Sukses

Deretan Hal yang Perlu Dihindari Setelah Melakukan Vaksinasi Covid-19

Aktivitas yang perlu Anda hindari setelah vaksin covid-19

Liputan6.com, Jakarta- Pandemi Covid-19 telah memberikan banyak perubahan terhadap hidup kita selama dua tahun terakhir, mulai dari cara kita berinteraksi dengan orang lain, cara kita bekerja, bahkan cara kita berolahraga. Beruntung, hadirnya vaksin covid-19 telah membantu kita untuk memiliki imunitas tubuh yang lebih tinggi ketika terpapar virus tersebut. 

Vaksin covid-19 membantu meningkatkan imunitas tubuh namun tidak sepenuhnya kebal terhadap virus tersebut. Sejauh ini, belum ada vaksin yang memiliki tingkat efektivitas hingga 100 persen. Kemungkinan tertular covid-19 masih ada setelah melakukan vaksinasi namun gejala yang dirasakan akan lebih ringan.

Ketika vaksin covid-19 tersedia, para ahli menyarankan untuk tidak melakukan hal-hal tertentu setelah kita mendapatkan vaksinasi. Inilah hal-hal yang perlu Anda perhatikan sesudah melakukan vaksinasi covid-19 dilansir dari berbagai sumber.

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

Olahraga Berat Setelah 2-3 Hari Usai Vaksinasi

Olahraga yang teratur diikuti dengan nutrisi yang baik dan waktu tidur yang cukup sangat membantu dalam menjalani sistem imunitas tubuh Anda. Dilansir dari newswise, para ahli merekomendasikan Anda untuk mempertahankan rutinitas olahraga yang teratur sebelum dan sesudah menerima vaksin Covid-19. Namun perlu untuk diperhatikan, jika Anda tidak boleh melakukan olahraga terlalu keras dan menghabiskan seluruh tenaga Anda karena dapat melemahkan sistem kekebalan tubuh dan memiliki risiko yang tinggi untuk sakit. 

Oleh karena itu, lakukanlah olahraga yang ringan. Dilansir dari self.com, Anda dapat melakukan perenggangan ringan pada lengan untuk meminimalisir rasa sakit setelah vaksin. Olahraga ringan dapat membantu melancarkan aliran darah. Bagi Anda yang terbiasa melakukan olahraga berat, mungkin Anda tidak terbiasa tapi mulailah dengan aktivitas yang ringan dan perlahan kembali ke rutinitas normal Anda. 

3 dari 5 halaman

Jangan Membuat Tato

Melansir dari WCNC, tim medis mengatakan bila Anda membuat tato atau tindik setelah melakukan vaksinasi, kemungkinan kecil dapat memicu kekebalan tubuh. Disarankan Anda menunggu kurang lebih seminggu setelah vaksin untuk membuat tato.

4 dari 5 halaman

Jangan Dehidrasi

Minumlah air yang banyak usai vaksinasi. Tetap terhidrasi sangat penting sebelum dan sesudah Anda melakukan vaksinasi. Setelah Anda melakukan vaksin covid-19, kemungkinan efek samping yang Anda rasakan adalah nyeri otot, kelelahan, sakit kepala, dan demam. Ketika Anda cukup terhidrasi dengan baik, hal tersebut akan mencegah Anda dari rasa sakit serta membantu tubuh Anda melawan efek samping yang Anda rasakan.

5 dari 5 halaman

Hindari Alkohol dan Merokok

Meskipun tidak ada penelitian yang meneliti efek alkohol dan rokok setelah vaksinasi, Anda dianjurkan untuk menghindari konsumsi alkohol atau merokok. Dilansir dari unicef.org, hal tersebut dapat memperburuk efek samping vaksin. Selain itu alkohol juga dapat mempengaruhi sistem imunitas tubuh Anda serta efektivitas vaksin covid-19 menjadi tidak maksimal. 

Mengonsumsi alkohol dan merokok dapat membuat imunitas tubuh melemah. Ketika Anda ingin merokok atau mengonsumsi alkohol, tunggu sekitar satu hingga dua minggu setelah vaksinasi. Berikan waktu bagi tubuh Anda untuk membiarkan vaksin bekerja.

 

Penulis:

Stephanie

Universitas Multimedia Nusantara

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.