Sukses

6 Cara Membuat Kehidupan Kucing Tua Merasa Lebih baik

Liputan6.com, Jakarta Bagian terbaik dari memelihara kucing adalah dapat hidup lama bersama mereka selama bertahun-tahun. Rasanya bahagia bisa melihat si hewan berbulu tumbuh dari anak kucing yang lucu menjadi kucing dewasa yang mandiri dan penuh kasih. Sampai kemudian menjadi hewan senior yang berharga.

Rata-rata kucing dalam ruangan hidup sekitar 10-15 tahun dan mereka memiliki siklus hidup yang berbeda seiring bertambahnya usia. Menjadi lebih lambat dan tidak aktif adalah sesuatu yang melekat pada kucing tua. Sebagai pemilik dan pecinta kucing, kamu dapat membantu mereka untuk merasakan hidup yang lebih di usia-usia tuanya. Dikutip dari pawp.com, berikut ini langkah-langkah membantu kucing tua hidup lebih baik;

1. Pergi Ke Dokter Hewan Lebih Sering

Memastikan kucing memiliki jadwal pemeriksaan rutin ke dokter hewan. Bila ada masalah kesehatan pada kucing, bisa segera ditangani. Dokter hewan dapat memberikan perawatan dan pencegahan terhadap masalah kesehatan yang kerap kali muncul seiring bertambahnya usia. Lebih dari itu, ada vaksinasi yang harus diterima kucing secara berkala.

2. Beri Tempat Yang Nyaman untuk Tidur

Seekor kucing senior membutuhkan banyak istirahat. Mereka membutuhkan ruangan yang hangat dan nyaman. Cobalah untuk menjauhkannya dari pintu, jendela, lorong, dan tempat berangin lainnya yang lebih dingin daripada bagian rumah lainnya.

 

Beli Muezza di Shopee

Beli Muezza di Tokopedia

2 dari 4 halaman

3. Dekatkan Mainan Mereka

Kucing tua tidak dapat melompat dan bermain seperti kucing yang lebih muda. Jadi pastikan kamu menyimpan atau meletakkan mainan kucing di tempat yang mudah dijangkau. 

4. Jadikan Kotak Pasir Lebih Mudah Diakses

Pindahkan kotak pasir ke tempat yang mudah dijangkau untuk meningkatkan kemungkinan kucing tua akan menggunakan kotak pasir daripada tempat lain di sekitar rumah kamu. Jika kucing mulai buang air di tempat lain selain kotak pasir, ada kemungkinan besar mereka mengalami masalah kesehatan yang serius. Konsultasikan ke dokter hewan.

 

3 dari 4 halaman

5. Bantu Mereka Merawat diri

Kucing menggunakan sebagian besar waktunya untuk merawat diri. Namun, seiring bertambahnya usia, perawatan bisa menjadi lebih sulit dan kamu harus mulai membantunya. Sikat bulunya secara lembut untuk menghilangkan bulu-bulu rontok dan merangsang sirkulasi ke kulitnya.

6. Beralih ke Makanan Kucing Khusus

Seiring bertambahnya usia kucing, kebutuhan nutrisinya berubah. Oleh karena itu, akan sangat membantu untuk memberikan kucing makanan khusus. Mintalah rekomendasi dokter hewan berdasarkan kondisi kesehatan kucing kamu. Hidup kucing umumnya akan dapat lebih panjang dengan memberikan makanan yang ramah terhadap ginjalnya, ditambah dengan minum air yang cukup. 

Membantu kucing tua tetap hidup sehat tidaklah menjadi tugas yang sulit. Dengan perawatan yang tepat dan mencurahkan kasih sayang akan membantu memperpanjang hidup teman berbulu kamu.

 

4 dari 4 halaman

Makanan Kucing Dewasa

Kucing memang kurang menyukai perubahan, termasuk soal makanannya. Namun, menawarkan rasa yang berbeda pada kucing dewasa bisa mencegahnya menjadi rewel atau bosan. Rotasikan makanannya setiap beberapa minggu dan pilih dari brand yang sama tapi dengan rasa yang berbeda, agar lebih aman dari gangguan pencernaan.

Kamu bisa coba Muezza yang memiliki 4 varian rasa sama lezat seperti Salmon Flavor, Tuna Flavor, Mackerel Flavor, dan Ocean Fish Flavor. Selain punya aroma dan citarasa yang cocok di lidah kucing, kandungan nutrisi di dalamnya lengkap dan kadarnya seimbang untuk memenuhi kebutuhan hariannya. Dibuat dari bahan alami dan bebas dari bahan tambahan sintetik, brand makanan kucing kering ini juga sudah tersertifikasi halal dari dari The Central Islamic Committee of Thailand.

Tak perlu ragu lagi memegang dan memberikan cat food, juga lebih leluasa mencuci mangkuk makan dan menyimpan dry food di dalam rumah. Tunggu apalagi, berikan makanan kesukaan kucing kesayanganmu dengan memesan Muezza di Shopee dan Tokopedia.

 

(*)