Sukses

6 Alasan Makin Banyak Orang Jepang yang Memilih Melajang

Makin banyak orang Jepang yang memilih tetap melajang. Berikut beberapa alasannya

Liputan6.com, Jakarta Melajang adalah sebuah pilihan hidup. Ada yang memilih untuk tetap melajang karena alasan tertentu, ada pula yang tetap berusaha mencari pasangan meski tengah melajang.

Meskipun tetap melajang belum tentu merupakan topik yang tabu di sebagian besar dunia, bagi kebanyakan orang Jepang, itu merupakan suatu topik yang lebih sering dihindari. Namun, jumlah orang yang tetap melajang di Jepang meningkat setiap tahun, dan mereka merasa bahwa hidup sendiri membawa lebih banyak manfaat.

Berikut ini beberapa alasan mengapa makin banyak warga Jepang yang memilih untuk melajang seperti dihimpun dari Brightside.me.

1. Wanita Jepang ingin diri mereka sendiri

Wanita di Jepang lebih memilih untuk tetap melajang karena mereka ingin mengetahui bagaimana mereka dapat hidup sendiri dan menemukan kekuatan mereka. Sampai beberapa waktu yang lalu, mereka yang tetap melajang dipaksa untuk menderita penghinaan dari komunitas mereka, tetapi dengan berkembangnya zaman, stigma demikian semakin memudar.

 

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 6 halaman

2. Kehidupan pernikahan sepertinya menjadi beban bagi wanita Jepang

Saat ini, semakin banyak wanita yang memiliki pekerjaan di Jepang. Bahkan jika ini tampak hebat, norma budaya mereka tidak pada jalurnya. Istri masih harus memikul tanggung jawab pengasuhan anak dan pekerjaan rumah tangga, dan mereka diharapkan membantu kerabat yang sudah lanjut usia sendiri. Karena standar ganda ini, wanita sama sekali tidak ingin menikah dan ingin tetap fokus pada kebebasan dan pekerjaan mereka.

 

3 dari 6 halaman

3. Wanita Jepang ingin fokus pada karir mereka

Meskipun 70% hingga 75% wanita berusia 25 hingga 60 tahun ke atas memiliki pekerjaan, karier mereka terhenti karena pekerjaan rumah tangga dan perawatan anak. Itu sebabnya, bagi wanita di Jepang, menikah berarti mendapatkan lebih banyak tanggung jawab di rumah yang harus mereka lakukan sendiri.

Karena ini, mereka akan memiliki lebih sedikit waktu untuk melakukan apa yang mereka sukai, termasuk mengejar karier mereka. Itu hanya alasan lain mengapa mereka memilih untuk fokus pada karir mereka dan tetap melajang.

 

4 dari 6 halaman

4. Mereka memiliki kerabat yang lebih tua untuk diurus

Menurut pria Jepang, pengaturan hidup dan pekerjaan mereka tidak benar-benar menginspirasi mereka untuk menikah dan berkeluarga. Hal ini membuat banyak pria memutuskan untuk tetap melajang. Menurut norma sosial, laki-laki adalah orang yang harus mengurus istri dan keluarga secara finansial, dan banyak dari mereka merasa tidak bisa melakukannya.

 

5 dari 6 halaman

5. Pria di Jepang ingin menghabiskan uang hanya untuk diri mereka sendiri

Salah satu alasan mengapa pria di Jepang lebih memilih untuk tetap melajang adalah karena tidak ingin membagi uang mereka dengan orang lain. Mereka ingin membelanjakannya untuk diri mereka sendiri, memiliki kebebasan untuk menggunakan uang mereka, tanpa batasan apa pun.

 

6 dari 6 halaman

6. Kota-kota di Jepang membuat kehidupan orang yang lajang tampak lebih mudah

Orang Jepang kurang tertarik untuk menjalin hubungan dan lebih menyukai kebebasan pribadi, terutama karena kota memberi mereka kehidupan lajang yang sangat mudah. Bahkan ada restoran yang menyajikan solo diner dan hotel kapsul yang didesain untuk pria yang bepergian sendiri.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.