Sukses

Lakukan 7 Hal Ini Agar Penyesalan Berlebihan Tak Menghantui Hidup Anda

Liputan6.com, Jakarta - Hidup akan selalu meninggalkan kenangan, bekas dari peristiwa-peristiwa masa lalu. Seperti sejarah yang akan terus terulang dan mempengaruhi kehidupan mendatang.

Namun, tak lepas dari kenangan itu, datang beberapa penyesalan yang membuat hidup penuh dengan rasa bersalah dan kurang kebahagiaan. Kira-kira pernahkah Anda dibayang-bayangi rasa penyesalan itu?

Hampir semua individu pasti pernah merasakan penyesalan dalam berbagai level. Terutama saat mengambil keputusan-keputusan yang dinilai sulit, entah itu tentang pekerjaan yang seharusnya diambil dari awal, pertimbangan dalam melakukan lamaran sebelum menikah, dan hal-hal yang memerlukan pertimbangan lainnya.

Jangan biarkan penyesalan itu menggerogoti kesehatan fisik, psikis maupun emosional Anda, karena dengan adanya penyesalan sudah pasti datang pembelajaran baru yang dapat membuat kehidupan Anda lebih bermakna. Namun, hal itu tidak akan terjadi kalau Anda terus-menerus memilih untuk terpuruk dan pasrah dengan keadaan, hidup itu akan terasa lebih buruk dari yang telah dibayangkan.

Melansir dari berbagai sumber, berikut tips agar Anda terhindar dari bayang-bayang penyesalan dan membuat hidup lebih bahagia.

2 dari 9 halaman

1. Berdoa

Jika Anda seringkali merasa sedih dan tidak bahagia, lakukanlah hal-hal yang sudah sepatutnya Anda lakukan setiap harinya, apalagi kalau bukan memanjatkan doa.

Memintalah kepada Sang Pencipta karena Ialah sebaik-baiknya penolong. Tidak ada yang tidak mungkin jika ada keinginan untuk berdoa dan mengharapkan petunjuk yang lapang.

3 dari 9 halaman

2. Bersabar

Bersabar adalah tentang kontrol diri. Ketika ada suatu hal yang membuat Anda tidak berkenan, maka di situlah Anda diuji. Lapangkan dada dan senantiasa ingat kembali untuk bersabar.

Selain sikap untuk mengontrol diri, bersabar akan lebih membuat Anda dihargai banyak orang. Karena dengan bersabar, tidak hanya kebahagiaan yang akan didapat, melainkan kesempurnaan diri dari penilaian orang lain terhadap diri Anda sendiri.

4 dari 9 halaman

3. Tetaplah Menjadi Pribadi yang Berpikir Positif

Dengan mencoba berpikir positif, hal-hal positif lainnya akan mengikuti. Karena setiap kesulitan akan datang kemudahan. Dengan berpikir positif, akan cepat datang kemudahan bagi Anda yang percaya akan hal tersebut.

Terlebih ketika penyesalan datang, dengan berpikir positif Anda akan selalu bersyukur dengan apa yang telah didapatkan.

5 dari 9 halaman

4. Apresiasi dan Terima Orang-orang di Sekeliling Anda

Hal ini akan membuatmu seringkali bersyukur mengenai apa yang telah didapatkan di dalam hidup, seorang teman untuk bercerita karena semua orang senantiasa diciptakan berpasang-pasangan dan membutuhkan bantuan orang lain.

Jika dirasa kehadiran diri kurang dihormati, koreksi diri sendiri apakah selama ini sudah cukup mengapresiasi kehadiran orang-orang di sekeliling Anda?

Kelak ketika merasa susah, galau dan menyesal, orang-orang tersebut yang akan membantu Anda untuk bangkit.

Di dunia ini tidak ada yang sempurna. jika Anda melihat hanya kesempurnaan, maka hidup tidak akan pernah mudah.

6 dari 9 halaman

5. Kuatkan Diri

Percaya dengan kelebihan diri sendiri, koreksi jika diri merasa salah, dan menerima masukan dengan lapang dada ketika diri merasa tidak ada yang dapat dirubah menjadi lebih baik lagi.

Kembangkan kepercayaan diri Anda dari pengalaman-pengalaman baik atau buruk yang telah Anda rasakan.

7 dari 9 halaman

6. Hadapi Segala Masalah dengan Ketenangan

Berbicaralah kepada diri sendiri dan renungkan bahwa untuk melatih ketenangan pada diri bukanlah hal yang mudah.

Tulislah apa yang Anda gemari untuk dilakukan sehari-hari. Hadapi masalah dengan berbuat hal-hal yang lebih produktif sehingga ketenangan akan mengikuti.

8 dari 9 halaman

7. Olahraga

Selain melatih dari segi emosional dan spiritual diri, fisik juga membutuhkan latihan agar tips-tips di atas dapat teratasi dengan baik. Karena di dalam tubuh yang sehat terdapat jiwa yang kuat. 

Lakukan olahraga ringan bersama teman terdekat agar Anda saling menyemangati untuk bangkit dari keterpurukan diri.

Semoga bahagia selalu, ya!

Penulis:

Cindy Aulia SilniKaffah

Universitas Esa Unggul

9 dari 9 halaman

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini: