Sukses

6 Manfaat Memelihara Anjing yang Terbukti Secara Ilmiah

Banyak individu bahkan menganggap anjing mereka bukan hanya sekadar hewan peliharaan, namun juga bagian keluarga.

Liputan6.com, Jakarta - Anjing menjadi salah satu hewan yang banyak dipilih individu sebagai peliharaan di rumah. Banyak individu bahkan menganggap anjing mereka bukan hanya sekadar hewan peliharaan, namun juga bagian keluarga. 

Pelihara anjing juga ternyata memiliki banyak manfaat. Hal tersebut diungkap banyak penelitian yang menunjukkan bahwa memiliki anjing sebagai hewan peliharaan sangat bermanfaat bagi kesejahteraan, penampilan dan harapan hidup seseorang. 

Berikut beberapa manfaat lainnya memelihara anjing, seperti melansir dari Bright Side, Senin (21/2/2022).

 

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 7 halaman

1. Membuatmu terlihat 10 tahun lebih muda

Memiliki seekor anjing bisa membuatmu lebih sehat dan bugar, tapi para peneliti telah menemukan cara lain untuk mengukur dampak positif mengadopsi seekor anjing terhadap kehidupan seseorang. 

Mereka menemukan bahwa individu berusia di atas 65 tahun yang memiliki anjing terlihat 10 tahun lebih muda dari usia mereka yang sebenarnya.

 

3 dari 7 halaman

2. Menurunkan risiko penyakit kronis

Menurut statistik, pemilik anjing yang mengajak anjingnya jalan-jalan secara teratur sepertiga lebih kecil kemungkinannya untuk mengidap diabetes. 

Selain itu, penelitian menunjukkan bahwa jika anak-anak dari keluarga dengan alergi tumbuh dengan anjing peliharaan sejak lahir, mereka cenderung mengembangkan eksim dan asma.

 

4 dari 7 halaman

3. Membuatmu tetap bugar

Pemilik anjing ternyata harus mengajak hewan peliharaannya itu berjalan-jalan setiap hari. Sebuah penelitian menunjukkan bahwa memiliki anjing membuatmu berjalan 22 menit lebih banyak per hari.

Sedangkan penelitian lain menemukan bahwa peluang pemilik anjing mencapai tujuan kebugaran mereka lebih tinggi daripada individu yang tidak memiliki anjing.

 

5 dari 7 halaman

4. Menurunkan tingkat stres

Penelitian telah menunjukkan bahwa memiliki hewan peliharaan bisa membantumu melawan stres sehari-hari dan meningkatkan suasana hati pemiliknya. 

Selain itu, penelitian lain menunjukkan bahwa menyentuh, membelai atau memeluk hewan bisa dengan cepat menenangkanmu jika Anda merasa cemas atau stres.

 

6 dari 7 halaman

5. Bisa melepaskan hormon bahagia

Berada di sekitar anjing bisa membantumu melepaskan hormon yang membuatmu bahagia, seperti oksitosin, serotonin dan dopamin. 

Hormon-hormon ini diketahui membuatmu bahagia, bebas stres dan awet muda.

 

7 dari 7 halaman

6. Memperpanjang harapan hidup

Studi menunjukkan bahwa pemilik anjing rata-rata hidup lebih lama daripada yang tidak memilihara anjing. 

Apalagi jika mereka hidup sendiri, mereka seringkali pulih lebih cepat dari krisis kesehatan yang serius, seperti serangan jantung atau stroke, berkat teman berbulu mereka.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.