Sukses

6 Tanda Kamu Orang yang Bahagia Menurut Sains

Liputan6.com, Jakarta Kebahagiaan tidak dapat diukur, tetapi entah bagaimana para ilmuwan berhasil meyakinkan kita. Dengan melakukan eksperimen dan survei, otak besar mereka menemukan beberapa hal kecil yang tidak pernah Anda bayangkan bisa menjadi tanda-tanda orang bahagia.

Berikut ini 6 tanda yang mungkin membuktikan kepada Anda bahwa Anda lebih bahagia dari yang Anda pikirkan. Dihimpun dari Brightside, ini dia.

1. Kamu selalu terlambat

Orang yang selalu terlambat ternyata lebih bahagia dan bahkan hidup lebih lama. Mereka yang terlambat cenderung lebih optimis dengan manajemen waktunya.

Mereka pikir mereka dapat melakukan seribu hal dalam waktu singkat tetapi sebenarnya berakhir terlambat. Orang yang datang terlambat juga lebih tenang dan tidak panik dalam situasi sibuk.

2. Anda bangun lebih awal

Orang yang suka bangun pagi terbukti paling bahagia. Peneliti membandingkan orang yang suka bangun pagi dengan orang yang suka begadang dan menemukan bahwa yang terakhir kurang puas dengan hidup mereka dan memiliki lebih banyak penyakit mental.

Mereka yang bangun pagi umumnya memiliki komponen genetik yang menekan Depresi dan penyakit kronis.

3. Kamu punya saudara perempuan

Para saudara perempuan mendorong komunikasi yang lebih terbuka dalam keluarga, yang mengarah pada ekspresi emosi yang lebih baik. Alasan utamanya mungkin karena anak perempuan lebih mudah membicarakan emosi daripada anak laki-laki.

Selain itu, saudara perempuan meningkatkan keterampilan sosial Anda dan anak laki-laki berkomunikasi dengan anak perempuan lebih baik.

 

**Pantau arus mudik dan balik Lebaran 2022 melalui CCTV Kemenhub dari berbagai titik secara realtime di tautan ini

 

 

2 dari 5 halaman

4. Anda bekerja sebagai penjual bunga atau tukang kebun

Menariknya, toko bunga dan tukang kebun adalah yang paling bahagia dari semua profesi. Bahkan pekerjaan bergengsi dan bergaji tinggi tidak memberikan jumlah kebahagiaan yang sama.

Misalnya, pekerja yang paling tidak bahagia adalah pekerja SDM dan IT, serta bankir.

5. Anda tinggal di Finlandia

Solusi Pembangunan Berkelanjutan Perserikatan Bangsa-Bangsa menulis laporan tahunan di mana kebahagiaan setiap negara dievaluasi. Di antara faktor yang paling penting adalah harapan hidup dan dukungan sosial. Menariknya, Finlandia dinobatkan sebagai negara paling bahagia, dan kepuasan hidup secara keseluruhan lebih tinggi di sana.

6. Banyak makan buah dan sayur

Sebuah penelitian mengungkapkan bahwa partisipan yang meningkatkan asupan buah dan sayur dari 3-4 porsi menjadi 8 porsi per hari lebih bahagia dari sebelumnya. Jumlah kebahagiaan yang mereka dapatkan sama dengan menemukan pekerjaan baru.

3 dari 5 halaman

6 Tanda yang Menunjukkan Tubuh Anda Kekurangan Kalsium

Kekurangan kalsium atau hipokalsemia adalah suatu kondisi di mana tubuh seseorang memiliki kadar kalsium dalam darah yang terlalu rendah. 

Kalsium adalah mineral penting yang membantu tubuh membangun tulang dan gigi yang sehat, itulah sebabnya kadar kalsium yang rendah dapat menyebabkan beberapa masalah kesehatan. Selain itu, kekurangan kalsium dapat meningkatkan risiko osteoporosis dan osteopenia.

Ada banyak faktor yang dapat menyebabkan kekurangan kalsium, yang terutama termasuk tidak mengonsumsi cukup kalsium untuk jangka waktu yang lama. Faktor risiko lain melibatkan usia dan gen.

Selain itu, obat-obatan tertentu, diet yang tidak seimbang atau intoleransi diet terhadap makanan kaya kalsium, ketidakseimbangan hormon pada wanita semuanya dapat menyebabkan kekurangan kalsium.

Penting untuk memahami tanda dan gejala kekurangan kalsium, sehingga Anda dapat mendiagnosisnya lebih awal dan diobati. Konon, berikut adalah beberapa tanda kekurangan kalsium dalam tubuh Anda.

4 dari 5 halaman

1. Kelelahan dan kelemahan ekstrim

Kelelahan bisa menjadi pertanda banyak penyakit. Namun, kadar kalsium yang rendah dalam tubuh juga dapat menyebabkan kelelahan, kelesuan, dan kelemahan yang ekstrem.

Selain itu, seseorang mungkin merasa pusing dan pusing, dan mungkin sulit untuk fokus.

2. Sering kram otot

Jika Anda kekurangan kadar kalsium yang cukup dalam tubuh, Anda mungkin mengalami kram otot secara tiba-tiba dan nyeri pada hamstring atau betis. Kejang otot umum terjadi pada defisiensi kalsium dan dapat menyerang kapan saja, bahkan saat tidur.

3. Osteopenia dan osteoporosis

Kadar kalsium yang rendah juga dapat menyebabkan gangguan seperti osteoporosis, yang juga disebut tulang rapuh. Osteopenia juga merupakan kondisi tulang yang merupakan bentuk osteoporosis yang lebih ringan.

Kedua kondisi ini berhubungan dengan hilangnya kepadatan mineral tulang (BMD) yang menyebabkan tulang melemah.

5 dari 5 halaman

4. Masalah kulit dan kuku rapuh

Dalam menilai kesehatan kita, kulit dan kuku kita dapat banyak membantu.

Kulit kering, terkelupas dan kuku rapuh bisa menjadi gejala kekurangan kalsium. Ketika tubuh Anda memiliki kadar kalsium yang rendah dapat membuat kulit Anda terlihat kering dan kusam, sementara kuku Anda lebih tipis, lemah, dan rapuh.

Masalah kulit mungkin sering terjadi dengan rasa gatal. Selain itu, hipokalsemia juga merupakan faktor risiko psoriasis dan eksim.

5. Masalah gigi

Kalsium tidak hanya merupakan mineral penting untuk tulang kita tetapi juga untuk gigi kita. Ini membantu meningkatkan kesehatan gigi kita, itulah sebabnya kekurangan kalsium dapat menyebabkan kerusakan gigi dan penyakit gusi.

6. Detak jantung tidak teratur

Sementara kadar kalsium darah yang normal mempertahankan detak jantung yang normal, kadar kalsium yang rendah telah dikaitkan dengan polarisasi dan depolarisasi sel-sel jantung, yang dapat menyebabkan aritmia jantung yang dapat mengancam jiwa bagi sebagian orang.