Sukses

Nelayan Ini Tangkap Ikan Lele Raksasa Berwarna Kuning, Diduga Kelainan Genetik

Seorang nelayan di Belanda dibuat tercengang setelah memancing ikan lele luar biasa berwarna kuning cerah.

Liputan6.com, Jakarta - Seorang nelayan di Belanda dibuat tercengang setelah memancing ikan lele luar biasa berwarna kuning cerah. Dilansir Daily Star, awalnya pemancing profesional Martin Glatz sedang memancing ketika dia menangkap ikan lele wels yang tak biasa.

Lele Wels berasal dari danau dan sungai di seluruh Eropa, dan dapat tumbuh hingga 2,7 meter jika mereka hidup untuk menjadi dewasa. Tapi contoh ikan yang luar biasa ini mungkin memiliki kelainan genetik langka yang dikenal sebagai leucism, yang mengubah kulit menjadi kuning cerah seperti pisang.

"Aku belum pernah melihat ikan lele seperti itu sebelumnya, aku masih kewalahan karenanya,” kata Glatz.

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Alami Kondisi Langka

Leucism adalah suatu kondisi yang menyebabkan hilangnya pigmen pada kulit dan rambut, dengan kondisi yang diamati pada burung, mamalia, dan reptil, sehingga menimbulkan warna yang mencolok termasuk penguin kuning dan orca putih.

Meskipun terlihat sangat mencolok bagi manusia, hewan dengan leucism sering kali hidup dalam kerugian karena pigmen cerah mereka dapat membuat mereka lebih mudah dikenali, sehingga lebih sulit untuk menghindari pemangsa.

3 dari 3 halaman

Dapat Tumbuh hingga 136kg

Martin, yang sedang memancing bersama saudara kembarnya Oliver, berhasil berfoto dengan lele yang mengesankan itu sebelum melepaskannya kembali ke danau.

Glatz mengatakan dia sekarang berharap makhluk itu akan tumbuh "bahkan lebih besar", karena meskipun ukurannya sudah mengesankan, ia masih memiliki banyak potensi untuk tumbuh.

Lele Wels adalah salah satu ikan air tawar terbesar di dunia, dengan hanya sturgeon beluga. Spesimen lele terberat ini dapat mencapai 136 kg.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.