Sukses

Hilang, Kucing Ini Berhasil Pulang Setelah Menempuh Jarak 1,609 Km

Jarak yang ditempuh Howie itu setara dengan perjalanan darat dari Jakarta ke Bali.

Liputan6.com, Jakarta Pernah nggak sih kamu kehilangan kucing kesayangan, namun akhirnya berhasil kembali setelah hitungan hari? Ya, dalam beberapa kasus, ada kucing yang berhasil pulang setelah hilang dari rumahnya. 

Kali ini, cerita kucing hilang terjadi oleh keluarga Hicks. Mereka kehilangan kucing persia kesayangannya bernama Howie. 

Berdasarkan cerita yang dikutip laman Animal-intuition, kisah Howie yang hilang bermula dari keluarga Nicks yang akan melakukan perjalanan ke luar negeri pada 1977. 

Khawatir Howie ditinggal sendirian, akhirnya mereka memutuskan untuk menitipkan kucing kesayangan di rumah sang nenek di Gold Coast of Queensland yang jaraknya sekitar 1000 mil atau sekitar 1,609 km dari Adelaide. Jarak itu setara dengan perjalanan darat dari Jakarta ke Bali. 

Sebulan kemudian, keluarga Hicks kembali ke Queensland, Australia untuk menjemput Howie. Namun mereka kaget bahwa kucing kesayangannya hilang dan tak kembali. 

Setelah satu bulan mencari, Howie tak juga ditemukan. Saat itu keluarga Hicks hanya berpikir bagaimana Howie dapat bertahan di luar. Itu karena selama dirawat, kucing berusia tiga tahun itu hanya di rumah saja, tak pernah keluar rumah.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Howie Berhasil Pulang

Setelah setahun kemudian, muncul seekor kucing di depan kediaman mereka. Kucing itu berbulu panjang, kurus, terlihat kelaparan, dan tubuhnya penuh luka.

Tak tega melihat kucing itu, nyonya Hicks pun memberi makanan tuna dan dia menyantapnya dengan lahap. Tak lama kemudian, putrinya, Kirsten pulang dan langsung berteriak, Howie! Ya, Kirsten langsung mengenalinya. 

"Kakinya sakit dan berdarah. Tapi Howie bisa tidur nyenyak bahkan mendengkur," kata Kirsten yang yakin bahwa kucing malang itu adalah Howie. 

Mereka pun terheran-heran dan tak habis pikir, bagaimana cara Howie bisa bertahan di luar dan akhirnya pulang ke rumahnya di Adelaide. Bayangkan, selama 12 bulan, Howie menempuh perjalanan panjang dan akhirnya bisa kembali berkumpul bersama keluarganya. 

Diketahui dalam sebuah penelitian Matthijs van der Meer dari University of Waterloo, ada beberapa kemampuan spesial kucing yang membuat mereka ingat jalan pulang meski jaraknya sangat jauh. Kemampuan itu adalah memory, landmark, navigasi takson, dan mental map.

Matthijs menyebut bahwa kucing memiliki ingatan (memory) yang kuat terkait hal-hal di sekitar mereka. Saat dibawa kemana-mana, mereka bisa mengingat jalan hingga posisi tempat-tempat yang mereka lalui.

3 dari 3 halaman

Menjaga Kesehatan Kucing

Ya, Howie yang hilang memang membuat khawatir keluarga Hicks. Itu karena Howie dirawat dengan penuh kasih sayang. Setiap makanan yang dikonsumsi Howie pun sangat diperhatikan. Kamu yang memelihara kucing, juga wajib melakukan hal yang sama ya seperti keluarga Hicks. 

Berikanlah asupan makanan dengan nutrisi seimbang seperti Muezza. Ya, Muezza adalah salah satu makanan kucing kering (dry food) untuk kucing dewasa yang mengandung nutrisi seimbang dan tersertifikasi halal dari The Central Islamic Committee Of Thailand.

Muezza juga mengandung ekstrak Yucca Schidigera yang sangat berkhasiat untuk menghambat penyerapan bakteri berbahaya di saluran pencernaan, mengurangi bau dan membantu kotoran kucing terbentuk menjadi gumpalan. Selain itu, ada tiga manfaat lainnya ketika kucingmu mengonsumsi Muezza, yaitu:

  1. Mencegah kegemukan, menurunkan kadar gula darah, mencegah kekelahan otot, dan kebutaan karena Muezza mengandung taurin
  2. Bermanfaat untuk perkembangan otak, kesehatan kulit dan bulu, kesehatan mata dan jantung, serta menjaga kekebalan tubuh kucing karena Muezza mengandung Omega3 dan Omega6
  3. Kandungan asam lemak esensial bermanfaat untuk menjaga kesehatan kulit, bulu, sistem reproduksi, dan metabolisme kucing

Nah ada empat pilihan varian rasa Muezza, seperti Mackerel Flavor, Ocean Fish Flavor, Tuna Flavor, dan Salmon Flavor. Dari empat varian itu, kamu bisa memilih rasa yang paling disukai oleh si kucing kesayangan.

Jangan ditunda, tentukan pilihan variannya sekarang karena Muezza lagi ada promo bundling yang dijamin bikin hemat kantong. Yuk segera beli varian rasa terfavoritnya di Shopee dan Tokopedia.

Beli Muezza di ShopeeBeli Muezza di Tokopedia

(*)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini