Sukses

4 Hal yang Akan Terjadi Jika Malas Ganti Pakaian Usai Berpergian

Liputan6.com, Jakarta - Saat Anda kembali ke rumah setelah melakukan aktivitas bekerja atau lainnya di luar rumah, Anda sering sangat lelah sehingga tidak punya energi untuk mengganti pakaianmu. 

Namun, tahukah Anda bahwa kebiasaan tersebut malah akan membuatmu mengalami masalah kesehatan dan juga bisa mengganggu penampilanmu.

Berikut beberapa hal yang akan terjadi jika Anda tetap mengenakan pakaian yang digunakan selama aktivitas di luar rumah, seperti melansir dari Bright Side, Jumat (26/11/2021).

 

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

2 dari 5 halaman

1. Tidak baik untuk pembuluh darahmu

Skinny jeans favoritmu pasti bisa membuat penampilanmu lebih keren. Namun, jika Anda tidak melepaskannya saat kembali ke rumah, itu tidak baik untuk kesehatanmu. 

Pakaian yang kita kenakan saat pergi jauh lebih ketat daripada pakaian rumah yang nyaman dan bisa berdampak negatif pada sirkulasi darahmu.

Pakaian yang ketat bisa memperlambat aliran darah dan jika Anda memakainya terus-menerus, hal itu bisa membahayakan pembuluh darahmu.

 

3 dari 5 halaman

2. Anda bisa membawa bakteri ke dalam rumah

Meski Anda tidak bisa sakit hanya dengan mengenakan pakaian yang sama sepanjang hari, masih ada kemungkinan Anda membawa kuman ke rumah yang bisa menyebabkan berbagai infeksi. 

Beberapa bakteri ini termasuk Acinetobacter yang memicu infeksi pernapasan dan Staphylococcus aureus yang bisa menyebabkan peradangan di berbagai bagian tubuh dan yang kebal terhadap banyak obat.

4 dari 5 halaman

3. Menyebabkan jerawat tubuh

Jika Anda memiliki jerawat yang mengganggu di bahu atau punggung, Anda perlu memperhatikan cara Anda berpakaian. 

Meski pakaian yang terbuat dari kain sintesis lebih terlihat menarik, tapi pakaian tersebut tidak membuat kulitmu bernapas dan menahan panas ke tubuh. Itu yang menyebabkan jerawat muncul di tubuhmu. 

Jika jerawat muncul di leher atau dadamu, Anda mungkin memiliki kebiasaan mengenakan pakaian olahraga saat berada di rumah. 

Padahal, pakaian atletik dirancang untuk membuatmu nyaman saat berolahraga, tapi jika Anda tidak melepasnya setelah olahraga, itu bisa menyebabkan pori-pori tersebut dan komedo.

5 dari 5 halaman

4. Menyebabkan masalah perut

Pakaian ketat yang menekan ke pinggangmu bisa menyebabkan masalah kesehatan yang jauh melampaui ketidaknyamanan. 

Pakaian yang menekan perut bisa memicu berbagai masalah pencernaan, termasuk refluks asam, salah satu keluhan usus yang paling umum. Jika Anda tidak bisa melepaskan pakaian ketat favoritmu, cobalah untuk tidak memakainya setiap hari dang anti dengan sesuatu yang nyaman segera setelah Anda tiba di rumah.