Sukses

Kenali Sejak Awal, 4 Hal yang Perlu Dihindari Saat Memulai Hubungan Baru

Liputan6.com, Jakarta - Hubungan asmara yang baru dimulai memang selalu menyenangkan, menarik dan penuh gairah. Di awal hubungan, Anda hanya fokus bersenang-senang dan mencoba mengenal mereka lebih baik tanpa menganalisis perilaku satu sama lain.

Namun, terlepas dari antusiasme Anda dengan pasangan baru, sangat penting untuk memperhatikan apa yang terjadi selama fase penjajakan, karena itu bisa membangun fondasi yang baik untuk hubungan jangka panjang.

Nah, berikut beberapa kesalahan dalam hubungan asmara yang mesti Anda waspadai agar hubungan bisa langgeng. Penasaran apa saja kesalahan-kesalahan itu? Berikut ulasannya seperti melansir dari Bright Side, Sabtu (26/10/2021).  

 

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

2 dari 5 halaman

1. Mengungkit pengalaman masa lalu

Beberapa hal di masa lalu, termasuk soal mantan tentu lebih baik ditinggalkan. Membandingkan pasangan baru Anda dengan mantan dan kebiasaan lama Anda sendiri yang terkait dengan hubungan Anda sebelumnya, sebaiknya tidak perlu diungkit kembali. 

Menyebut mantan terlalu sering bisa sangat mengganggu pasangan Anda. Jika Anda terus menerus menilai pasangan Anda terhadap orang-orang yang datang sebelumnya, itu bisa menjadi tanda bahwa Anda menciptakan standar yang sangat tinggi.

Hubungan masa lalu Anda memang penting karena membentuk pribadi Anda hari ini dan bisa membantu Anda memahami kualitas apa yang Anda hargai dari orang lain.

Namun, perlu diingat. Jangan pernah membicarakan mantan Anda sampai Anda merasa aman dalam hubungan Anda saat ini.

3 dari 5 halaman

2. Kurang komunikasi

Banyak individu percaya bahwa pasangan mereka benar-benar bisa membaca pikiran mereka. Sayangnya, itu tidak benar. Ini adalah salah satu kesalahan yang sering dilakukan orang dalam suatu hubungan. 

Mirip dengan menghindari konflik, kurangnya komunikasi bisa menyebabkan perasaan bingung dan salah paham. Dan setiap perasaan negatif yang belum terselesaikan akan berubah menjadi kebencian seiring waktu.

Awalnya memang sulit atau tidak nyaman untuk mengungkapkan keinginan dan keluhan Anda, tapi ini penting untuk Anda lakukan.

Untuk membuat hubungan bertahan lama, jujurlah dengan pasangan Anda tentang apa yang sedang Anda rasa dan cari. Namun, jangan lupa untuk mendengarkan sisi mereka juga, karena penting untuk menemukan kesimbangan antara berbicara dan mendengarkan.

4 dari 5 halaman

3. Pura-pura menjadi orang lain

Menyimpan rahasia dari orang yang Anda cintai dan berbohong kepada mereka sejak awal hanya bisa membagun kebohongan yang lebih besar.

Jika hubungan baru Anda didasarkan pada kebohongan, kemungkinan besar itu akan hancur karena koneksi Anda dibangun di atas kepalsuan.

Kunci hubungan yang sehat adalah kejujuran, rasa saling percaya, rasa hormat dan pengertian. Buka berarti Anda harus memberi tahu orang lain tentang setiap menit dalam hidup Anda, tapi Anda tidak boleh dengan sengaja menyembunyikan sesuatu yang penting dari mereka.

5 dari 5 halaman

4. Mengendalikan pasangan

Upaya untuk mengendalikan kehidupan pasangan Anda biasanya merupakan tanda bahwa Anda memiliki masalah kepercayaan yang serius. Ini termasuk bertindak cemburu, mencoba mengendalikan perilaku pasangan dan terus-menerus memeriksa apa yang mereka lakukan. 

Jika Anda ingin mengontrol atau mengomentari setiap gerakan yang dilakukan pasangan, pasangan Anda merasa bahwa Anda mencoba membatasi dunia pribadi mereka.