Sukses

Ini Dia, Obat Jantung di Sekitar Kita

Penyakit jantung merupakan salah satu penyakit yang paling banyak memakan korban jiwa. Penyakit ganas yang satu ini biasanya disebabkan oleh pola hidup yang tidak sehat.

Citizen6: Penyakit jantung merupakan salah satu penyakit yang paling banyak memakan korban jiwa. Penyakit ganas yang satu ini biasanya disebabkan oleh pola hidup yang tidak sehat. Misalnya, kurangnya olahraga, makanan yang mengandung banyak kolesterol, kebiasaan merokok dan minum-minuman beralkohol, semuanya itu dapat menimbulkan penyakit jantung. Jika biasanya penyakit jantung identik dengan pengobatan yang mahal, sekarang hal itu mungkin tidak lagi berlaku. Berikut ini adalah lima obat jantung murah meriah disekitar anda.

1. Daun Bambu

Bambu memang tanaman dengan banyak sekali manfaat, tapi biasanya kita hanya menggunakan batang bambunya saja. Namun sebuah penelitian di China menunjukkan bahwa ternyata bamboo mengandung senyawa bernama flavonoid. Flavonoid ini dapat bekerja untuk memperbaiki sistem mikrovaskular bagi penderita penyakit jantung dan juga dapat memperbaiki fungsi trombosit dan peredaran darah di jantung.

2. Cacing Tanah

Ya, hewan yang terkenal menjijikan ini ternyata memang dapat mengobati penyakit jantung. Dalam berbagai penelitian cacing tanah telah terbukti dapat menurunkan kadar kolesterol dalam tubuh. Hal ini dikarenakan adanya khasiat anti bakteri dari protein yang dihasilkan dari ekstraksi cacing tanah yang dapat menghambat pertumbuhan bakteri gram negatif Escherichia Coli, Shigella Dysenterica, Staphilococcus Aureus, dan Salmonella Thyp. Selain itu cacing tanah juga dapat menurunkan darah tinggi.

3. Buah Manggis

Bukan hanya rasanya yang lezat, ternyata buah manggis ini mempunyai banyak sekali manfaat bagi tubuh kita. Dalam suatu penelitian buah manggis terbukti menjadi buah dengan kandungan antioksidan terbesar yaitu, 20.000 ORAC sedangkan jeruk mempunyai nilai 2400 ORAC per 100 oz.

Kandungan antioksidan yang besar inilah yang membuat manggis dapat menjadi obat bagi penyakit jantung. Saat kita mengkonsumsi manggis, antioksidan di dalamnya akan masuk ke dalam tubuh kita dan mengikat radikal-radikal bebas yang ada dalam pembuluh darah kita. Jika sudah begitu, peredaran darah kita akan menjadi lancar dan darah kita juga akan bersih.

4. Alang-alang

Tentu banyak dari kita yang sudah tahu bagaimana bentuk dan rupa tanaman yang satu ini. Tanaman alang-alang memang tergolong sebagai tanaman yang mudah dijumpai. Biasanya tanaman ini hidup di tanah-tanah lapang di sekitar kita namun, jangan salah alang-alang ini punya banyak manfaat.

Dalam rimpang alang-alang terkandung imperanene yang ternyata mempunyai efek menghambat agregasi trombosit (sel pembeku darah) sesuai hasil penelitian para ahli dari universitas di Jepang. Efek menghambat agregasi trombosit ini sama dengan efek yang ditimbulkan oleh asetosal (asam asetil salisilat) yang digunakan untuk mencegah pembekuan darah pada penderita infark jantung.

Cara menggunakan alang-alang sebagai obat penyakit jantung adalah menggunakan 100 gram akaralang-alang, 100 gram akar teratai, 25 gram jamur kuping hitam, 25 gram jamur hioko, dan 25 gram jamur putih kering direbus dengan 800 cc air hingga tersisa 200 cc, saring dan arinya diminum.

Itulah obat-obat jantung nan murah di sekitar kita. Tapi walau bagaimana pun, mencegah suatu penyakit tetap lebih baik daripada mengobatinya. Pola hidup sehat dengan rajin berolahraga dan memakan makanan yang sehat adalah kuncinya. (Victorius Paskah/YSH)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.