Sukses

Psikolog Ungkap 9 Keterampilan Penting untuk Menyelamatkan Hubungan

Berikut ini keterampilan penting yang harus Anda miliki untuk menyelamatkan hubungan

Liputan6.com, Jakarta Guy Winch, psikolog keluarga yang telah membantu pasangan selama lebih dari 20 tahun, berpendapat bahwa kebahagiaan dan kepuasan dalam suatu hubungan bergantung pada tiga faktor utama. Lebih dari itu, faktor-faktor tersebut tidak bersifat naluriah dan memerlukan pembelajaran dan persiapan.

Keterampilan harus dikembangkan yang membutuhkan banyak latihan. Winch juga berbicara tentang kebiasaan lain yang membantu pasangan tetap puas dengan hubungan asmara mereka selama bertahun-tahun. Kebiasaan-kebiasaan apa itu? Dihimpun dari Brightside.me, ini dia.

1. Kasih sayang

Belas kasih adalah kemampuan untuk membayangkan diri Anda dalam posisi orang lain dan memberi mereka umpan balik: mendukung mereka atau menghibur mereka, sedih atau bahagia bersama.

Setelah Anda hidup beberapa tahun dengan seseorang, Anda mungkin berpikir bahwa Anda saling mengenal dengan baik. Namun, ini bisa menjadi hambatan dalam cara Anda mengembangkan empati satu sama lain dalam hubungan.

Untuk menghindari kesalahan ini, latihlah welas asih Anda. Cobalah menempatkan diri Anda di tempat orang lain. Tutup mata Anda, dan, dengan mempertimbangkan karakter orang tersebut dan keadaan yang mereka hadapi, coba bayangkan bagaimana perasaan mereka.

Lupakan pendapat Anda tentang masalah, cobalah untuk memahami emosi orang lain. Ini akan memungkinkan Anda menunjukkan empati yang sangat penting untuk hubungan yang bahagia dan sehat.

 

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

2. Pemahaman emosional

Jenis poin sebelumnya mengarah ke yang satu ini. Maksud kami, penting untuk tidak hanya menempatkan diri Anda di posisi orang lain ketika mereka dalam masalah, tetapi juga selama pertengkaran sengit di antara Anda berdua.

Tentu saja, selama pertengkaran, sangat sedikit orang yang pernah berkata: "Anda berhak merasa seperti ini, dan saya mengerti itu." Tampaknya perkataan itu hanya memperburuk keadaan, tetapi tidak. Kata-kata ini dapat memiliki efek ajaib.

Pasangan Anda akan menyadari bahwa Anda memahami perasaan mereka dan meskipun Anda kesal, Anda menerima apa yang mereka rasakan. Kesadaran ini menyebabkan perasaan lega dan melupakan emosi negatif.

3. Perhatian dan kesopanan

Kita semua memiliki kecenderungan untuk meremehkan pentingnya tindakan kesopanan dan perhatian kecil. Lingkaran setan sering muncul dalam hubungan: satu pasangan menunjukkan bahwa mereka kesal, yang lain melakukan hal yang sama, dan semuanya mengarah ke konflik serius.

Dalam hal ini, perhatian, seperti buket bunga, sebatang cokelat favorit, makan malam yang lezat, atau pelukan, dapat membantu menghilangkan dan memecahkan lingkaran.

Tentu saja, perhatian dan kesopanan tidak dapat memperbaiki situasi seperti ini jika Anda membuat seseorang menderita. Tetapi jika situasinya belum terlalu buruk, jangan abaikan taktik ini.

 

 

3 dari 5 halaman

4. Kemitraan

Beberapa pasangan menjadi begitu terbiasa satu sama lain sehingga mereka mulai memperlakukan satu sama lain seperti teman sekamar. Dan setiap orang mulai menjalani kehidupan mereka sendiri.

Dalam situasi ini, beberapa orang sering mengabaikan pendapat pasangannya saat mengambil keputusan. Dan ini adalah hal terburuk yang dapat Anda lakukan.

Pendekatan ini kemungkinan besar akan menyebabkan seringnya pertengkaran dan putus. Untuk menghindari hal ini, Anda harus membuat keputusan penting dengan mempertimbangkan pendapat pasangan Anda. Karena keputusan ini kemungkinan besar akan memengaruhi kehidupan Anda dan pasangan.

5. Spekulasi

Jangan mencoba membaca yang tersirat ketika pasangan Anda memberi tahu Anda sesuatu yang netral atau bahkan baik. Dengan cara ini Anda meningkatkan konflik yang tidak ada. Atau konflik yang hanya ada di kepala Anda.

Jangan berspekulasi dalam situasi apa pun, tanyakan langsung kepada pasangan Anda tentang apa yang sebenarnya mereka maksudkan.

 

4 dari 5 halaman

6. Tidak saling menerima begitu saja

Semua hubungan membutuhkan batasan, batasan, dan tanggung jawab. Dan Anda tidak boleh menganggap remeh segala sesuatu dalam suatu hubungan.

Untuk memastikan bahwa kedua pasangan puas dengan suatu hubungan, mereka perlu mengusahakannya, belajar berbicara, belajar memecahkan masalah, dan membuat kompromi. Jangan anggap remeh kata-kata atau tindakan pasangan Anda. Kemudian, pasangan Anda akan melakukan hal yang sama untuk Anda.

7. Kebahagiaan

Banyak orang berpikir bahwa orang yang mereka cintai bertanggung jawab atas rasa kepuasan mereka. Ini hanya sebagian benar. Fondasi kebahagiaan Anda bukanlah orang lain, itu Anda. Jika Anda tidak bahagia dengan hidup Anda sebelum hubungan itu, maka hubungan itu hanya dapat memperbaiki situasi untuk sementara. Dan setelah itu, emosi masa lalu Anda akan kembali.

Jangan berpikir bahwa pasangan Anda bertanggung jawab untuk ini. Anda adalah arsitek kebahagiaan Anda. Hanya ingat itu.

 

5 dari 5 halaman

8. Bersyukur

Beri tahu pasangan Anda betapa bersyukurnya Anda setiap ada kesempatan. Anda mungkin tidak percaya ini, tetapi kata-kata ini ajaib. Pasangan Anda akan merasa bahwa dia berguna, dibutuhkan, dan menyadari bahwa Anda benar-benar berpikir demikian.

Dan Anda mungkin akan lebih sering mendengar kata "terima kasih", bukan hanya untuk sesuatu yang besar, tetapi bahkan untuk hal-hal yang normal.

9. Bergosip

Jangan pernah mengatakan hal buruk di belakang pasangan Anda. Bahkan kemungkinan besar dia tidak akan mengetahuinya dan menjadi marah. Masalahnya adalah cepat atau lambat Anda mungkin akan menyelesaikan masalah, tetapi ibu Anda atau teman-teman Anda yang Anda keluhkan akan mengingat kata-kata buruk yang Anda katakan.

Dan jujur ​​saja, Anda mengatakan kepada mereka untuk mendapatkan dukungan, dan saat ini tidak masalah apakah itu benar atau salah.

Bijaksana lah. Diskusikan masalah dalam hubungan Anda dengan pasangan, jangan bicarakan kekurangan yang Anda berdua miliki saat pertengkaran sengit, tetapi hanya saat Anda tenang. Dalam hal ini, kemungkinan Anda akan bahagia bersama untuk waktu yang lama jauh lebih tinggi.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.