Sukses

Alami Efek Samping Vaksin Covid Langka, Wanita Ini Meninggal Akibat Pendarahan Otak

Wanita ini mengalami efek samping Covid yang jarang terjadi hingga mengakibatkan pendarahan otak

Liputan6.com, Jakarta Seorang wanita yang terserang sakit kepala yang menyiksa beberapa hari setelah mendapatkan vaksin Covid, meninggal segera setelah terjadi pendarahan otak yang disebabkan oleh efek samping yang jarang terjadi.

Kim Lockwood, 34, dilarikan ke Rumah Sakit Rotherham, di South Yorkshire, delapan hari setelah menerima vaksin Covid-nya pada Maret 2021 setelah mengeluh sakit kepala yang parah.

Menurut laporan BBC, sang ibu meninggal segera setelah pendarahan otak yang disebabkan oleh efek samping yang jarang dari vaksin Covid. Koroner South Yorkshire Nicola Mundy mengatakan Nyonya Lockwood "sangat tidak beruntung".

Nyonya Lockwood mengeluh sangat kesakitan "kepalanya terasa seperti akan meledak", menurut suaminya Damian. Kata-kata terakhirnya kepada ayahnya Wayne Merrill adalah bahwa sakit kepalanya "benar-benar membunuhnya."

 

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

 

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

Kematian akibat efek samping vaksin

Koroner mencatat penyebab kematian sebagai Vaccine-Induced Thrombotic Trombocytopenia (VITT) di pengadilan koroner Doncaster.

Sementara sedikit yang diketahui tentang hubungan antara tusukan Covid-19 dan VITT pada saat kematian Nyonya Lockwood, koroner mengatakan kondisi ini lebih dikenal sejak peluncuran vaksin Covid.

Trombosis terjadi ketika gumpalan darah menyumbat pembuluh darah Anda. Dalam kasus Nyonya Lockwood, kondisi tersebut memicu pendarahan di otak yang berakibat fatal.

 

3 dari 5 halaman

Sangat jarang terjadi

Efek samping khusus ini diyakini "sangat jarang", dengan angka Pemerintah Inggris menunjukkan hanya ada 78 kematian dan 437 kasus kejadian tromboemboli.

Statistik ini diperoleh setelah 24,9 juta dosis pertama dan 24,2 juta dosis kedua vaksin AstraZeneca telah diberikan.

Bukti menyatakan bahwa kejadian kejadian tromboemboli tampaknya lebih tinggi pada wanita dibandingkan dengan pria.

Tetapi pemerintah setempat menambahkan bahwa ini tidak terlihat di semua kelompok umur. Perbedaannya juga cukup kecil.

“Sarannya tetap bahwa manfaat vaksin lebih besar daripada risiko pada sebagian besar orang,” mereka menyimpulkan.

 

4 dari 5 halaman

Segera memeriksakan diri bila alami efek samping tak biasa

Siapa pun yang mengalami indikator VITT empat hingga 42 hari setelah divaksinasi didesak untuk mendapatkan "evaluasi medis mendesak".

Dalam kasus Nyonya Lockwood, dia juga mengalami penglihatan kabur dan muntah, serta kehilangan kemampuan untuk merumuskan kalimat lengkap.

Yang terakhir dari gejala ini, yang muncul keesokan harinya, mendorongnya untuk kembali ke rumah sakit, setelah meninggalkan UGD sehari sebelumnya karena menunggu lama.

Pemeriksa mengatakan pemindaian MRI seharusnya diatur lebih cepat untuk Kim tetapi mengatakan ini masih tidak akan menyelamatkan nyawa pasien, karena sifat pendarahan yang "tiba-tiba dan bencana".

Rumah Sakit Rotherham NHS Foundation Trust mengatakan lebih banyak yang diketahui tentang hubungan antara vaksin dan VITT dan pelajaran telah dipetik setelah kematian Nyonya Lockwood.

5 dari 5 halaman

Infografis

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.