahmid, dan Takbir sebanyak tujuh kali juga dianjurkan sebelum tidur. Bagi siapa yang membacanya, niscaya akan diganjar pahala seperti haji dan umroh.

سُبْحَانَ اللهِ وَالْحَمْدُ للهِ وَلَا اِلَهَ اِلَّا اللهُ وَاللهُ أَكْبَرُ وَلَا حَوْلَ وَلَا قُوَّةَ إِلَّا بِاللهِ الْعَلِيِّ الْعَظِيْمِ ×٧

"Mahasuci Allah, segala puji bagi Allah, tidak ada tuhan selain Allah, Allah Maha besar, tidak ada daya menjalankan ketaatan dan tidak ada kemampuan menghindar dari kemaksiatan kecuali dengan pertolongan Allah yang maha tinggi dan agung" (7x).

4 dari 4 halaman

Bacaan Doa Tidur dan Bangun Tidur

Rasulullah SAW mengajarkan kamu untuk memulai dan mengakhiri sesuatu dengan bacaan doa. Salah satunya yakni mengawali tidur dengan berdoa. Doa ini juga termasuk amalan sebelum tidur sesuai sunnah Rasulullah. Rasulullah bersabda dalam sebuah hadits yang berbunyi sebagai berikut:

"Apabila Nabi shallallahu ‘alaihi wasallam hendak tidur, beliau mengucapkan " Bismikallahumma ahyaa wabismika wa amuut (Dengan nama-Mu, Ya Allah aku mati dan aku hidup)." Dan apabila bangun tidur, beliau mengucapkan "Alhamdulillahilladzii ahyaana ba’da maa amatana wailaihi nusyur (Segala puji bagi Allah yang telah menghidupkan kami setelah mematikan kami, dan kepada-Nya lah tempat kembali)." (HR. Bukhari no. 6324).

 

Doa Sebelum Tidur

 

Bismikallahumma ahyaa wabismika wa amuut

Artinya:

"Dengan nama-Mu ya Allah aku hidup dan dengan nama-Mu aku mati."

 

Doa Bangun Tidur

 Alhamdulillahilladzii ahyaanaa ba'damaa amaatanaa wailaihinnusuur

 

Artinya:

"Segala Puji bagi Allah yang menghidupkan kami sesudah mati/tidur kami, dan kepada-Nya kami kembali." 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.