Sukses

Wajib Coba, 6 Tips Mudah Agar Anda Bisa Tidur Nyenyak Tiap Malam

Berikut ini beberapa tips yang bisa Anda coba agar tidur nyenyak tiap malam

Liputan6.com, Jakarta Siapapun butuh istirahat cukup. Bahkan, beberapa penelitian membuktikan kurang tidur dapat memberikan dampak negatif pada tubuh Anda.

Sayangnya, meski setiap orang tahu bahwa istirahat adalah sesuatu yang penting, tidaklah mudah untuk mendapatkannya. Ada kalanya Anda telah berbaring di ranjang lebih awal namun mata tak kunjung terpejam.

Berikut ini beberapa tips yang dapat Anda coba agar bisa tidur nyenyak tiap malam. Melansir dari Yourtango, ini dia.

 

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 7 halaman

1. Terkena sinar matahari langsung setidaknya dua puluh menit setiap hari

Paparan cahaya di siang hari membantu tubuh Anda mengikuti siklus tidur dan bangun yang normal. Sinar matahari alami mengatur produksi dan pelepasan melatonin, hormon yang dikeluarkan di malam hari untuk memicu siklus tidur alami.

 

3 dari 7 halaman

2. Kurangi minum di malam hari

Minum air sepanjang hari penting untuk kesehatan tubuh Anda, namun mengonsumsi cairan terlalu banyak di malam hari dapat mengganggu tidur Anda. Anda akan merasa lebih segar di pagi hari jika tidak harus bangun di malam hari untuk buang air kecil.

 

4 dari 7 halaman

3. Kurangi paparan cahaya apa pun dengan warna putih atau biru setidaknya dua jam sebelum tidur

Artinya, untuk mendapatkan tidur malam terbaik, saat mendekati waktu tidur, Anda perlu menukar waktu yang Anda habiskan di depan layar gawai atau televisi dengan sesuatu seperti membaca buku.

Layar di TV, laptop, dan ponsel memancarkan jenis cahaya yang akan membuat Anda tetap terjaga. Alih-alih menatap layar, cobalah bersantai dengan relaksasi atau latihan pernapasan, musik lembut dan santai, atau hanya dengan menghabiskan waktu bersama orang yang Anda cintai.

 

5 dari 7 halaman

4. Mengonsumsi magnesium

Magnesium dapat membantu Anda tidur dengan berbagai cara. Ini membantu mengendurkan otot dan otak Anda. Menambahkan suplemen magnesium ke dalam rutinitas Anda bisa sangat membantu, jadi tambahkan saja beberapa makanan kaya magnesium ke dalam diet Anda.

Almond, kacang mete, biji labu, sayuran berdaun hijau, alpukat, dan pisang semuanya mengandung mineral penting ini dalam kadar tinggi. Cara hebat lainnya untuk mengekspos tubuh Anda ke magnesium di sore hari dan bersiap untuk istirahat adalah dengan menambahkan garam Epsom ke bak mandi Anda.

 

6 dari 7 halaman

5. Jaga agar kadar kortisol tetap rendah

Tubuh Anda membuat hormon stres yang disebut kortisol. Tingkat stres yang tinggi meningkatkan kadar kortisol kita. Kadar kortisol yang tinggi dalam tubuh kita membuat kita tetap terjaga karena pelepasan kortisol adalah cara tubuh kita mengaktifkan kewaspadaan.

Saat malam menjelang, kelola tingkat kortisol Anda dengan mengurangi tingkat stres Anda secara keseluruhan. Mungkin itu berarti tidak mendengarkan berita, menonton sesuatu yang menyeramkan, atau bertengkar di malam hari. Anda tidak dapat tidur nyenyak jika tubuh Anda penuh dengan kortisol.

 

7 dari 7 halaman

6. Tidur siang

Kelelahan akan membuat Anda tidak bisa tidur nyenyak di malam hari. Istirahat singkat atau tidur siang akan menyegarkan Anda dan memberi Anda energi yang cukup untuk menyelesaikan hari Anda.

Para peneliti dan pecinta tidur siang merekomendasikan tidur siang tidak lebih dari dua puluh menit; jika tidak, Anda mungkin merasa pusing sesudahnya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.